Kiat Bertahan dalam Bisnis Disaat Sulit

Menjalankan bisnis tidak selamanya hanya dapat dilakukan saat anda berada diatas atau dimasa berjaya. Anda juga harus bisa mengoptimalkan kemampuan disegala situasi dan kondisi agar anda tetap bisa beetahan dalam bisnis disaat-saat sulit sekalipun. Perlu diketahui bahwa yang terpenting dalam usaha adalah bagaimana anda dapat tetap bertahan disaat –saat yang sulit,mulai dari menghadapi harga produk yang mahal dan melambung tinggi, penjualan menurun, kebosanan pelanggan dan lain sebagainya.

Sebagai pengusaha, perlu diketahui bahwa keuntungan sebuah bisnis setidaknya bisa didapat dari tiga hal berikut ini:

Efisiensi Bahan Baku

Yang pertama, Efisienkan pemakaian bahan baku. Dalam menjalankan sebuah usaha, pemakaian bahan baku harus benar-benar diatur secara efisien dan jangan sampai menghambur-hamburkan bahan yang tersedia untuk produksi. Misalnya, anda berbisnis makanan, maka anda harus benar-benar memperhitungkan dengan cermat bahan-bahan sesuai pesanan agar tidak terjadi kebobolan produksi, atau mengalami kerugian saat proses produksi. Pemakaian bahan baku yang tepat dan sesuai kebutuhan akan membantu arus kas (cash flow) bisnis anda pada masa-masa sulit seperti ini. Kenaikan harga bahan baku yang terus melonjak tinggi yang tidak dapat kita hindari karena banyak factor yang mempengaruhi membuat anda harus benar-benar berusaha keras memanfaatkan bahan yang ada meskipun dalam jumlah yang tidak cukup banyak. Namun demikian, jika anda bisa mengefisienkan bahan baku dengan baik dan tepat, maka bisnis anda akan sangat terbantu cash flow nya.

Mengontrol Biaya Operasional

Kedua, Kontrol dengan benar seluruh biaya operasional. Dalam setiap melakukan produksi pasti selalu ada yang namanyabiaya operasional. Biaya operasional meliputi bensin, telepon, biaya marketing, listrik, perjalanan/transportasi, pulsa, dan lain sebagainya yang sepatutnya harus bisa dikendalikan biayanya dengan baik. Laukan hal-hal yang benar-benar perlu saja. Jangan melakukan atau merencanakan sesuatu yang nantinya akan berpotensi mengeluarkan biaya yang hasilnya samasekali belum dapat diprediksi. Disaat sulit seperti ini, biaya operasional yang dikuluarkan harus yang benar- benar urgent dan sudah jelas akan mendatangkan keuntungan dimasa depan. Misalnya, dalam hal promosi bisis. Hal ini sangat tak terbantahkan keperluannya, karemna mengingat pentingnya sebuah promosi agar usaha yang dijalankan lebih dikenal masyarakat. Namun demikian, dalam masa sulit seperti ini kegiatan promosi tetap berlangsung dengan baik, namun tidak mengeluarkan banyak uang atau anda bisa mencoba bekerja sama dengan pihak lain, dengan cara barter sehingga kedua belah pihak sama- sama diuntungkan dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Dan yang Ketiga, cari cara agar bisnis penjualan anda terus berjalan. Berfikir kreatif adalah kuncinya. Dalam menjalankan sebuah bisnis, setiap pengusaha harus dan sangat wajib memiliki pola pikir yang kreatif agar tetap bisa mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Berfikirlah kreatif tentang bagaimana cara mengembangakan usaha anda dengan cara yang unik dan mendapatkan banyak profit. Namun perlu diperhatikan bahwa kualitas produk adalah yang paling utama. Anda boleh saja mengkreasikan produk anda dengan berbagai kreasi, mengganti dengan bahan alternative, dan mengurangi ukuran produk anda, namun perlu diingat bahwa kualitas akan sangat menentukan hati para konsumen anda untuk memutuskan tetap kembali membeli produk anda ataukah tidak.
Jika membicarakan kiat bisnis disaat sulit seperti ini, yang paling penting adaah anda harus tetap bisa menjaga stamina dan semangat anda untuk terus berjuang agar dapat membuat bisnis anda terus bertahan dan berkembang.

Mencari Cara Agar Penjualan Tetap Jalan

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.