Tips Cara Management Keuangan Bagi Anak Kos dan Manfaatnya

Anak kos adalah para pelajar, mahasiswa , atau perantau yang tinggal dalam tempat sewaan yag disebut kos- kosan. Saya adalah salah satunya, sejak SMA hingga Kuliah saya telah hidup jauh dari orang tua, dalam artian belajar atau mengenyam pendidikkan yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, sehingga mengharuskan saya untuk tinggal di asrama atau kos-kosan.

Banyak yang mengira bahwa menjadi anak kos itu menderita. Namun pernyataan itu tidak sepenuhnya benar dan tidak pula sepenuhnya salah. Menjadi anak kos memiliki sensasi dan pengalaman tersendiri. Dari sisi negative, memang kita harus menerima bahwa kita harus mampu hidup secara sederhana dan melakukan semua hal sendiri tanpa bantuan orang tua. Namun tidak semua anak kos hidup sederhana, bagi mereka yang berasal dari orang yang mampu, mereka akan membuat kamar kosan mereka layaknya rumah, ada kulkas, televisi, ac, kipas angin dan lain sebagainya, jika tidak ingin atau tidak bisa mencuci baju, jasa laundry pun sudah tersedia diman-mana.

Namun, untuk anak yang berasal dari keluarga biasa- biasa saja atau jauh lebih buruk dari itu, mereka harus siap melakukan semua hal sendiri, tanpa kipas, tapa televise, kulkas, dan lain-lain. Bahkan untuk urusan makan, mereka harus benar- benar pintar memanagement keuangan dengan baik, agar tidak menjadi mayat hidup, antara hidup tapi mati, dan sebagainya lantaran tidak memiliki cukup uang saku lagi. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips bagi anda yang termasuk anak kos dalam mengatur keuangan supaya tidak kualahan diakhir bulan.

Tips Agar Tetap Bertahan Hidup di Akhir Bulan Versi Anak Kos

Berikut beberapa tips cara managemen keuangan untuk anak kos:

1. Bagi uang saku anda dalam beberapa jenis, dan langsung dibelikan apa yang dibutuhkan

Bagi anda yang berasal dari keluarga menengah kebawah. Kita buat saja standard uang bulanan anda adalah 200 sampai 300 ribu rupiah. Dan anda harus bertahan selama 30 hari, artinya anda hanya memiliki 10 ribu rupiah setiap harinya. Belum lagi harus membeli gas, gallon, dan listrik/ air. Maka contoh pembagiannya begini :

  • Gas LPG = Rp 22.000 ( Beli saat uang anda masih melimpah)
  • Beras 5 kg = Rp 60.000 ( Beli saat uang anda masih melimpah)
  • Listrik/bulan = Rp 20.000 ( Beli saat uang anda masih melimpah)
  • Kuota/2 Bln = Rp 35.000 ( Beli saat uang anda masih melimpah)
  • Total = Rp 137.000

Sisa dana: Rp. 163.000 (Untuk membeli Sayur dan keperluan dapur anda)

2. Beli Keperluan Kosan anda diawal atau saat uang anda masih melimpah

Rincian uang bulanan diatas belum termasuk biaya operasional yang lain- lain. Hanya dana bersih jatah bulanan anak kos. Namun, dengan membagi dana tersebut dalam beberapa tipe, maka anda akan tahu bahwa pengeluaran anda sekian dalam satu bulan. Apa yang perlu diprioritaskan untuk dibeli. Nah, apabila anda sudah membeli bahan- bahan penting diawal bualn dengan target akan cukup dipakai satu bulan, anda tidak akan khawatir uang bulanan anda akan terpakai untuk keperluan lain. Karena anda akan merasakan sendiri akibatnya di pertengahan atau akhir bulan, saat uang anda mulai menipis.

3. Bijak dalam memanfaatkan uang bulanan anda

Bijak yang saya maksud disini adalah memanfaatkan uang bualanan anda berdasarkan keperluan- keperluan penting seperti yang saya sampaikan diatas, jika keperluan anda lebih sedikit dari target yang saya buat dan jumlah uang bulanan anda lebih banyak, maka anda patut bersyukur, karena anda akan lebih leluasa untuk bergerak. Misalnya memanfaatkan sisa uang bualanan anda untuk membeli buku, atau memberi sedekah, dan yang lainnya, membayar keperluan kampus misalnya. Maka anda harus benar- benar membaginya secara rinci agar diakhir bulan anda tidak merasa gelisah karena belum saatnya mendapatkan uang bulanan , namun uang anda sudah tidak tersisa sama sekali. “ Bagaikan dipukul dengan palu namun tidak berdarah, sakit rasanya”, karena pilihannya adalah anda harus bertahan dengan ketidakpunyaan anda atau memutar otak untuk meminta, meminjam, atau mencari, dan tentunya itu bukanlah sesuatu yang mudah. Maka, bijaklah dalam memberdayakan uang anda.

