Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga

Sebagian besar orang tua menginginkan dirinya menjadi pebisnis atau pekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga. Keputusan itu, tidak ada salahnya. Namun, hal itu sangat berlaku untuk para Ayah didunia, sedangkan ada baiknya apabila kebanyakan ibu yang memutuskan dirinya menjadi wanita karir untuk mengurangi porsi bekerjanya. Namun, hal itu tidak perlu dilakukan apabila diantara keduanya dapat menjalin komunikasi dengan baik. Terlebih lagi, apabila ditengah-tengah mereka telah hadir sang buah hati yang akan sangat memerlukan perhatian dari kedua orang tuanya.

cara mendapatkan tidur berkualitas


Komunikasi. Komunikasi sendiri adalah sebuah proses yang dibangun antara dua orang atau lebih untuk menjalin suatu ikatan atau persamaan sudut pandang dengan cara perbincangan atau berbagi ide dan pengetahuan.  Sedangkan dalam keluarga, komunikasi merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan rasa peduli dan kasih sayang antar anggota keluarga tersebut. Maka, peran komunikasi sangatlah penting bagi setiap keluarga didunia ini.

Mengapa komunikasi penting dilakukan dalam hubungan keluarga?

Berikut adalah hal-hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pasangan dalam keluarga.

Mencegah adanya kesenjangan;

Komunikasi memberikan signal untuk setiap individu saling mengenal dan memahami. Melalui komunikasi, setiap hal dapat dibicarakan dan didiskusikan dengan baik, demi mendapatkan hubungan yang sesuai dengan keinginan para pelakunya. Komunikasi juga dapat mencegah adanya kesenjangan dalam hubungan pasangan dalam anggota keluarga yang ada didalamnya, karena apabila setiap target yang ingin dicapai dalam keluarga telah direncanakan dengan baik, maka dalam keluarga tidak akan ada jarak yang menghalangi perbincangan dan hubungan mereka.

Mempererat jalinan kasih sayang;

Komunikasi yang baik antar anggota keluarga sangatlah berperan penting dalam mempererat jalinan kasih sayang diantara mereka. Sebab, seringnya komunikasi akan membuat setiap individu merasa dimengerti dan diperhatikan oleh anggota keluarga yang lain. Dengan demikian, hubungan kasih sayang antar anggota keluarga dapat terjalin dengan baik.

Mencegah perubahan perilaku anak;

Anak yang jarang berkomunikasi dengan orang tuanya, akan cenderung tidak perduli dengan orang tuanya. Mengapa? Karena saat si anak tidak sering diajak komunikasi, maka apapun yang mereka rekam adalah tergantung dengan lingkungannya. Maka sangat penting bagi para orang tua untuk dapat memberikan perhatian yang sempurna untuk anaknya, karena anak adalah hal yang sangat rentan oleh pergaulan dan perkembangan jaman.

Apa yang dilakukan oleh anak adalah ceriman dari orang tuanya, namun apa yang terjadi apabila orang tuanya tak memiliki sikap peduli yang baik? Ya.. si anak akan meniru apa saja informasi yang dilihat dan didengarnya dan yang terakhir yaitu meniru apapun hal yang telah didapatkannya dari lingkungan. Maka hal ini sangatlah berbahaya bagi para anak apabila tidak cukup mendapatkan perhatian dari para orang tuanya.

Membetuk karakter dan emosional para individu dalam keluarga;

Komunikasi sangat berguna dalam pembentukkan karakter anak. Mengapa demikian? Sikap anak, tergantung pada sikap orang tuanya terhadap anak. Maka karakter anak, akan terbentuk dengan baik apabila mendapat dorongan dan didikan dari orang tua si anak. Dan komunikasi adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam membantu pembentukkan karakter dan emosional anak.

Cara pengkomunikasian yang baik dari kedua orang tua anak akan sangat membantu si anak mengenal hal-hal dan perilaku baik dari orang tuanya. Maka, kelak ketika ia dewasa, si anak akan melakukan hal-hal yang hampir sama dengan apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Sedangkan dari sisi emosional, si anak akan lebih terkontrol ketika orang tuanya rutin memberikan treatment yang baik , misalnya selalu membiasakan si anak menghormati orang tuanya, disiplin mengerjakan tugas tugasnya, suka menolong dan lain-lain. Hal tersebut akan membuat tingkat emosional anak menjadi stabil.

