Tips Agar Nyaman Berorganisasi

Apakah anda merupakan orang yang sibuk? Pekerjaan menumpuk? Tertelan dalam sibuknya organisasi, dan lain sebagainya? Suka mengeluh? Dan bingung bagaimana cara mengatasinya?

Kali ini artikel ini akan membahas bagaimana cara memanfaatkan semua masalah yang ada dalam hidup anda menjadi suatu berkah atau sesuatu yang lebih bermanfaat.

Berdasarkan pengamatan saya dalam berbagai organisasi yang pernah saya ikuti, kebanyakan dari mereka baik itu dari sang pemimpin sebuah acara, sekretaris, bendahara, divisi-divisi bahkan anggota pernah mengeluhkan hal yang sama. Lelah karena terlalu banyak yang harus di handle, tugas kuliah, panitia dalam suatu acara , namun kurangnya kerjasama.

Tidak perlu khawatir. Sebenarnya semua kegiatan yang anda lakukan adalah proses anda untuk menjadi seseorang yang lebih kuat, siap, disiplin dan mantap dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Apa definisi dari organisasi itu sendiri?

Berdasarkan artikel dalam hanpage.blogspot.co.id tentang definisi dan pengertian organisasi, organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota yang terstruktur. (Janu Murdiamoko dan Citra Handayani, Sosiologi untuk SMU kelas I).

So, jika kita lihat dari definisi diatas, organisasi merupakan suatu wadah yang baik dan terencana untuk memfasilitasi para anggotanya untuk menyampaikan aspirasi dan mencapai tujuan bersama dalam suatu organisasi, tentunya dengan program kerja yang telah terstruktur secara rapi dalam tatanan organisasi.

Jika kita melihat kepada sudut pandang yang baik maka kita akan melihat bagaimana suatu organisasi dapat memberikan manfaat yang begitu besar untuk setiap individu yang ada didalamnya. Namun jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu ketika berada dalm sutu masalah yang terjadi dalam organisasi, tugas yang telah mencapai dateline, acara yang bertumpuk, dan lain-lain, sehingga hal itu akan membuat anda menjadi begitu stress, dan pada akhirnya organisasi seakan menjadi suatu masalah besar dalam hidup anda.

Lalu, bagaimana cara untuk memanfaatkan masalah-masalah atau kesulitan dalam organisasi menjadi sebuah berkah dalam hidup anda?

Langkah agar Nyaman Berorganisasi

Berikut adalah beberapa langkah agar anda merasa lebih nyaman dalam berorganisasi :

1. Komitmen pada tujuan anda.

Masalah adalah bumbu dari setiap organisasi yang ada. Namun salah satu cara menyikapinya masalah tersebut adalah dengan selalu mengingat komitment anda dalam suatu organisasi, apa yang anda ingin dapatkan dalam organisasi tersebut dan apa tanggung jawab yang telah anda miliki. Namun, jangan jadikan masalah tersebut sebagai sebuah beban, karena dalam setiap proses pencapaian tujuan pasti terdapat masalah-masalah atau pelajaran yang dapat anda petik dalam proses tersebut. Dengan anda memegang komitment atau memiliki sebuah komitmen, segala masalah tidak akan terasa begitu berat dan membebani diri anda karena anda telah memiliki ketetapan hati untuk melakukan dan mencapai suatu tujuan tertentu. Komitmen disini bisa kita analogikan sebagai prinsip, karena komitmen disini digunakan sebagai acuan dalam hidup kita.

