Cara Meningkatkan Kemampuan Publik Speaking

Apakah anda menganggap bahwa public speaking itu tidak penting? Banyak orang yang sangat menginginkan untuk bisa berbicara didepan banyak orang. Namun, sebagian besar masalah yang harus mereka hadapi adalah gugup dan tidak percaya diri. Lalu bagaimana untuk mengantisipasi keadaan tersebut?

Tips Menghilangkan Gugup Saat Publik Speaking:

Berikut saya akan memaparkan 6 langkah untuk mengantisipasi gugup, ketika berbicara didepan publik;

Tarik nafas dalam-dalam

Hal ini terbukti cukup membantu dalam mengantisipasi rasa gugup saat berbicara. ketika gugup, biasanya jantung berdebar lebih cepat, dan menyebabkan kehilangan konsentrasi, maka apabila anda tidak melakukan apa- apa hal itu akan semakin tingkat konsentrasi menurun yang akan mengakibatkan kesalahn dalam berbicara dan kehilangan percaya diri. Dengan menarik nafas dalam-dalam secara perlahan ,akan membuat anda merasa jauh lebih tenang dan mengurangi tingkat kecepatan detak jantung anda, karena oksigen yang anda dapatkan lebih banyak saat anda mengatur nafas anda.

Latihan

Proses ini adalah penentu anda di stage. Karena latihan merupakan dasar yang harus dilakukan orang seorang speaker. Abila nda ingin berbicara dihadapan umum , maka latihan sangat perlu untuk dilakukan untuk dapat menguasai materi atau hal- hal yang ingin kita katakana. Semakin anda sering berlatih, maka semakin baik kualitas kemampuan anda dalam berbicara dihadapan umum.

Berkomunikasi dengan audience

Dengan berkomunikasi dengan audience, anda akan membuat suasana lebih hidup. Contohnya, libatkanlah audience dalam obrolan- obrolan humoris atau dalam bentuk Tanya jawab. Hal ini juga akan sangat membantu anda dalam berbicara didepan banyak orang, karena ketika anda berbicara kepada banyak orang dan mendapat respon positif, rasa gugup anda akan menghilang secara perlahan, karena anda akan lebih focus pada dialog yang anda lalukan dengan para audience. So, nikmatilah hari dimana anda menjadi guru bagi para audience.

Berfikir positif

Berfikir positif disetiap keadaan merupakan suatu hal yang sangat important. Hal ini sangat penting untuk mendorong dan mendukung speaking anda, karena dengan berfikir positive segala yang akan anda akan lakukan, akan sangat berarti dan penting. Cobalah untuk selalu berfikir positive karena hal tersebut akan membuat hal yang anda lakukan lebih baik, dan terstruktur.

Kuasai materi

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak, materi adalah factor utama yang akan menentukan baik tidaknya speech kita, maka dari itu jangan sampai anda tidak memahami materi yang akan anda sampaikan. Hal ini juga akan sangat mengurangi rasa gugup yang anda miliki, karena saat and memiliki  penguasaan materi yang bagus, maka anda akan cenderung lebih percaya dari.

Body language 

Dalam berbicara didepan umum sangat penting untuk mengontrol body language. Ini merupakan salah satu cara yang dapat mengantisipasi nerveos. Mengapa demikian? Karena ketika kita memiliki body language yang bagus kita akan merasa ebih percaya diri untuk berbicara dihadapan umum. Dan sebaliknya apabila kita menggunakan body language yang berlebihan, audience akan merasa tidak nyaman dengan hal itu, kemudian berhenti memperhatikan anda.

Public speaking juga dapat dikatakan sebagai tolak ukur seseorang dalam mengaplikasikan pengetahuannya. Dengan kata lain, meskipun seseorang yang memiliki ilmu yang sangat banyak, dan memiliki tingkat kepandaian yang tinggi, namun dia tidak dapat mengaplikasikan pengetahuannya kepada orang lain atau tidak bisa berbicara dihadapan banyak orang, maka hal itu akan sangat mengganggu atau sangat merugikan bagi dirinya.

