Pentingnya Target dan Tujuan Hidup

Jika kita mendengat kata target dan tujuan hidup, kita sering kali bertanya-tanya, apa sih sebenarnya tujuan hidup kita? Mengapa kita harus memiliki tujuan hidup, dan apa yang melatar belakangi tujuan hidup tersebut.

Teman-teman yang berbahagia, tujuan hidup adalah suatu hal yang wajib kita miliki, karena dengan adanya tujuan hidup, kita akan lebih mudah dalam mencapai sesuatu yang ingin kita dapatkan didalam hidup kita, baik itu pendidikan, karir, atau hal penting lainnya.

Disamping itu, tujuan hidup pula harus disertai dengan target apa saja yang harus dicapai pada waktu-waktu tertentu. Tujuan target ini adalah untuk mendisiplinkan diri kita agar tidak lari atau kluar dari tujaun yang telah kita tetapkan diawal waktu.

Namun sayangnya, kita sering kali masih merasa bingung, tidak tau, atau sepeti orang yang tidak memiliki arah karena merasa belum memiliki tujuan hidup, padahal jika teman-teman ketahui, tujuan hidup itu laksana penuntun jalan kita, tentang apa yang ingin kita raih dan jalani dimasa depan.

Nah, untuk itu kita perlu mengetahui lebih jelasnya tentang apa sih tujuan hidup itu, Mengapa kita harus memilikinya, bagaimana cara menemkannya, dan apa kaitannya dengan target yang kita buat.

Apasih Tujuan Hidup itu?

Menurut Ken Mclelroy, tujuan adalah langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan merupakan kunci dalam mencapai kesuksesan. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan hidup adalah langkah atau perencanaan dalam mencapai proses menuju kesuksesan dalam hidup kita. Untuk itu diperlukannya suatu perencanaan yang matang, atau tujuan hidup yang mantap sebelum melangkah dalam kehidupan yang lebih jauh.

Penentuan tujuan adalah langkah utama dalam membuat suatu perancangan sehingga dalam proses pelaksanaannya, akan sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Namun, banyak orag yang seringkali salah kaprah dalam menentukan tuuan dengan cara membuat beberapa perencanaan tujuan , yang pada akhirnya mengakibatkan kurang maksimalnya pencapaian tujuan.

Mengapa Harus Meliliki Tujuan Hidup?

Tujuan hidup laksana pedoman atau guidance tentang apa yang ingi kita capai, dengan kata lain tujuan hidup adalah acuan yang dapat dipakai untuk melakukan tindakan-tindakan yang demi tercapainya tujuan tersebut. Bayangkan saja, jika anda keluar rumah tanpa tujuan, sudah dapat dipastikan antara anda hanya terus berjalan tanpa ada suatu titik persinggahan, atau anda akan singgah dimanapun tempat yang anda temui, karena tidak adanya tujuan. Hal inilah yang seringkali dihadapi oleh setiap individu. Ketidak-matangan tujuan seringkali membuat jalan hidup, karir atau yang lainnya terasa berada diwang-awang, sehingga proses pencapaian tujuan akan semakin lama dan tujuanpun tidak kunjung didapatkan. Inilah mengapa seseorang harus memiliki tujuan hidup agar tidak tersesat jalannya.

Bagaimana cara menemukan tujuan hidup?

Lalu bagaimana cara menemukan tujuan hidup? Seringkali kita bertanya-tanya “apa sebenarnya tujuan hidup saya?.,, rasanya hidup ini biasa-biasa saja. Stop ! jangan seperti itu ! temukan !

Tapi bagaimana caranya?

Pertama-tama anda harus bertanya pada diri anda apa yang anda sukai.

Tujuan hidup harus ditentukan dengan apa-apa yang anda sukai, supaya anda dapat bahagia dengan apa yang anda capai. Karena tujuan hidup berkaitan dengan kesuksesan anda dimasa depan dan akan berjalan dalam waktu yang cukup lama. Jadi anda harus benar-benar mengerti apa yang anda sukai dalam hidup anda.

Kedua, pekerjaan seperti apa yang anda inginkan, dan berapa gaji yang ingin anda dapatkan.

Jika berbicara tentang materi, maka tidak aka nada habisnya pembahasan. Jika anda ingin membuat suatu tujuan, maka tetapkanlah tujuan tersebut dengan sejelas-jelasnya, dan tentukan target apa yang ingin dicapai sehingga anda akan bersemangat untuk berusaha meraih dan mengejarnya. Tentukan pekerjaan seperti apa yang ingin anda dapatkan dan proses apa yang harus anda lalui.

Ketiga, masa depan yang seperti apa yang anda impikan.

Tujuan hidup sama dengan bicara tentang masa depan, tujuan hidup merupakan aacuan anda untuk menggapai masa depan. Nah untuk itu, buatlah tujuan hidup yang sesuai dengan masa depan yang anda impi-impikan. Sehingga apa yang anda lakukan tidak keluar dari rencana-rencana yang sudah anda tentukan.

Dan yang terakhir, siapa yang anda cintai.

Ini yang terpenting, siapa yang anda cintai. Orang- orang yang anda cintai dapat menjadi salah satu motivasi terbesar anda untuk dijadikan bagian dari tujuan hidup anda. Misalnya, anda ingin membawa orang tua anda ke Mekkah, pergi ke luar negeri, atau menikah dengan artis korea. Nah, hal hal tersebut bisa anda jadikan sebagai bagian dari list tujuan hidup yang kemudian anda lahirkan kedalam taerget-target pencapaian, kapan anda ingin mencapainya, berapa lama waktu yang anda butuhkan, dan apa saja yang perlu anda lakukan. Sehingga terciptalah keselarasan antara tujuan dengan kesuksesan anda dimasa yang akan datang.

Lalu apa Fungsinya Target?

Target disini memiliki peran untuk menspesifikkan tujuan anda. Jika ada tujuan tentu saja ada action atau tindakan yang perlu dilakukan, bukan? Nah inilah salah satu cara yang efektif untuk menjaga diri anda tetap berada dijalaur-jalur perencanaan yang telh anda buat. Target bisa anda kategorikan kedalam jangka pendek dan jangka panjang. Jadi, setiap proses pencapaian keinginan atau impin anda akan dapat termonitor dengan baik, melalui target-target yang anda buat setiap waktunya.

Bolehkan kita tidak memiliki Target?

Jawabnnya, tidak !! karena target adalah langkah-langkah kecil yang harus ada dan tertempel didinding-dinding kamar anda sebagai monitor dan motivasi untuk mencapai tujuan besar anda. Selain itu target juga harus melekat difikiran anda yang pada akhirnya melahirkan semangat dan kerja keras untuk mencapainya. So, mulailah menyusun target detik ini jugaa yaaa….. jangan sampai tidak punya karena  target sangatlah penting untuk menuntun hidup anda.

Cukup sekian penjelasan tentang tujuan hidup dan targetnya. So, bagaimana tentang penjelasan diatas, apakah anda sudah mulai mendapat gambaran tentang tujuan anda kedepan? Sudah terfikir target apa saja yang ingin dicapai… Ayo.. bergerak! Ayo mulai atur hidup anda, jangan sampai hidup yang mengatur anda. Salam sukses!!!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.