2. Mengingat hasil/ manfaat yang akan didapat.               

Jika anda merupakan orang yang kritis maka anda akan merasa baik-baik saja saat menghadapi masalah yang datang dalam organisasi yang anda ikuti. Anda tidak perlu stress setiap kali anda menghadapi masalah dalam organisasi, anda bisa mengingat apa manfaat dari organisasi itu sendiri, apa yang akan anda dapat setelah anda berada didunia kerja, misalnya disiplin, leadership, menjadi sekretaris yang baik, menjadi bendahara yang teliti dan cekatan, dan lain sebagainya. Pikirkan bahwa setelah anda keluar dari zona sulit dalam organisasi. Anda akan dapat mengalikasikan semua ilmu anda didunia kerja, sehingga ketika anda menghadapi masalah yang sama anda tidak akan merasa terbebani karena sudah terbiasa saat anda mengikuti organisasi di perguruan tinggi. Jika anda memperhatikan dengan seksama organisasi disini, berperan dalam membantu mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan keterampilannya dalam suatu organisasi , sehingga diharapkan setelah masuk kedalam dunia kerja, anda tidak lagi merasa canggung dan kaku.

3. Belajar memanagement diri dengan baik.

Dengan adanya masalah-masalah yang terjadi dalam suatu organisasi, anda dituntut untuk dapat belajar memanagement diri dengan baik, karena pada saat itu anda harus kritis dalam membuat keputusan dan membagi waktu antara kuliah dan organisasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal seperti ini akan melatih anda dalam proses management didunia kerja nantinya. Sisi positif lain dari masalah adalah dengan adanya masalah dalam organisasi, anda akan menjadi lebih kritis dalam memperhatikan setiap langkah-langkah atau keputusan yang akan diambil dalam hidupnya. Hal ini disebabkan karena anda akan menuntut diri anda sendiri menjadi lebih sempurna dalam memecahkan suatu masalah. Sehingga hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan memberikan dampak yang baik secara significant. “Anda adalah apa yang anda lakukan sekarang”. Maka berusahalah untuk tetap melakukan hal-hal yang baik sesulit apapun keadaannya, baik itu dalam organisasi ataupun dalam instansi lainnya baik individu maupun personal.

4. Menjadikan organisasi sebagai keluarga.

Organisasi merupakan suatu lingkup yang terdiri dari kumpulan individu yang memiliki tujuan yang sama dan terbagi dalam setiap divisi- divisi yang terstruktur. Namun, ketika terjadi suatu masalah didalamnya, organisasi akan sangat mudah retak dan terpecah. Salah satu cara untuk membuat anda tetap bertahan dalam suatu organisasi adalah dengan menganggap atau menjadikan organisasi anda sebagai keluarga, sehingga dalam organisasi tersebut tercipta kebersamaan dan rasa saling memahami satu sama lain, sehingga lebih mudah pengkomunikasian dalam pemecahan suatu masalah. Jika anda menganggap organisasi anda sebagai keluarga, maka anda akan merasa sulit atau berat untuk meninggalkan organisasi yang anda ikuti, karena adanya kecintaan tersendiri pada instansi tersebut.

5. Selalu berfikir positif dan menjadikan masalah sebagai bahan pembelajaran.

Dengan selalu berfikir positif, anda akan mengurangi tingkat stress yang anda hadapi saat berada dalam organisasi. Menjadikan setiap masalah sebagai pembelajaran merupakan suatu keputusan yang bijak. Karena dengan selalu menjadikan masalah sebagai bahan belajar. Anda akan lebih paham bagaimana cara untuk tidak melakukan kesalahan yang sama baik dalam organisasi maupun personal. Ini merupakan salah satu cara yang dapat menjadikan masalah anda menjadi suatu hal yang lebih bermanfaat. Berfikir positif membuat anda merasa tenang saat dalam berorganisasi, krena ketika anda dapat berhasil menyikapi masalah-masalah dengan hati yang ikhlas san lapang, maka disitulah kita baru bias disebut dengan master of organization. Mengapa demikian? Karena salah satu kunci dari sebuah organisasi yaitu mampu bersikap sabar dan saling bekerjasama dalam suatu tim.

Well, itulah tadi beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat masalah yang anda hadapi dalam organisasi terasa lebih ringan dan anda akan lebih nyaman dalam berorganisasi.

Semoga bermanfaat…..

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.