Kategori
budidaya

7 Usaha Agribisnis Rumahan Paling Menjanjikan

Memiliki usaha yang menjanjikan sekaligus memiliki prospek cemerlang tidak sesulit yang dibayangkan. Jika Anda berfikir bahwa bisnis tidak bisa dijalankan dari rumah, sepertinya hal itu tidak berlaku lagi di masa sekarang. 

Kini usaha agribisnis rumahan juga bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi. Selain itu, usaha ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi konsumsi harian keluarga. Selain menghemat pengeluaran untuk belanja sayur dan buah, juga lebih segar karena dipanen langsung sebelum diolah.

Usaha agribisnis rumahan cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pendapatan sampingan namun tidak ingin sibuk bekerja di luar rumah. Usaha ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang suka bercocok tanam namun memiliki lahan sempit. 

Usaha agribisnis rumahan dapat memanfaatkan lahan di sekitar rumah Anda. Halaman samping yang mungil bisa dimanfaatkan untuk membudidayakan tanaman di dalam pot, atau membuat bedeng sederhana untuk budidaya jamur. 

Halaman belakang bisa disulap menjadi kolam untuk membudidayakan ikan hias. Berikut penjabaran prospek usaha agribisnis rumahan yang menjanjikan bagi Anda.

Keuntungan Usaha Agribisnis Rumahan

Memiliki usaha agribisnis rumahan tidak memerlukan banyak modal dan persiapan yang ribet. Usaha ini juga bisa dijalankan oleh siapa saja. Paling tidak ada lima prospek keuntungan usaha agribisnis rumahan.

  1. Dapat dijalankan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga dan remaja.
  2. Tidak memerlukan pengetahuan yang rumit. Cukup keuangan dasar dan pengetahuan agribisnis standar yang bisa didapatkan dari pelatihan singkat maupun internet
  3. Selain untuk menambah pemasukan keluarga, bisa juga untuk memenuhi kebutuhan pribadi
  4. Modal yang fleksibel, bahkan cenderung kecil karena sebagian peralatan dapat dibuat sendiri.
  5. Mendukung program go green karena sebagian alat dan bahan usaha ini dapat dimodifikasi dari barang bekas.

Jenis Usaha Agribisnis Rumahan

7 Usaha Agribisnis Rumahan Paling Menjanjikan - budidaya

Usaha agibisnis rumahan memiliki banyak jenis. Anda dapat memilih yang paling Anda kuasai, juga yang paling sesuai dengan keadaan tempat budidaya. Beberapa jenis usaha agribisnis yang dapat Anda kembangkan misalnya:

Hidroponik Sayuran dan Buah

Usaha ini sangat menjanjikan, mengingat gaya hidup masyarakat yang bergeser menjadi lebih care terhadap kesehatan. Harga sayuran hidroponik juga jauh lebih mahal di pasaran. 

Jika Anda bisa mengembangkan bisnis ini, maka laba yang Anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Menggiurkan sekali bukan?

Seperti layaknya usaha hidroponik lainnya, usaha hidroponik sayuran dan buah membutuhkan tempat yang tidak terlalu luas. Anda dapat memanfaatkan halaman rumah atau bahkan di rooftop. 

Ada banyak sistem hidroponik sayuran yang cocok untuk lahan sempit dengan budget ringan yang bisa Anda pilih. Uniknya, bisnis ini dapat Anda kombinasikan dengan budidaya ikan hias. Satu lahan dua usaha.

Tanaman Obat

Budidaya tanaman obat seperti jahe, kunyit, kumis kucing, daun dewa dan sirih merah, dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan halaman rumah atau di dalam pot. 

Tanaman obat yang telah dipanen dapat dipasarkan pada pengusaha jamu dan obat tradional, atau diolah terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Misalnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, atau diambil ekstraknya. 

Pemasaran hasil panen dapat dilakukan secara online dan offline, sehingga jangkauan target pasar lebih luas. Di beberapa daerah bahkan ada pemasar tanaman obat tradisional yang bersedia datang langsung ke tempat budidaya untuk membeli hasil panen. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menjual hasil panen Anda ke pasar.