Bagaimana tidak, seorang atasan dalam suatu perusahaan akan melihat tingkat kepahaman atau kualitas dari karyawannya melalui gaya bicara dan cara nya menyampaikan presentasi atau memasarkan produk dalam perusahaan mereka ke pihak luar. Apabila mereka memiliki tingkat komunikasi yang baik atau mampu menginfluence orang banyak, maka seseorang tersebut baru bisa dikatakan sebagai karyawan yang baik dan berdaya saing. Tidak hanya itu, saat ini juga, untuk mendapatkan beasiswa S2 keluar negeripun memerlukan keterampilan berbicara yang baik dan benar, serta dapat mnimal menyampaikan ide dan gagasannya didepan para dosen dan juga para penyeleksi. Mereka juga akan memperhatikan bagaimana kompetensi anda dalam mengeluarkan pendapat dan menyampaikan tujuan hidup dan masa depan selama kuliah , dan untuk apa anda mengikuti program beasiswa tersebut.

Manfaat Publik Speaking

Berikut adalah beberapa manfaat public speaking yang dapat kita rasakan.

Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan sering melakukan public speaking, hal itu secara langsung sangatlah bermanfaat dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anda. Mengapa? Karena setiap kali anda berbicara didepan umum, anda akan memacu adrenalin dan secara tidak langsung anda telah menantang diri anda untuk menghadapi orang-orang yang ada dihadapan anda. Hal ini apabila dilakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan anda dan hal ini akan semakin meningkatkan tingkat kepercayaan diri yang anda miliki.

Memperluas kesempatan

Mengapa memperluas kesempatan? Kesempatan disini adalah tidak hanya menyangkut masalah edukasi, tapi juga pekerjaan dan dilingungan masyarakat. Apabila kita mampu berbicara dihadapan umum, lapangan kerja yang dapat kita datangi semakin banyak misalnya, presenter, broadcaster, motivator, guru, dosen, businessman, dal lain-lain. Dan diperusahaan pun kita akan banyak dibutuhkan karena dengan kemampuan berbica yang baik, anda bis dipilih sebagai pemimpin, baik itu dibidang pemasaran, penjualan, dan lain- lain.

Meningkatkan profesionalisme dan citra diri

Mengingat bahwa public speaking sangatlah penting. Apabila anda adalah seorang karyawan. Kemampuan public speaking sudah seharusnya anda memiliki kemampuan tersebut. Karena anda akan dihadapkan dengan banyak meeting, presentasi dan berinteraksi dengan banyak realsi. Untuk itu, public speaking sangatlah penting untuk anda dalam proses menyumbangkan ide dan gagasan anda dalam kegiatan- kegiatan tersebut.

Meningkatkan kemampuan belajar

Dengan berlatih berbicara didepan umum anda akan cenderung mencari informasi lebih banyak, sebagai referensi untuk mencari materi yang anda akan sampaikan, apabila hal itu dilakukan secara terus menerus maka akan memperbanyak pengetahuan yang anda dapatkan. Public speaking juga berguna untuk mengasah otak anda apabila dilakukan secara terus menerus.

Memperbanyak relasi

Dengan berbicara dihadapan umum, wajah anda akan dikenal oleh banyak orang. Terlebih apabila apabila kualitas bicara anda sangat baik dan menginfluence banyak orang. Maka, orang lain akan semakin mengenal anda, dan anda pun dapat memperluas relasi dengan orang- orang tersebut, baik dari teman, rekan bisnis, rekan kerja, atau  lainnya.

Meningkatkan kemampuan mempengaruhi

Kemampuan mempengaruhi disini adalah kita akan mampu mengajak banyak orang untuk melakukan hal- hal yang baik sesuai dengan tujuan atau maksud dalam penyampaian tersebut, baik dalam seminar, pidato, dan bisnis. Sehingga audience tertarik untuk melakukan apa yang kitapaparka saat berbicara didepan audience. Misalnya saja, meningkatkan tingkat kesehatan keluarga, dan budaya sopan – santun, dan sebagainya.

Well, demikian 6 langkah mengatasi gugup dan keuntungan apabila anda dapat berbica didepan umum. So, tunggu apa lagi? Mulailah memberanikan diri anda untuk menjadi seorang pembicara.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.