Membantu penyelesaian masalah;

Komunikasi membuat masalah terselesaikan dengan baik. Kenapa? Karena dengan komunikasi masalah dapat didiskusikan dan dicarikan solusinya secara bersama-sama. Dalam keluarga khususnya pasangan suami istri, komunikasi untuk menyelesaikan masalah dalam keluarga sangatlah diperlukan. Karena, dalam pasangan suami istri, komunikasi sangat menentukan baik dan tidaknya hubungan keluarga keduanya, harmonis tidaknya hubungan keluarga, dan tingginya kasih sayang diantara keduanya. So, menurut pengamatan yang saya, komunikasi adalah titik utama dalam menentukan hal-hal yang terbaik dalam masalah apapun.

Dalam sebuah keluarga hal-hal diatas sangatlah bermanfaat untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga. Karena keluarga yang baik bisa dikatakan baik apabila dalam keluarga tersebut terdapat sistem kepeduliaan dan relasi yang terjalin dengan baik melalui komunikasi antar individu yang ada didalamnya.

Lalu bagaimana caranya agar komunikasi dalam keluarga tetap berjalan dengan baik, ditengah kesibukan keluarga?

Quality time

Untuk menjaga komunikasi tetap berjalan dengan baik dengan anggota keluarga yaitu salah satunya memiliki waktu untuk berbincang- bincang bersama, baik setiap pagi, setiap makan bersama, atau sekedar bersantai bersama demi menjalin hubungan komunikasi yang baik. Quality time, bisa dilakukan dimana saja, bisa diluar rumah, atau sekedar berkumpul bersama untuk saling berbagi tentang apa saja kegiatan yang telah dilalui dan bagaimana perkembangan dan perasaan mereka setelah melakukan banyak aktivitas diluar rumah, dengan orang lain, dan menghabiskan waktu dengan kelelahan- kelelahan yang telah dirasakan. Misalnya, apa yang telah dipelajari disekolah, bagaimana hari-hari dikantor, dan lain sebagainya.

Liburan bersama.

Liburan bersama merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga komunikasi dalam keluarga tetap berjalan dengan baik. Dengan mengadakan liburan bersama aggota keluarga, maka hal tersebut akan membuat hubungan masing-masing individu semakin dekat dan erat, baik itu ayah, ibu, kakak, adik dan lain-lain. Liburan bersama bisa juga dengan pelampiasan rindu bagi mereka yang merantau , atau berada jauh dengan keluarga. Momen seperti ini akan sangat berarti bagi pari para pemuda dan dinanti-nantikan. Karena disini mereka akan otomatis ingat dengan anggota keluarga, kenangan-kenangan mereka dan hal-hal berarti lain saat mereka bersama.

Komitmen dan disiplin.

Dalam keluarga juga harus ada yang namanya komitmen dan disiplin pada prinsip yang telah disepakati. Misalnya, komitmen untuk tetap berkumpul walaupun sekejap, sekedar untuk saling bertegur sapa dan sharing tentang kegiatan yang telah dilakukan. Setelah memiliki komitmen, maka disiplinkanlah komitmen anda tersebut. Disiplin akan membentuk mental anda atau anak agar menyadari bahwa ada tanggung jawab yang harus mulai mereka emban dikemudian hari.

So, rekan-rekan pembaca sekalian., itulah tadi beberapa alasan mengapa komunikasi sangatlah penting dalam keluarga, dan bagaimana cara mempertahankan komunikasi tersebut agar dapat teap terjaga dalam sebuah keluarga. Keluarga adalah hal yang berharga dalam hidup kita, jadi apapun yang terjadi setiap anggota keluarga haruslah memiliki rasa peduli dan kasih sayang antar satu dengan yang lainnya. Dan komunikasi merupakan alat penyampaian rasa peduli tersebut yang harus kita jaga.

Maka marilah jaga tali persaudaraan kita erat- erat yaaa…. Salam persaudaraan dari penulis.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.