Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Menjadi Lebih Baik

Pernahkah anda merasa tidak berguna? Kecewa, atau yang lainnya?…. So, apa yang kamu lakukan pada saat itu? Menangis? Menjerit, makan banyak atau lari dari kenyataan?

Setiap orang pasti memiliki batas titik jenuh masing-masing, bahkan terkadang banyak orang yang merasa sangat putus asa dengan pencapaian mereka. Kita adalah salah satu orang yang hidup dalam era perkembangan. Memasuki era kemajuan teknologi, pendidikan , dan ekonomi,. Kita dituntut untuk dapat bekerja dan berusaha secara maksimal. Namun apabila kita tidak memilik cukup motivasi, apa yang akan kita lakukan?

Motivasi sangatlah penting dalam hidup kita. Motivasi berperan dalam rangka mendukung tercapainya apa yang telah kita rencanakan, dan apa yang ingin kita capai. Maka sangatlah tidak mudah bagi seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam struktur hidupnya. Lalu apakah devinisi dari motivasi itu sendiri?

Advertisement

Motivasi menurut Robbins and Judge ialah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu agar dapat mencapai tujuannya.

Sedangkan menurut Barton dan MartinDalam Marwansyah Dan Mukaram, 2000:151”, motivasi merupakan  kekuatan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan tindakan atau perilaku yang memberi arah pada perilaku mendasari kecenderungan untuk tetap menunjukkan perilaku tersebut.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa motivasi sama dengan keinginan yang kuat atau dorongan dalam diri sendiri untuk dapat mencapai tujuan tertentu melalui perilaku atau usaha yang berkelanjutan.

Untuk menjadi orang yang teratur dan sukses , kita harus dapat memotivasi diri kita di masa-masa tersulit dalam hidup kita. Hal itu adalah alasan mengapa motivasi sangatlah penting dan harus kita ketahui bagaimana cara memunculkannya.

Lalu, bagaimanakah cara untuk dapat memotivasi diri kita sendiri?

Berikut adalah tips bagaimana cara memotivasi diri sendiri :

Miliki alasan

Motivasi adalah alasan terbesar anda untuk mencapai tujuan. Mengapa demikian? Karena motivasi memberikan drongan yang lebih terhadap action seseorang. Motivasi merupakan hal yang sangat penting bagi anda, sesuatu yang dapat menginspirasi tanpa batas, berbeda dengan alasan lain yang hanya memotivasi untuk sementara.

“It’s a spring of motifation that will never dry”

Ketika anda lelah bekerja atau lelah mengerjakan tugas kuliah anda, dan merasa bahwa anda tidak memiliki motivasi, maka anda dapat memikirkan “ apa alasan anda melakukan semua itu ? dan untuk apa anda ada dilevel itu?”. Alasan dapatmemberikan suatu kepastian dalam setiap pilihan yang anda buat, dengan alasan kita akan tau tujuan spesifik mengapa kita melakukan suatu tindakan dan mengambi keputusan. Maka alasan disini sama dengan suatu pandangan tentang masa depan yang ingin anda capai, misalnya ada sebab ada akibat. Nah mengapa akibat(tujuan) itu terjadi atau terlaksana? Yaitu karena ada sebab , lalu apa sebabnya? Sebabnya yaitu reason itu sendiri. Dengan selalu berfikir kritis tentang apa sebab dan akibat pada setiap keadaan dan tindakan, anda akan sangat membantu memilih alasan yang tepat dalam pencapaian suatu tujuan. Hal ini akan sangat berguna untuk mendapatkan motivasi anda kembali.

Memiliki mimpi yang besar.

Alasan anda adalah motivasi anda. Tapi anda perlu action untuk membuat mimpi anda menjadi kenyataan. Bayangkan bagaimana dunia anda dimasa depan. Bayangkan orang akan hidup dan bekerja. Memiliki mimpi merupakan suatu hal yang sangat penting, karena and akan sulit termotivasi jika anda tidak memiliki apapun.

Only as high as I reach Can I grow, as far as I seek can I go.

