Kelebihan dan kekurangan Sony a5000

Kelebihan dan kekurangan Sony a5000 - review

Sony merupakan sebuah kamera mirrorless dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk ukuran kamera mirrorless Sony a5000 merupakan salah satu kamera mirrorless termurah dijenisnya(keluarga Sony Alfa).

Review Kamera mirrorless murah Sony a5000

Untuk kamu yang tertarik membeli Sony Alfa 5000 saya sudah rangkumkan beberapa kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan selama menggunakan Sony Alfa 5000

kekurangan dan kelebihan Sony Alpha 5000

Ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang rasakan selama menggunakan Sony Alpha 5000 kurang lebih selama 7 bulan.

Kelebihan Sony Alfa 5000.

Sony Alfa 5000 memiliki beberapa kelebihan diantaranya di antaranya:

  • Harganya yang terbilang murah untuk kamera sekelas.
  • Layar lCD/ tampilan dapat diputar ke depan jadi lebih memudahkan kita saat ingin membuat Vlog video.
  • Sudah tersedia wi-fi untuk menghubungkan dan mengirimkan langsung foto yang kita ambil lewat kamera ke dalam ponsel android yang kita miliki.
  • Ponsel pintar dapat kita manfaatkan sebagai remote untuk mengontrol Sony Alpha 5000 terutama dalam mengambil foto.
  • Port charging Bentuknya sama dengan charging pada smartphone sehingga mudah melakukan pengisian baterai tanpa melepas baterai dari kamera.
  • Port data untuk mengirim file juga menggunakan kabel yang sama dengan kabel handphone jadi kalau tidak ada charging bisa menggunakan charger HP Android.

Kekurangan Sony Alpha 5000

Berikut adalah beberapa kekurangan Sony Alpha 5000 yang saya rasakan selama menggunakan kamera ini beberapa bulan:

  • Tidak tersedia slot untuk mic eksternal, sedangkan mic bawaan itu jika di putar suara yang di hasilkan akan sangat kecil. Bisa diatasi dengan melakukan edit secara manual suara videonya pada saat editing video.
  • Tidak tersedia dudukan untuk flash eksternal di bagian atas kamera walaupun sebenarnya kamera ini sudah dibekali dengan flash bawaan. Namun untuk beberapa foto dalam keadaan gelap tentu saja flash ini masih kurang.
  • Sering ditemui permasalahan overheating atau kamera mati dengan sendirinya akibat terlalu panas padahal baru digunakan beberapa menit.
  • Pemanfaatan wi-fi yang kurang maksimal terutama pada mode remote dengan menggunakan smartphone karena tidak bisa mengambil video hanya bisa digunakan mengambil foto.
Baca juga >>  Apakah Midi controller itu wajib dalam proses pembuatan musik

Apakah Sony Alpha 5000 masih layak untuk digunakan

Secara keseluruhan menurut saya sony a5000 masih sangat layak digunakan terutama untuk kalian baru terjun ke dunia fotografi ataupun pembuatan video vloging terutama bagi youtuber pemula karena Sony Alfa 5000 sudah memiliki semua requirement yang diperlukan untuk memproduksi video dengan kualitas yang baik dan juga harganya tergolong sudah lebih terjangkau dengan harga bekas berkisar antara 3 sampai 4 juta dan menurut saya itu adalah harga yang cukup terjangkau bagi pemula.

Kelebihan dan kekurangan Sony a5000 - review
Kamera Sony a5000

Tips dan saran jika ingin membeli Sony Alfa 5000 bekas

  • Tips yang pertama kalau beli second pastikan tidak terdapat jamur dilensa, meskipun terlihat sepele nyatanya jamur pada lensa dapat mempengaruhi performa kamera , dan lagi jika ingin mengganti lensa harga Bawaan nya itu masih tergolong mahal harganya yaitu di antara 1 sampai 1,5 juta.
  • Yang kedua pastikan penjual memberi garansi barang minimal 3 hari atau kalau bisa 1 minggu setelah barang diterima supaya kamu bisa mengecek Apakah kamera yang kamu beli itu kondisinya masih bagus atau tidak.
  • Pastikan microphone kamera kamu masih bisa digunakan karena ada beberapa kamera Sony Alpha 5000 yang mikrofonnya itu bermasalah. Cek dengan cara merekam dan berbicara kemudian putar Apakah dapat menghasilkan suara atau tidak.

Nah mungkin itu saja semoga bermanfaat

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.