Fakta Musik yang Perlu diketahui

Fakta musik, Siapa yang tak menyukai musik?

Musik adalah Kumpulan nada-nada yang dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk melodi lagu yang indah untuk dinyanyikan. Musik adalah representasi pikiran, hati danperasaan manusia. Musik seakan memberikan kehidupan bagi setiap pendengarnya.

pengertian musik

Hebatnya, musik dapat mengubah mood dan perasaan seseorang saat mengalami kejadian tertentu. Betapa hebatnya Tuhan menciptakan pikiran dan kecerdasan, sehingga lahirlah karya-karya yang menakjubkan yang pantas dinikmati oleh semua orang.

Banyak hal yang dapat kita ambil, mulai dari sebuah lagu, penggalan lagu, dan pesan-pesan yang dapat diambil dari lagu tersebut. Dan… ternyata… ada beberapa fakta mengenai music yang perlu anda ketahui.

Berikut fakta-fakta Menarik mengenai musik :

Fakta Musik
Fakta Musik

Menenangkan Fikiran

Fakta nya Banyak musisi yang menciptakan lagunya tidak hanya dalam keadaan sedih maupiun gembira. Namun ada juga musik yang diciptakan untuk menenangkan fikiran.

Music relaksasi misalnya, yaitu musik-musik yang dihasilkan dari suara alam. Seperti suara gemericik air, siulan burung, atau suara angin dan ombak. Semua nada- nada tersebut yang akhirnya terangkai begitu indahnya. Ya itulah karya Tuhan yang laing sempurna.

Terdiri dari rangkaian notasi

Musik adalah kombinasi antar diam dan suara, sedangkan dalam pengetahuan music, kita dituntut untuk tahu tangga nada dasar yaitu, do, re, mi, fa, sol, la , si, do, dan seterusnya dengan placement yang baik dengan posisi keluar suara yang pas, pitch nya pas, dan lain sebagainya. Dalam sebuah lagu, pastilah dirangkai atas notasi-notasi yang disususn sedemikian rupa agar memiliki harmoni yang baik, dan dinamika yang indah.

Diciptakan dengan Emosi dan penuh perasaan

Setiap karya musik atau lagu pasti  diciptakan dengan emosi sang pencipta lagu, bisa berdasarkan keadaan yang tengah dialaminya, maupun bedasarkan harapan-harapan masa depan yang ingin dicapai. Jadi musik juga bisa dibuat berdasarkan imaginasi sang pencipta, dengan disisipkan emosi-emosi dan perasaan untuk menggambarkan suatu peristiwa atau perasaan.

Menciptakan suatu harmoni dan rangkaian lagu, tidaklah mudah, karena membutuhkan ide – ide yang cemerlang dan konsentrasi. Pencipta lagu harus benar-benar membayangkan isi lagunya, dan menyesuaikan dengan notasi yang sesuai, sehingga tercipta suatu harmoni dan dinamika yag sesuai dengan keinginan dan isi lagu. So, jangan pernah meremehkan sebuah lagu ya, bahkan lagu balonku, yang merupakan lagu anak-anak sekalipun membutuhkan suatu pemikiran dan ide, untuk membentuk harmoni dan nada yang indah dan ceria.

Membangun Karakter

Setiap lagu pasti emiliki ciri khas yang berbeda-beda. Sebagian besar lagu atau musik, akan membangun karakter suara yang baik pula. Seorang penyanyi akan terbentuk karakter suaranya ketika menyanyikan lagu tertentu.

Misalnya lagu pop and jazz, maka penyanyi yang selalu menyanyikan lagu pop- and jazz tersebut akan memiliki karakter suara pop and jazz, sedangkan bagi orang-orang atau penyanyi yang sering menyanyikan lagu dangdut, karakter suaranyapun akan menjadi karakter suara penyanyi dangdut. Wah.. menarik bukan. So, kalau anda suka lagu klasik dan sering menyanyikannya, bisa jadi karakter suara and adalah karakter suara klasik pula.

Menciptakan Keindahan

Setiap musik, pastinya selalu menciptakan suatu keindahan. Selain nanda-nadanya yang menenangkan. Harmoni yang indah melahikan suatu keindahan didalam fikiran para pendengarnya.bahkan pada musik rock sekalipun, jika yang mendengar adalah orang-orang yang mencintai musik rock, maka lagu tersebut akan terdengar begitu indah dan menakjubkan.

