10 Pekerjaan yang Memiliki Prospek Jangka Panjang

Banyak yang berfikir, “Kalau sudah lulus kuliah mau kerja apa?, sekarang tidak terlalu banyak lowongan kerjaan yang menjanjikan!”. Sebuah fenomena kekhawatiran yang nyata bagi para mahasiswa tingkat akhir, padahal sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa digeluti berdasarkan kemampuannya, dan tergolong cukup menjanjikan.

Anda mungkin saja berfikir bahwa anda tidak melihat kesempatan bagi anda, padahal sesungguhnya ada banyak pekerjaan yang sudah menanti yang belum anda sadari.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang masih memiliki prospek jangka panjang yang cukup bisa membuat hati anda menjadi tenang:

Pengusaha

Pengusaha adalah pekerjaan yang dapat anda tekuni dan anda bangun sendiri. Tentunya setiap orang akan memiliki ide dan pemikiran masing-masing tentang bisnis apa yang akan dijalankannya.

Bagi anda yang tidak tahan dengan tuntutan kerja dan peraturan, anda dapat memilih pekerjaan sebagai pengusaha. Dimana, andalah yang harus bertanggung jawab, dan memiliki ide kreatif, inovasi, dan busnis plan yag baik. Bagaimana anda merancang bisnis anda dan melakukan promosi, sehingga orang-orang akan mau membeli dan bekerjasama dengan perusahaan anda.

Namun, perlu diingat bahwa, menjadi pengusaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, melainkan harus bekerja keras supaya bisnis anda dapat berjalan dan tetap bertahan ditengah himpitan dan persaingan yang keras dengan competitor.

Untuk itu, diperlukannya busnis plan yang baik, marketing plan yang jelas dan relasi yang banyak untuk memperkuat pondasi bisnis anda. Anda harus benar-benar memahami bisnis dan anda jalankan, dan menenetukan market place yang sesuai, sehingga anda dapat membidik goal dengan tepat. Jika usaha ini berhasil, maka anda akan benar-benar menikmati hasilnya. Hasil dari usah pribadi biasanya akan lebih manis dirasakan dibandingkan sukses dari bisnis orang lain.

Pengajar

Tenaga pengajar baik guru, dosen, atau pengajar lembaga kursus, saat ini masih banyak sekali dibutuhkan didunia kerja. Pendidikan yang selalu dirancang sedemikian rupa agar terus dikembangkan membutuhkan banyak tenaga pengajar yang professional dibidangnya untuk dapat membantu mensukseskan program pendidikan dari pemerintah.

Menjadi tenaga pengajar sama dengan menjadi agen pembangun generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter. Untuk itu, pekerjaan ini adalah termasuk pekerjaan yang mulia. Dimana, kita dituntut sabar dalam menghadapi berbagai macam karakter da nisi kepala yang berbeda-beda. Disisi lain, prospek pekerjaan ini merupakan prospek pekerjaan jangka panjang dan bisa sewaktu-waktu naik kejenjang karir yang lebih tinggi, jika seorang pengajar dapat berhasil melewati uji tes PNS, atau mendapatkan sertifikasi.

Programmer / IT Developer

Selanjutnya yaitu programmer. Programmer adalah merupakan pekerjaan yang sangat sulit bagi kita yang tidak pernah mengenyam pendidikan IT. Namun, bagi para lulusan IT, programmer bukanlah hal yang serumit yang orang awam bayangkan, asal sudah mengetahui celah, rumus dan strukturnya, maka program akan tersetting dengan baik. Karena pekerjaan ini tergolong sebagai pekerjaan yang sulit, maka biasanya orang akan membayar mahal untuk satu program atau aplikasi tertentu.

Selain itu, IT developer yang dimaksudkan disini adalah pengembang IT yang bukan hanya sebagai programmer, tapi juga mengembangkan teknologi yang telah ada. IT developer seringkali melakukan esperimen terhadap teknologi atau alat yang telah ada, sehingga memiliki fungsi yang lebih dari apa yang seharusnya. Tentunya pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah. Maka tak heran jika uang yang didapatpun tidak sedikit.

Web Developer

Web developer adalah orang-orang yang mengembangkan aau membuat blog-blog tertentu untuk membuat berbagai jenis tulisan dengan tema tertentu, yang pada akhirnya dijadikan sebagai sebuah bisnis. Web developer bisa melayani pembuatan akun blog ataupun mengembangkan blognya sendiri menjadi sebuah ruang bisnis yang menjanjikan.

Design Grafis

Jika anda adalah orang yang ahli dalam hal mendesign, khususnya design grafis, maka inilah pekerjaan yang cocok untuk anda. Kemampuan design grafis akan selalu dibutuhkan oleh banyak instansi, karena banyaknya acara akan selalu membutuhkan design, baik design cover, backdrop, banner, dan lain sebagainya. Hal tersebut tidak akan mudah diselesaikan selain oleh orang yang ahli dalam bidang design grafis. Untuk itu, prospek pekerjaan ini cukup baik dan menjanjikan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Penerjemah

Bagi anda lulusan bahasa asing datau bagi anda yang memiliki keahlian dalam memahami bahasa asing yang banya, anda berkesempatan menjadi seorang penerjemah atau Translator. Pekerjaan ini memang termasuk pekerjaan yang cukup sulit dan tidak semua orang dapat melakukannya, karena mengingat bahw dalam menerjemahkan sesuatu akan sangat jauh berbeda dengan berbicara atau menulis pada umumnya.

Kita harus mengetahui padanan kata atau frasa yang tepat, dan penerjemah perlu membaca banyak buku pengetahuan untuk sekali menerjemahkan. Namun jangan salah, gaji penerjemah , jika sudah professional, dalam beberapa jam saja akan dapat mencapai jutaan rupiah tergantung tingkat kesulitan yang diterjemahkannya. Wah keren banget!

Konsultan Engineer

Pekerjaan yang berkaitan dengan tekhnik akan banyak sekali dicari oleh para pegusaha atau pemerintah untuk melakukan suatu proyek. Dan untuk membantu merancang semua bangunan atau proyek, selalu dibutuhkan orang yang ahli dalam menganalisanya. Untuk itu, jika anda adalah lulusan tekhnik, anda akan memiliki kesempatan baik menjadi seorang konsultan.

Konsultan teknik bangunan, baik gedung maupun jalan. Dan tentnya hal terseut bukanlah hal yang mudah, karena jika ada kesalahan sedikitpun, maka akan sangat berakibat fatal bagi semua orang terutama pada konstruksi bangunannya. Maka disini, seorang konsultan wajib menganalisa dengan baik tentang apa saja yang perlu dipersiapkan, disetting, dan menggunakan takaran yang seberapa. Tentunya dibalik pekerjaan yang sangat sulit ini, seorang engineer consultant juga memiliki gaji yang relative besar, sebanding dengan usaha pikiran yang keras.

Itulah kira-kira beberapa pekerjaan yang masih memiliki prospek yag sangat baik dikemudian hari. Tentunya, penjelasan ini belum menyentuh semua peluang kerja yang memiliki prospek baik dikedepannya, karena masih banyak pekerjaan lain yang juga memiliki peluang kerja dan jenang karir yang baik dimasa yang akan datang. Tugas anda adalah hanya mencari, menemukan, dan mengusahakannya dengan keras. Jika anda masih menjadi seorang mahasiswa, maka belajarlah dengan keras untuk memahami ilmu dibidang anda, agar nantinya anda dapat memaksimalkan pengaplikasiannya didunia kerja.

Semoga bermanfaat dan salam semangat!!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.