Fakta Menarik anak Paduan Suara

Paduan Suara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah nyanyian bersama yang terdiri dari beberapa suara yaitu sopran, alto, tenor, dan bariton atau bass.

Paduan suara adalah sistem bernyanyi yang dilakukan secara bersama-sama atau tim yang lagu/ melodinya disusun secara padu sehingga menghasilkan suara yang padu dan menyentuh hati para pendengarnya. Dalam bernyanyi paduan suara dibutuhkan latihan tersendiri yang cukup memerlukan pemahaman yang dalam, dalam hal teknik dan konsentrasi dalam bernyanyi.

Namun siapa sangka bahwa dibalik hal tersebut, membuat penyanyi paduan suara menjadi lebih teliti dan berhati- hati dalam melakukan suatu hal. Dalam proses bernyanyi paduan suara yang disiplin, menyenangkan namun memerlukan konsentrasi yang tinggi tersebut juga menimbulkan munculnya beberapa fakta menarik dalam  diri para penyanyi paduan suara.

Advertisement

Fakta Menarik Paduan Suara

Berikut adalah fakta menarik yang ditemukan pada penyanyi paduan suara berdasarkan pengalaman saya:

Memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi;

Dalam bernyanyi paduan suara, setiap penyanyo dituntut untuk dapat memahami notasi dan memaknai isi lagu. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Ditambah dengan gerakan atau koreografi yang juga harus dihafalkan untuk mengekspresikan isi lagu. Maka dalam hal ini konsentrasi setiap penyanyi dibutuhkan demi terciptanya kolaborasi dan kualitas suara yang baik dan berkualitas.

Dapat membedakan antara speaking voice dan singing voice;

Dalam teknik menyanyi paduan suara. Setiap penyanyi wajib dapat membedakan antara speaking voice (suara berbicara sehari-hari) dan singing voice (suara ketika bernyanyi).  Speaking voice dan singing voice memiliki perbedaan pada placement (tempat produksi suara) dan suara yang dihasilkan. Sehingga pada saat memproduksi suara, suara yang dihasilkan pada saat bernyanyi akan memiliki kualitas  nada yang berbeda atau lebih nyaring dan halus dari biasanya. Dengan demikian itulah yang membedakan antara penyanyi dengan orang pada umumnya.

Lebih Teliti dan kritis

Penyanyi paduan suara dihadapkan oleh banyak notasi baik angka dan balok, juga disertai tanda  naik turun nada yang sulit dipahami oleh orang awam. Hal tersebut lah yang membuat para penyanyi paduan suara menjadi lebih teliti dan kritis dalam memperhatikan dan menilik lagu-lagu tersebut. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung membuat para lenyanyi menjadi terbawa pada kehidupan sehari-hari yaitu menjadi pribadi yang lebih teliti dan kritis dalam melihat suatu masalah yang dihadapi.

Lebih peka dalam mendengar suara nada.

Penyanyi paduan suara dituntut bernyanyi dengan homogen yairu memperhatikan produksi suara dari kesatuan tim. Dengan demikian, penyanyi paduan suara harus melatih kepekaan suara yang diproduksi oleh penyanyi paduan suara yang lain. Hal tersebut secara tidak langsung akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari dan membuat mereka menjadi pribadi yang lebih peka dalam memperhatikan dan mendengar suara. Itulah alasan mengapa penyanyi paduan suara akan memiliki tingkat kepekaan yang tinggi.

Lebih Talkative

Penyanyi paduan suara dituntut untuk selalu bernyanyi, mengulas dan mengulik lagu-lagu yang pernah dipelajari dan wajib dipelajari baik untuk kebutuhan latihan regular maupun prakompetisi. Sehingga seluruh penyanyi diharapkan mampu memberikan pendapat dan memproduksi suara yang baik. Disamping itu, pemahaman akan lirik, notasi dan makna agu juga harus diulas dan didiskusikan sedemikian rupa hingga taka da lagi keraguan dalam bernyanyi. Alas an tersebutlah yang membuat orang-orang yang tergabung dalam tim paduan suara menjadi lebih talkative atau senang menyampaikan argument. Dengan kata lain, mereka lebih suka berbicara dengan rekan-rekannya, baik dalam hal diskusi dan lain sebagainya.

Lebih berani dalam berekspresi dalam hal mimik wajah dan perasaan

fakta Paduan Suara
fakta Paduan Suara

Penyanyi paduan suara dituntut untuk dapat memainkan dua peran sekaligus. Menjadi penyanyi juga sebagai pengontrol mimic wajah yang dapat mengungkapkan perasaan sesuai dengan isi dan makna lagu. Sehingga pada kesehariannya, penyanyi paduan suara akan cenderung lebih ekspresif dibandingkan orang pada umumnya. Untuk itu tak heran jika penyanyi paduan suara menjadi lebih berani memainkan peran wajah dan perasaan, karena telah terbiasa dilatih dalam dunia bernyanyi.

Lebih Disiplin

Erat kaitannya dengan disiplin, seorang penyanyi harus memiliki jiwa yang disiplin dan taat pada peraturan, baik dalam manajemen waktu latihan dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan seorang penyanyi paduan suara harus mampu menguasai lagu-lagu dan ritme yang diajarkan dengan cepat. Akibatnya, jika seorang paduan suara tidak memiliki jiwa kedisiplinan yang tinggi, mereka tidak akan berhasil dalam membentuk suatu tim yang baik dan suara yang berkualitas. Itulah mengapa penyanyi paduan suara cenderung memiliki tingkat kedisiplinan yang baik.

Memiliki nafas yang panjang

Selanjutnya, hal yang sangat wajar dimiliki oleh seorang penyanyi paduan suara adalah memiliki nafas yang panjang. Bagaimana tidak, dalam berlatih paduan suara, pelatih akan mengajarkan bagaimana caranya mengatur pernafasan dengan baik agar para penyanyi dapat memproduksi suara yang melengking dan mempertahankan nafasnya agar tetap bertahan hingga nada tertentu yang harus dicapai. Untuk itu penting sekali dalam paduan suara, untuk memiliki tingkat pernafasan yang baik. Yang ada akhirnya membuat para penyanyi memiliki nafas yang panjang.

Nah itulah beberapa fakta menarik yang ditemukan pada penyanyi paduan suara yang pada dasarnya dipengaruhi oleh lingkungan dan proses latihan yang dilakukan secara konsisten terus menerus, yang akhirnya menimbulkan fakta-fakta menarik muncul dalam diri paduan suara. Semoga bermanfaat!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.