4. Menabung sisa uang bulanan anda

Nah, jika uang bulanan anda memiliki sisa , baik karena uang anda yang lebih banyak, atau karena kebutuhan anda memang tdak banyak. Maka anda bisa menabung uang sisa bulanan anda. Hal ini akan memiliki dampak yang sangat baik. Karena apabila suatu saat anda memiliki keperluan yang sangat terdesak, dan orang tua anda tidak bisa memberikannya dalam waktu terdekat, maka anda bisa sangat terbantu dengan hal tersebut. Maka, lakukanlah hal ini demi mempermudah perjalanan anda dimasa yang akan datang, karena kita tidak akan pernah tau kapan kita akan memerlukannya, entah untuk pribadi, ataupun untuk menolong orang lain. Namun, untuk saat ini, lakukan saja untuk diri anda sendiri, dengan tujuan mempersiapan segala kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

5. Membuat bisnis atau pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan

Bagi anda para mahasiswa, pealajar maupun para perantau yang kreatif. Anda juaga bisa membuat atau mencari bisnis / kegiatan sampingan yang bisa membantu anda untuk menambah uang bulanan anda. Sebagai contoh, anda suka menulis, maka manfaatkanlah hobi anda tersebut sebagai ajang bisnis anda atau peluang yang baik untuk mengumpulkan pundi-pundi uang, misalnya menulis di website atau blog. Contoh lain, apabila anda memiliki kemampuan berjualan online, maka lakukanlah hal tersebut dan carilah relasi yang dapet memberikan anda barang dengan modal yang sedikit, bahkan bila anda tidak bisa melakukan keduanya anda masih bisa melakukan banyak hal lain, misalnya cetak foto, bisnis makanan yang dijajakan kepada rekan-rekan atau sekitar lingkungan anda yang berpotensi menghasilkan pendapatan, misalnya sayur atau makanan yang digoreng.

Maka, tidak ada batasan bagia anda para anak kos hanya terpaku pada uang bulanan anda saja.

Tips- tips diatas diambil dari pengalaman yang pernah saya rasakan selama saya dibangku kuliah, maka bagi anda para anak kos, semoga langkah- langkah tersebut bisa sedikit membantu anda dalam mengefisienkan penggunaan uang bulanan anda. Jadi tidak ada alasan bagi orang lain mengatakan bahwa anak kosan itu akan menderita.

Manfaat Memanajemen Keuangan Bagi Anak Kos

Karena selama kita dalam proses tinggal di rumah kos, akan banyak manfaat yang bisa kita rasakan, seperti hal- hal berikut ini :

1. Lebih mandiri

Tentu saja, karena setiap anak kos dituntut untuk melakukan semua hal dengan kemampuan yang dimilikinya sendiri. Bagi para pris, anda dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan perempuan, seperti mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, bersih-bersih dan memasak. Sedangkan untuk para wanita, selain yang dikerjakan para pria yang sudah saya sebutkan tadi, para wanita juga harus bisa mengankat gallon sendiri, kemanapun sendiri, dan melakukan semua hal sendiri. Untuk itu, anak kos biasanya cenderung lebih mandiri dari anak- ank lain tidak ttinggal dirumah kos. Meskipun tidak semua anak kos menyadari hal yang sama.

2. Bisa Menjadi Pengatur Keuangan Yang Baik

Saat anda tinggal dirumah kos, anda harus bersikap bahwa anda sedang berada dirumah sendiri, dan memutuskan segala sesuatu sendiri. Termasuk membagi dan mengatur keuangan sendiri, mulai dari belanjaan dapur, keperluan kuliah dan lain sebagainya, maka anak kos disini akan berperan lebih banyak layaknya kepala rumah tangga. Meskipun hanya hidup seorang diri, setidaknya anda harus menjadi pemimpin bagi diri anda sendiri.

3. belajar berfikir lebih kritis

Saat menjadi anak kos anda akan menjadi pemikir yang kritis, mengapa demikian? Karena anda dituntut untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi sendiri dan berusaha mencai solusinya. Misalnya anda harus membayar keperluan kampus, namun belum saatya anda meminta kepada orang tua anda, maka disini anda harus memutuskan apa yang harus anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan anda tersebut.

Membiasakan Diri Menjadi Orang Yang Kreatif dan Bertanggung Jawab.

Saat anda menjadi anak kos anda akan berusaha menemukan cara- cara unik dalam keseharian and, dan menemukan cara baru untuk membuka gallon misalnya, atau memasang tali jemuran. Kreatif yang lain lagi disini adalah ketika anda berhasil membuka bisnis anda sendiri selama menjadi anak kos, untuk memenuhi kebutuhan anda sendiri.

Nah, itulah tadi tips- tips management keuangan dan manfaat menjadi anak kos, jika anda termasuk salah satu ank kos, anda harus berbahagia. Karena anda istimewa, dengan kesederhanaan anda. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.