Skip to content

Siapa Pendiri GOJEK? Berikut Biografi Pendiri Gojek Nadiem Makarim

Apa itu GOjek

Gojek adalah sebuah aplikasi online yang menyediakan multi layanan mulai dari transportasi, pesan antar makanan, belanja, kirim barang, pembayaran, pijat, sampai bersih bersih rumah dan kendaraan semua disediakan oleh aplikasi gojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 dan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Gojek menawarkan layanannya melalui aplikasi seluler, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan dengan hanya beberapa ketukan pada smartphone mereka. Layanan transportasi online Gojek mirip dengan Uber atau grab, sementara layanan pengiriman makanannya bersaing dengan platform populer lain seperti GrabFood dan Deliveroo.

Selain layanan inti ini, Gojek telah berekspansi juga pada layanan tambahan, seperti layanan keuangan dan e-commerce. Perusahaan ini menawarkan dompet digital, yang disebut GoPay, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan transfer uang, serta berbagai produk keuangan lain seperti pinjaman dan asuransi.

Gojek telah menjadi salah satu startup teknologi paling berharga di Asia Tenggara, dan telah menarik investasi dari sejumlah investor terkenal, termasuk Google, Tencent, dan co-founder Facebook Eduardo Saverin.

Siapa Pendiri Gojek

Siapa Pendiri GOJEK
nadiem makarim pendiri gojek

GOjek didirikan oleh nadiem makarim yang saat ini menjabat sebagai mentri pendidikan. Nadiem Makarim dilahirkan di singapura tanggal 4 juli 1984, anak tunggal dari Nono Anwar Makarim dan Antika Algadri.

kapan dan Bagimana Gojek didirikan

gojek mulai didirikan pada tahun 2010 dengan layanan pertama yaitu pemesanan ojek melalui call center. lalu pada 2015 meluncurkan aplikasi dengan 3 layamam yaitu GoRide, GOSend dan Gomart. Yang kemudian hari layanan itu terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

Ide Awal GOjek dan tujuan Didirikannya Gojek

Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, seorang wirausahawan Indonesia yang pada saat itu sedang mengejar gelar doktor di Harvard Business School. Makarim mengundurkan diri dari Gojek pada Oktober 2019 untuk bergabung dengan Kabinet Presiden Indonesia sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah pengunduran diri Nadiem Makarim, Gojek menjadi perusahaan publik dengan dewan direksi yang dipimpin oleh Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dan Presiden Gojek. Saat ini, Gojek tidak memiliki satu pemilik tunggal, tetapi sahamnya dimiliki oleh sejumlah investor, termasuk Google, Tencent, dan Facebook co-founder Eduardo Saverin.

Berangkat dari pengalaman pribadi nadiem yang sedikit kesulitan mencari ojek serta hasil bincang bincang dengan ojek yang menunggu penumpang disini nadiem melihat adanya sebuah problem solving yaitu dengan mendirikan layanan ojek online yang bisa memudahkan kedua belah pihak baik dari sisi tukang ojek maupun sisi pengguna. Gojek diciptakan untuk menciptakan beragam solusi untuk permasalah yang ada di masyarakat. terutama kemacetan dan trasnportasi yang aman

Fakta yang perlu diketahui Tentang Gojek

Saat ini Gojek mampu memberikan dampak ekonomi yang luas untuk masyarakat di indonesia, menciptakan banyak lapangan kerja baru, serta memantu meningkatkan kualitas hidup para driver dan pekerja jasa lainnya.

Apa Saja layanan yang ditawarkan oleh gojek?

seperti yang sudah di singgung sebelumnya beberapa layanan yang disediakan gojek meliputi:

  • transportasi (motor dan mobil)
  • pesan antar makanan (go Food)
  • belanja
  • kirim barang
  • pembayaran
  • pijat
  • bersih bersih rumah dan kendaraan

Apa Kelebihan Gojek

Mengutip dari laman resmi gojek, setidaknya ada 3 pilar yang ditawarkan gojek diataranya adalah:

  1. kecepatan, yaitu pelayanan yang cepat
  2. inovasi, untuk selalu memperbaiki layanan untuk kemudahan pengguna
  3. dan dampak sosial positif bagi semua pengguna gojek

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: