10 April 2020

Apakah Midi controller itu wajib dalam proses pembuatan musik

Apakah Midi controller itu wajib dalam proses pembuatan musik, apakah perlu kita membeli midi controller untuk pemula. pada artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya selama menggunakan Midi controller. selamat membaca

Apa itu Midi controller

Midi controller adalah sebuah hardware yang fungsinya memudahkan pengoperasian aplikasi khususnya daw atau digital audio workstation.
Kalau kamu tahu keyboard dan Mouse jadi Midi controller ini kerjanya ya hampir sama dengan mouse dan keyboard cuman bedanya dia digunakan di dalam aplikasi pembuat musik saja.

midi controller
home sstudio saya


Di dalam program pembuat musik itu terdapat piano roll atau lebih mudahnya disebut piano virtual kan kalau mau dipencet dengan keyboard dan Mouse tidak bisa mengganti tuts piano asli, jadi menggunakan media controller ini sangat diperlukan Karena disana disediakan tuts yang mereplika bentuk piano pada aslinya.

Kelebihan menggunakan Midi controller

Bayangkan kalau kamu membuat rekaman musik dan kamu harus membeli semua peralatannya seperti gitar elektrik, bass elektrik, drum set, piano dan lain-lain tentu akan menghabiskan budget yang sangat besar sekali.
Nah kalau kamu mempunyai controller kamu bisa mendownload plug in suara tambahan untuk mereplikasikan suara suara instrumen tadi sehingga tidak perlu membeli instrumen musik aslinya jadi langsung bisa dimainkan dengan menggunakan Midi controller.

Apakah Tidak bisa membuat musik di daw tanpa Midi controller daw?

Bisa sangat bisa kamu bisa membuat musik hanya dengan memanfaatkan mouse dan keyboard tapi menggunakan Midi controller akan lebih memudahkan lagi karena kayaknya cara memainkan bagian instrumen musik dalam satu perangkat emang sendiri kamunya di dalam kamu gunakan.
Contohnya pada saat pengisian instrumen bass kan dia perpindahan notnya itu membutuhkan feel jadi nanti suara yang dihasilkan mirip dengan suara asli dan tidak terkesan robotik nyalakan musik keyboard biasanya hasilnya lebih cenderung robotik dan kaku. Midi controller juga support dengan velocity artinya semakin keras kita menekan tuts Piano pada Midi controller, suara yang dihasilkan juga akan semakin keras.

Baca juga >>  10 Dampak Positif Menjadi Anak Kost

Apakah Harga Midi controller itu mahal?

Sebenarnya bervariasi tergantung jenis midi controller yang kamu pilih, semakin bagus midi controller yang kamu beli 4 saja harganya semakin mahal, tapi untuk pemula seperti kita cukup dengan membeli Midi controller yang murah yang harganya 1 juta juga sudah bisa mendapatkan hasil yang maksimal dibanding dengan menggunakan mouse dan keyboard.

Apa midi controller yang saya rekomendasikan

Saya serahkan kepada anda sesuaikan saja dengan budget yang anda miliki, kalau saya membeli worlde panda Mini karena harganya yang murah sudah terdapat 8 buah pad untuk drum.
Selain itu ini juga banyak digunakan oleh youtuber pemula yang bermain di cover dan juga musik.

Berapa harga Worlde pada mini yang saya beli

Saya membelinya dengan kondisi second dengan harga rp600.000, tapi alhamdulillah yang saya dapatkan Kondisinya masih mulus dan terlihat masih jarang dimainkan. Kalau barunya mungkin masih harga 800 ribuan.

Bagaimana pendapat saya setelah menggunakan Midi controller

Yang jelas lebih mudah dalam menggunakan VSt yang ada di dalam terutama pada pembuat ketukan drum dan juga saat mengisi instrumen bass menjadi lebih mudah Padahal saya masih pemula dan sebelumnya belum pernah menggunakan media controller bahkan saya tidak pintar bermain piano.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang kegunaan Midi controller pada proses pembuatan musik, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya

SHARE:
gedget 0 Replies to “Apakah Midi controller itu wajib dalam proses pembuatan musik”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.