Mengenal Phrasal Verb bahasa Inggris

Phrasal verb adalah sebuah kata kerja (verb) yang didahului oleh kata depan (preposition) atau kata keterangan (adverb). Gabungan kata ini akan menciptakan arti kata yang berbeda dari kata kerja dasar atau aslinya.

Kemampuan dan kemahiran dalam menggunakan phrasal verb akan menimbulkan kesan yang baik dalam berkomunikasi dalam berbahasa inggris. Yaitu orang yang menggunakan phrasal verb akan cenderung terlihat lebih luwes, kaya, tidak monoton, dan juga tidak terlalu kaku dalam berbicara.

Penggunaan dan penguasaan phrasal verb adalah merupakan suatu hal yang penting untuk kita pahami dan kuasai dalam berbahasa inggris. Mengingat dalam hal berkomunikasi dalam bahasa inggris pada kenyataannya akan terdapat banyak sekali perbedaan yang cukup jauh dengan makna aslinya jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Sebagai seorang yang mahir dalam bahasa inggris, anda harus dan mutlak wajib mengetahui dan menguasai phrasal verb, yang dalam al ini dapat dikatakan bahwa phrasal verb adalah penentu kemahiran anda dalam berbahasa inggris terutama kemahiran dalam memainkan kata kata agar terlihat lebih baik dan berkelas. Para pengguna phrasal verb dinilai lebih luwes dan tidak kaku dalam berbicara karena dapat menguasai beberapa bentuk kata gabungan yang jarang dipakai oleh masyarakat pada umumnya yang hanya menguasai kata kerja bentuk aslinya.

Phrasal Verb

Berikut ini adalah beberapa contoh phrasal verb yang dapat digunakan dalam berkomunikasi :

Phrasal Verb A-B

ABIDE

Abide by, menerima atau mengikuti suatu keputusan atau peraturan. Example : we have to abide by how what the court says. (kita harus mengikuti apa keputusan pengadilan).

ACT

Act on, mempengaruhi, example : The medicine only act on infected tissue. ( Obat itu hanya mempengaruhi pada jaringan yang terinfeksi)

Act out, mempertunjukkan sesuatu dengan tindakan dan gerak isyarat (tubuh). Example : they acted out the story on stage. (mereka mempertunjukkan cerita itu dengan tindakan dan gerak tubuh diatas panggung)

Act Up, tidak bekerja dengan baik, example : I think I need to repair my laptop because it’s acting up. (Aku rasa aku perlu memperbaiki laptopku karena tidak bekerja dengan baik)

BACK

Back away, berbalik memutar karena takut

Example: when he saw the goose, he backed way (ketika dia melihat angsa dia berbalik memutar kembali)

Back off/ away, mundur

Example : we think they’ll back away from any direct confrontation over demonstrates.
(kita pikir mereka akan menarik diri dari suatu konfrontasi lansung dengan pendemo).

BRING

Bring about, menyebabkan terjadi.

Example : the new government brought about economic reforms. (pemerintah yang baru itu menyebabkan terjadinya reformasi ekonomi)

Phrasal Verb C – F

CALL

Call back, menelfon balik

Example : I call my mother back when arrive at campus. (aku menelpun balik ibuku ketika aku tiba dikampus)

Call off, Membatalkan sesuatu

Example : They called the meeting off because the director doesn’t come. (mereka membatakan meeting karena direktur tidak hadir).

DIE

Die off, mati satu persatu

Example : whales are in danger of dying off. (ikan paus-ikan paus itu dalam bahaya mati satu persatu.

Die for something, sangat menginginkan sesuatu

Example : By the time I arrive at home, I was dying for a cold drink. ( Pada saat aku tiba dirumah , aku sangat menginginkan minuman dingin)

DIG

Dig Up, menemukan informasi dengan menginvestigasi

Example : After the divorce, she dug up a lot of terrible things about him. (setelah perceraian itu, dia menemukan informasi yang banyak mengenai hal buruk tentangnya)

EGG

Egg on, mendesak seseorang untuk melakukan sesuatu serinhkali sesuatu yang buruk.

Example : He never would have done it himself, but the boys were egging him on. (dia tidak pernah melakukan hal itu sendiri, tetapi anak-anak laki-laki itu telah mendesaknya melakukannya).

FALL

Fall about, tertawa tanpa bisa berhenti.

Example : Every time he told one of his jokes we would fall about. (setiap kali dia menceritakan salah satu dari leluconya kami kan tertawa tanpa bisa berhenti)

Fall for, percaya.

Example : Budi told his girlfriend an enormous lie and she fell for it totally. (Budi mengatakan kepada kekasihnya kebohongan yang besar, dan gadis itu mempercayai hal tersebut sepenuhnya).

Phrasal Verb G – I

GET

Get across, menjelaskan dengan sukses.

Example : I spoke very slowly but I couldn’t get my idea across at all. (Aku telah berbicara amat perlahan, tetapi aku tidak bisa menjelaskan semua gagasanku).

Get at, Mengecam berulangkali

Example : You’re always getting at me, and I’m sick of it. (kamu selalu mengecamku dan aku sakit karena itu)

HANG

Hang about/around, Membuang-buang waktu. Example : She doesn’t like her sister hanging around in the mall all day Sunday. (dia tidak suka saudara permpuannya membuang-buang waktu dimall sepanjang hari minggu)

INQUIRE

Inquire after, menanyakan kabar menenai seseorang.

Example : She stopped me in the street to inquire after my sister. (dia telah menghentikanku dijalan untuk menanyakan kabar saudariku).

Iron out, menghapuskan.

Example : we need to have a meeting this week in order to iron out the complicated problems. (kita harus mengadakan pertemuan minggu ini untuk menghapuskan masalah-masalah yang rumit itu)

Phrasal Verb J – O

JUMP

Jump in, menyela suatu percakapan. Example : she feel free to jump in at any moment what we are talking. ( Dia merasa bebas menyela percakapan dengan segera saat kami sedang berbicara)

Jump to, membuat keputusan cepat, memecahkan persoalan dengan baik.

Example : You shouldn’t jump to the conclusions. (kamu seharusnya tidak membuat kesimpulan dengan cepat).

KEEP

Keep to self, tidak bicara kepada siapapun.

Example : Tell us the answer then. Don’t keep it to yourself. (katakana jawabannya. Jangan menyimpannya sendiri).

LEAVE

Leave alone, jangan menyentuh.

Example : leave that food alone until it’s time to eat. (jangan sentuh makanan itu sampai waktunya untuk makan).

MAKE

Make off, melarikan diri dengan

Example : The thieves made off with the money from the bank. ( Para pencuri itu melarikan diri dengan uang dari bank).

NOD

Nod off, tertidur

Example : The cinema was so boring that I nodded off before it was finished. (sinema itu sangat membosankan membuat aku tertidur sebelum itu berakhir).

OPT

Opt for, memilih

Example : after some moments of indecision, she opted for blue car. (setelah beberapa saat memilih, dia memilih mobil berwarna biru).

Itulah beberapa contoh phrasal verb dari A hingga O yang mungkin terdengar sedikit asing ditelinga, namun apabila anda sudah menguasainya, anda akan terlihat sangat berkelas dalam penggunaan bahasa inggris. Sebenarnya masih bany sekali contoh phrasal verb yang dapat anda pelajari dalam kamus phrasal verb. Semoga artikel ini sedikit membantu anda dalam mengenal phrasal verb dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.