Pentingnya Berfikir Kreatif

Berfikir kreatif merupakan suatu proses yang digunakan ketika seorang individu mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru. Ide baru tersebut merupakan gabungan ide-ide sebelumnya yang belum pernah diwujudkan ( Infinite Innovation Ltd, 2001). Pengertian ini lebih difokuskan pada proses individu untuk memunculkan ide baru yang merupakan gabungan ide-ide sebelumnya yang belum diwujudkan atau masih dalam pemikiran. Pengartian berfikir kreatif ini ditandai adanya ide baru yang dimunculkan sebagai hasil dari proses berfikir tersebut.

Nah, dari pengertian tersebut berfikir kreatif merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap idividu. Mengapa demikian? Karena dengan berfikir kreatif orang dapat mengembangkan skill dan pengetahuan untuk mengembangkan usahanya dan menemukan hal-hal dan inovasi baru dalam hidupnya.

Dalam dunia kerja, berfikir kreatif sangat diperlukan untuk memunculkan inovasi baru, dalam pengembangan kualitas dan kuantitas produk baru sehingga dapat menarik minat para konsumen. Sedangkan didunia pendidikkan, berfikir kreatif juga sangat penting dimiliki oleh setiap guru untuk membentuk cara-cara mengajar kreatif sehingga setiap materi yang disapaikan mudah untuk ditangkap oleh para siswa dan tentunya tidak membosankan dan tetap menyenangkan. Hal ini akan sangat membantu dalam membantu membentuk generasi yang berkualitas nantinya.

Manfaat Berfikir Kreatif

Lalu, selain itu apa sajakah manfaat dari berfikir kreatif itu sendri? Dan mengapa berfikir kreatif penting dimiliki oleh setiap individu?

Bisa Menghadle segala Situasi

Kita tidak pernah tau apa yang akan kita hadapi di kemudian hari, beberapa masalah tidak bisa dipecahkan dengan cara yang biasa saja. Untuk itu kreatifitas dibutuhkan guna menjawab tantangan tersebut.

Mendorong kesuksesan usaha

Orang yang selalu berfikir kreatif akan memiliki banyak ide untuk mengembangkan usahanya, mulai dari memunculkan inovasi baru, ide pengembangan usaha dan pemasaran dengan cara- cara kreatif. Orang yang selalu berfikir kreatif akan cenderung lebih mudah mencari solusi dala setiap permasalahan yang dihadapinya khususnya dalam usahanya karena dia memiliki banyak ide didalam fikirannya.

Pandai  menghargai orang lain.

Orang yang selalu berfikir kreatif akan sangat pandai menghargai orang lain, karena dia sudah seringkali menghadapi proses penerimaan masalah, dan mencoba mencari solusi dalam setiap permasalahannya, seperti mengeluarkan pendapat dan lain sebagainya. Maka dari itu, seseorang yang berfikir kreatif akan cenderug menghargai pendapat dan usaha yang dilakukan oleh orang lain.

Selalu Bahagia.

Orang yang selalu berfikir kreatif selalu mempunyai cara untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya, karena seseorang tersebut memiliki banyak sumber dan referensi dalam setiap masalah yang dihadapi. Seseorang  juga akan merasa terbiasa memecahkan masalah tersebut, sehingga tidak sulit baginya memecahkan masalah lain yang akan datang. Hal tersebut membuat seseorang tersebut menjadi terbiasa dan tidak stress. Maka, pembawaan wajah orang yang selalu berfikir kreatif akan selalu terlihat bahagia.

Menebar Semangat.

Orang yang berfikir kreatif tidak takut terhadap setiap ancaman yang datang, karena dia sudah terbiasa menghadapi banyak tantangan dalam hidupnya. Hal ini juga dikarenakan, seseorang yang selalu berfikir kreatif mempunyai banyak cara dan ide dalam setiap usaha dan perjalannya. Maka hal itu membuatnya merasa aman dan menebarkan semangat bagi orang lain yang ditemuinya.

Memiliki Pergaulan Yang Luas.

Berfikir kreatif membuat seseorang memahami pola pikir orang lain, sehingga mudah baginya untuk bergaul dengan orang baru dan menyesuaikan bagaimana dirinya harus bersikap. Pembawaan yang tenang dan mampu menjadi pendengar yang baik membuat si pemikikir kreatif menjadi seseorang yang disenangi oleh orang- orang disekelilingnya.

Alasan mengapa berfikir kreatif sangat penting

Berikut adalah alasan-alasan mengapa berfikir kreatif sangat penting bagi kehidupan setiap individu;

Banyak masalah yang dihadapi maka ciptakan solusi.

Dalam hidup, tidak ada sesuatu yang berjalan lurus-lurus saja. Melainkan akan banyak rintangan yang dihadapi, banyak masalah yang akan datang dan terkadang bertubi-tubi. Maka penting bagi setiap individu untuk mengantisipasi hal tersebut dengan cara berfikir kreatif, yaitu mencari solusi dan memunculkan ide-ide atau gagasan baru untuk memecahkan masalah tersebut.

Pembeda setiap individu adalah tingkat kekreatifannya.