Only as deep as I look can I see, as much as I dream can I be.

(Karen Ravn)

Mari kita ambil sebuah contoh dari orang yang bermain sepak bola. Apakah mereka akan bermain apabila tidak ada gawang? Saya rasa tidak. Mereka membutuhkansebuah goal, begitupun anda. Anda perlu memiliki tujuan. Dan itulah mimoi yang harus anda wujudkan.

Namun, memiliki mimpi saja tidaklah cukup. Anda harus memiliki mimpi yang besar agar mampu memotivasi diri anda. Mimpi anda harus realistis dan menantang. Sehingga, anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk keluar dari zona nyaman anda sekarang. Mimpi yang besar akan membawa anda pada hal-hal yang besar pula, karena anda telah berani mengambil suatu resiko yang mungkin orang lain tidak berani melakukan apa yang telah anda rencanakan atau mimpikan.

Keinginan yang kuat.

Keinginan merupakan tonggak utama tercapainya suatu tujuan. Karena tanpa keinginan yang kuat seseorang tidak akan melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh. Dan apabila seseorang teah memiliki keinginan yang kuat dalam dirinya untuk melakukan sesuatu, maka seseorang tersebut tidak akan mudah menyerah dan lupa dengan tujuan awalnya. Keinginan yang kuat bisa kita sebut juga niat, karena keinginan yang kuat dapat mendorong seseorang mencapai sesuatu sesulit apapun rintangannya. Maka, hal ini  sangat penting untuk memotivasi diri dalam mencapai tujuan tertentu

Bertarung dengan diri sendiri.

“Sehebat-hebatnya orang adalah yang dapat mengalahkan diri sendiri”. Mengapa demikian? Karena setiap kemalasan dan penundaan datangnya dari diri sendiri. Keputusan dan keputus asaan adalah buatan diri, jadi sebisa mungkin anda harus berusaha untuk bertarung dan melawan diri anda dari hal-hal yang demikian. Bertarung dalam diri sendiri disini adalah cara untuk menguatkan diri dari pengaruh-pengaruh negative, sehingga motivasi yang ada dalam diri anda dapat muncul kembali.

Melupakan masa lalu

Jika anda orang yang mudah terbawa perasaan, anda harus berusaha untuk lekas move on, atau mulai mencoba melupakan dan meninggalkan masalalu-masalalu yang kelam dan dapat membawa diri anda kepada lubang/ kesalahan yang sama dimasalalu, berhenti merenungkan kegagalan-kegagalan dimasalalu dan mulailah bangkit untuk dapat menggapai mimpi-mimpi anda. Dengan melupakan masalalu, anda akan menatap masadepan yang lebih cerah dan memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalani hari-hari anda yang lebih baik lagi.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran.

“Kegagalan adalah kunci dari suatu keberhasilan”. Pepatah tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lalu mengapa kita masih khawatir dengan kegagalan-kegagalan yang kita alami. Apakah anda tahu bahwa dibalik setiap kegagalan terdapat hikmah dan pelajaran? Ya..! Tentu saja. Jika anda mengamati, setiap anda mengalami kegagalan, itu berarti Tuhan tau bahwa masih ada yang perlu anda perbaiki pada usaha yang anda lakukan. Dengan kegagalan, anda akan mengetahui apa saja kesalahan dan ketidaksempurnaan yang ada pada usaha anda dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Sehingga, nantinya anda dapat memperbaiki hal tersebut secara lebih sempurna, sesempurna yang anda bisa. Jika anda selalu mengnggap setiap usaha anda, kegagalan anda adalah pelajaran, maka hal ini akan menjadi motivasi yang sangat bermanfaat bagi anda, karena dengan mengalami kegagalan, anda akan mengetahui strategi yang mana yang perlu anda gunakan dalam pencapaian tujuan karena anda telah mengalami banyak strategi pencapaian dalam setiap usaha yang anda lakukan.

Jadi, itulah tadi serangkaian hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi didalam diri anda sekalian. Semoga ilmunya bermanfaat. Terimakasih… J

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.