Baca juga >>  Untung Besar dari Usaha Budidaya Jengkol

Budidaya Tanaman Hias

Masih ingat beberapa tahun lalu, saat anthurium dan aglonema menjadi primadona tanaman hias? Harganya melangit bahkan hingga jutaan, membawa berkah pada penanam dan pemasarnya karena laba yang dihasilkan berkali-kali lipat lebih besar dari modal. 

Budidaya tanaman hias memang merupakan bisnis yang sangat  menjanjikan. Usaha ini juga tidak memerlukan lahan yang luas, bisa memanfaatkan halaman rumah Anda. 

Poin plus dari usaha agribisnis rumahan ini adalah, bisnis ini bisa sekalian sebagai sarana penyaluran hobi. Bagi Anda yang memang hobi bertanam dan mengoleksi tanaman hias, kenapa tidak mencobanya? Hanya dibutuhkan ketelatenan, ilmu merawat tanaman-tanaman hias, dan publikasi yang bisa Anda lakukan di laman medsos atau dari mulut ke mulut. 

Ternak Ikan Koi

Ikan koi adalah ikan cantik berwarna-warni yang sering dijadikan sebagai ikan hias di kolam-kolam hias taman rumahan. Sebagian masyarakat, terutama di Jepang menganggap ikan ini akan membawa keberuntungan bagi pemeliharanya. 

Terutama jika dipelihara dalam jumlah ganjil. Jika Anda menyukai ikan ini dan senang memeliharanya, kenapa tidak sekalian saja dibisniskan? 

Budidaya ikan koi dapat dilakukan di kolam beton maupun kolam terpal.  Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan budidaya tanaman hidroponik. Tempat yang dibutuhkan tidak terlalu luas. 

Halaman belakang yang menganggur bisa dimanfaatkan untuk usaha ini. Menyenangkan bukan? Sambil menikmati lenggak-lenggok koi, sambil menikmati pemasukan dari hasil budidayanya.

Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang paling laris dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain untuk masakan rumahan, juga bisa untuk bisnis makanan, seperti jamur crispy. 

Jamur tiram juga tidak terlalu sulit dibudidayakan. Alat dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal, bahkan bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai lahan budidaya.

Anda bisa memasarkan jamur tiram secara online maupun offline. Dipasarkan di pasar tradisional maupun dititip ke warung dan swalayan, atau jika produksinya sudah lumayan banyak, bisa didistribusikan pada penjual makanan berbahan baku jamur. Anda suka memasak? Berbagai kreasi hasil masakan berbahan jamur tiram pun laris di pasaran.

Budidaya Kaktus

Tidak mudah mati, tidak butuh banyak perawatan dan air, serta tidak memerlukan lahan luas untuk menanamnya. Kaktus merupakan tanaman yang sangat mudah dibudidayakan. 

Kaktus imut di dalam pot kecil warna-warni sangat eye catching dan cocok untuk hiasan meja kerja maupun meja teras. Budidaya kaktus dapat Anda lakukan di lahan sempit, sehingga usaha ini cocok untuk Anda yang tinggal di perumahan dengan luas halaman terbatas.

Menjual Bibit Tanaman

Bagi Anda yang hobi bercocok tanam dan mampu melakukan  dan mengembangkan teknik budidaya tanaman, usaha menjual bibit tanaman ini sangat cocok. Anda dapat menjualnya sendiri di kios Anda, menjual melalui reseller, atau memanfaatkan sarana online hingga menjangkau target market yang lebih luas.

Tujuh prospek usaha agribisnis di atas sangat mudah dijalankan. Dapat dikelola oleh siapa saja dan modalnya tidak terlalu besar. Usaha ini juga cocok dijadikan family project untuk melatih jiwa kewirausahaan anak-anak Anda. 

Selain juga sebagai sarana menyalurkan hobi bagi Anda yang memang menyukai kegiatan berkebun dan bercocok tanam. Luar biasa bukan? Jadi jika di tahun 2020 ini salah satu resolusi Anda adalah memiliki bisnis sendiri, usaha agribisnis rumahan seperti contoh-contoh di atas patut dicoba. 

Oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.