Setiap individu akan dikenal dengan kemampuan dan tigkat kreativitasnya dalam setiap kesempatan yang dihadapinya. Namun perlu diketahui bahwa setiap individu memiliki tingkat kreatif dan kepandaian masing- masing, maka perlu bagi setiap individu untuk berusaha meningkatkan kemampuan dirinya agar tidak menjadi individu yang tertinggal dari yang lainnya.

Persaingan dalam dunia Kerja maupun lainnya semakin ketat.

Persaingan adalah hal yang wajar dalam hidup. Ada pepatah “ Yang kuat yang akan bertahan”. Dan pepatah tersebut sangatlah sesuai dengan apa yang tengah dirasakan dalam hal ini. Maka setiap individu dituntut agar mampu melawan dan menghadapi persaingan- persaingan yang berkembang dalam dunia kerja yang ada. Maka disini, diperlukan kreatifitas dalam brfikir dalam setiap individu, agar bisa membuat dirinya berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri agar setiap usahanya dapat berjalan lancer dan sukses.

Ada banyak hal yang benar- benar harus diperhatikan dalam berfikir kreatif. Dan berfikir kreatif sangatlah penting bagi setiap individu karena hal ini sangat berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan setiap usaha yang tengah dijalankannya. Lalu, Bagaimana cara melatih diri agar dapat selalu berfikir kreatif? Berikut adalah cara-cara yang dapat kita lakukan;

Optimis dalam bertindak

Untuk melatih kreativitas dalam berfikir, salah satu caranya yaitu dengan selalu optimis dalam brertindak. Mulailah berfikir optimis dan yakin bahwa suatu pekerjaan itu “bisa” dilakukan bukan “mungkin” dilakukan. Hal ini akan mendorong anda untuk berfikir kritis dan kreatif sekaligus melatih fikiran anda untuk berfikir keras dan membentuk rasa berani utuk menghadapi stiap tantangan- tantangan yang ada.

Jadilah pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik maksudnya dalah tahu dan paham apa informs yang diterimanya. Orang kaya akan cenderung lebih tenang dari orang yang serba kekurangan, namun terkadang membuat mereka menjadi tertutup. Sikap keterbukaan dalam menerima setiap informasi membuat seseorang mampu membawa dirinya menjadi seseorang yang lebih baik dimasa yang akan datang dan mampu merespon informasi yang dikehendai dunia luar sehingga memberikan kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Bertanya

Bertanya bukan berarti menjadikan diri kita bodoh. Justru, bertanya membuk peluang utuk mengetahui banyak hal. Jadikanlah pertanyaan-pertanyaan yang ada difikiran anda, menjadi pertanyaan yang pantas dipertanyakan dan mendapatkan jawaban yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Dan jadikan pertanyaan- pertanyaan yang ada dalam fikiran anda menjadi lading kreativitas untuk berfikir secara lebih terperinci  dalam mengolah setiap informasi yang anda dapatkan.

Tinggalkan cara berfikir konservatif.

Berpikir dengan kekhawatiran menerima perubahan (walaupun perubahan itu menguntungkan tapi tetap ditanggapi dengan dingin/dianggap ancaman). Orang-orang yang berpikir konservatif, biasanya sudah nyaman dengan kondisi yang ada. Kenyamanan tersebut yang membuat sulit orang-orang ini untuk berpikir ataupun menerima pemikiran yang lebih terbuka ataupun out of the box. 

Hindari “gengsi”.

Gengsi hampir sama dengan berfikir konservatif. Gengsi merupakan salah satu penghambat yang besar yang dapat menghalagi anda meraih banyak informasi dan pengetahuan. Terkadang apa yang anda tidak ingin lakukan karena gengsi ( malu) membuat anda terkurung dalam kotak perasaan takut mengetahui dan melakukan sesuatu yang sebenarnya anda butuhkan. Maka lakukanlah sesuatu meski sesederhana mungkin dan kecil. Perkuat mental anda untuk membuang jauh- jauh fikiran gengsi yang ada dalam diri anda yang hanya akan menghambat proses anda dalam berkembang.

Jaga kualitas dan kuantitas pekerjaan.

Sudah saatny bagi anda untuk berfikir bahwa pekerjaan dan teknologi akan terus berubah kearah yang lebih baik dan efisien. Kita sebagai individu yang ingin berfikir kreatif jangan cepat merasa puas dengan apa hasil yang telah ada. Kemungkinannya adalah memperbaiki cara yang telah ada agar menjadi lebih efisien. Langkah efisien akan memberikan dampak dan poin positif. Sebaliknya, cepat merasa puas berarti menutup diri terhadap pekerjaan lain yang dapat memperkaya perkembangan pemikiran, berarti tidak membuka tantangan baru, tidak tertuntut untuk berfikir cerdas dan kreatif. Kualitas yang baik mencerminkan keterampilan dalam bekerja, dan bekerja dengan baik mencerminkan kualitas kita dala berfikir. Semakin tinggi kualitas hasil kerja, semakin tinggi kualitas dalam berfikir.

Nah, sahabat itulah semua tentang berfikir kreatif, pentingnya berfikir kreatif dan apasaja manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Dan selamat mencoba.

Sumber : www.untukku .com dan www.membumikanpendidikan. com

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.