Musik selalu menggambarkan keindahan-keindahan tersendiri berdasarkan harmoni dan isi lagu ya. Lagu sedih melahirkan suasanya sedih, lagu bahagia melahirkan suasana bahagia. Dan seterusnya, jadi setiap lagu pasti mempuyai ritmik yang berbeda-beda. Tergantung bagaimana para penyanyi dalam memahami dan membawakannya dengan indah. Sehingga tersiptalah suatu persembahan yang indah pula.

Merepresentasikan suatu Keadaan

Lagu merupakan representasi dari isi fikiran si composer lagu. Apapun yang mereka rasakan, bisa mereka tuangkan kedalam lagu, tentunya dengan segala perhitungan dan penyesuaian yang membutuhkan proses panjang. Biasanya seorang composer menciptakan sebuah lagu dengan makna-makna tertentu, dan tidak ada lagu yang tidak memiliki makna. Karena lagu adalah gambaran fikiran. Meskipun terkadang itu hanyalah sebuah imaginasi, namun, selalu ada saja makna yang tergambar melalui isi lagu yang disampaikan. Yang pada akhirnya dinyanyikan oleh para penyanyi sehingga pesan yang diinginkan composer tersampaikan. Hm… menyentuh sekali. Hebat para composer!!

Meningkatkan Kecerdasan

Musik dianggap mampu meningkatkan kecerdasan manusia, baik penyanyi bahkan penulisnya. Penggiat musik dituntut untuk hafal notasi, dengan nada yang benar, dan pitch yang sesuai.

Banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti tempo, dan tanda-tanda pada musik seperti kapan harus pelan, dan kapan harus lambat, kapan suara harus berat kapan suara harus ringan. Berdasarkan pengalaman, mempelajari musik bukanlah hal yang mudah. Kita harus focus dengan notasi, dan juga harus memproduksi suara yang pas.

Disamping itu, ketika menyanyikan lagu, maka nada-nada yang dikeluarkanpun harus sesuai dengan notasi, sehingga didapatlah notasi yang pas dan sesuai. Jika sudah benar notasinya, kita masih harus berbicara dinamika, jadi belajar bagaimana intepretasi dari lagu itu sendiri. Benar-benar membutuhkan konsentrasi tinggi.

So, jangan pernah remehkan orang yang belajar bernyanyi ya. Semua orang memang diajarkan untuk bisa bernyanyi, namun tidak semua orang paham akan esensi musik, dan tekhnik bernyanyi yang benar. Disitulah letak keistimewaan musik, yang mana harus dinyanyikan sesuai dengan tekhnik, dinamika, tempo, dan ritmik yang sesuai dengan apa yang composer inginkan.

Wah.. jika anda bisa maka anda adalah orang yang hebat. Dan semua itu, memaksa otak kita bekerja lebih keras, jadi pemusik terbiasa dengan daya piker yang keras sehingga akan lebih jeli dan kritis dalam suatu hal, danyang paling penting, penyanyi haruslah responsive terhadap keadaan.

Wah ternyata cukup sulit ya memahami musik dan sebuah lagu. Bernyanyi memanglah mudah, namun menciptakan harmoni yang indah itulah yang sulit. Banyk fakta yang ternyata membuat kita sadar, bahwa musik bukan hanya berfungsi sebagi media hiburan dan menenangkan fikiran, namun juga melatih diti kita agar menjadi lebih jeli, lebih cerdas, dan lebih responsive dalam bersikap.

Penyanyi yang sudah memiliki jiwa-jiwa yang telah disebutkan diatas adalah penyanyi yang baik. Dan penyanyi yag hebat adalah penyanyi yang paham dan mengaplikasikan ilmunya dikehidupan sehari-hari. So, dapat bernyanyi dengan baik adalah anugerah, mendapat kecerdasan adalah anugerah, dan mengerti hati dan pikiran adalah anugerah, semua itu patut dijaga dan dipertahankan.

Maka jadikanlah musik sebagai teman anda, jadikan musik sebagai perantara berbuat baik, misalnya untuk merefleksi dan menenangkan fikiran. So, selamat mendengarkan music dan selamat mempelajari musik. Semoga bermanfaat!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.