Kategori
karir dan pendidikan

Sumber Daya Alam, Jenis, manfaat dan Pengelolaan

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan dan dikelola oleh manusia dalam rangka memenuhi keperluan hidup.

Bijak dalam mengelola sumber daya alam

Kita tahu Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang melimpah, tetapi kita tetap harus bisa memanfaatkan dan juga mengelola nya secara bijak untuk memastikan agar sumber daya alam yang kita miliki tidak habis dan terbuang sia-sia.

Jenis Sumber daya alam

Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua yaitu:

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

yaitu sumber daya alam yang tidak akan habis dan selalu tersedia.

Ciri-cirinya sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah dapat dikembangbiakan dan juga dapat ditanam ulang serta memiliki keturunan. Biasanya sumber daya alam yang dapat diperbaharui berasal dari hewan dan juga tumbuhan. Sinar matahari gelombang laut, angin dan air juga terus diperbaharui oleh alam dan tidak pernah habis sehingga masuk ke sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

merupakan sumber daya alam yang ketersediaannya terbatas dan tidak dapat dibuat atau dibentuk lagi setelah habis. contohnya adalah minyak, batubara, logam dan gas bumi. Sumber daya alam ini biasanya memiliki harga yang mahal.

Pemanfaatan sumber daya alam

Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan banyak cara, contohnya sebagai berikut:

  • Sumber pangan, pangan adalah kebutuhan pokok manusia tanpa pangan manusia tidak akan bisa bertahan hidup, contoh sumber pangan adalah daging sapi, ayam, ikan, telur, padi, ubi-ubian, sayur-sayuran dan masih banyak lagi.
  • Sumber sandang, adalah sumber yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat pakaian contohnya kapas untuk benang dan pakaian, wol dari bulu domba, sutra dari ulat sutra.
  • Sumber papan, papan disini sebenarnya adalah kiasan untuk menggambarkan penggunaan sumber daya alam untuk keperluan manusia dalam hal tempat tinggal termasuk Perkakas rumah tangga misalnya kayu untuk membuat lemari, meja kursi dan lain-lain.
  • Produk kesehatan, sumber daya juga dibuat untuk membuat berbagai produk kesehatan, misalnya kunyit, temulawak, jahe untuk membuat jamu dan obat obatan.
  • Bahan bakar, sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk bahan bakar misalnya bensin untuk menghidupkan mesin kendaraan, solar untuk bahan bakar diesel, dan masih banyak lagi.
  • Sumber bahan bangunan, sumber daya alam juga bisa menghasilkan sumber bahan bangunan seperti batu, pasir, tanah dan masih banyak lagi sumber daya lainnya.
Baca juga >>  Pendidikan Tinggi Bukan Jaminan Masa Depan

Pembagian sumber daya alam berdasarkan manfaatnya

Kita dapat membagi sumber daya alam berdasarkan manfaatnya, menjadi:

  • Sumber daya alam untuk menghasilkan energi, misalnya matahari, angin, gas bumi, atau gelombang laut.
  • Sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku misalnya hutan, tanah dan juga lautan.
  • Sumber daya alam untuk rekreasi misalnya pemandangan alam, tempat wisata pantai, gunung dan lain-lain.

Pembagian sumber daya alam berdasarkan jenisnya

Sumber Daya Alam
Sapi dan PLTA

Berdasarkan jenis sumber daya alam terbagi menjadi:

  • Sumber daya alam hayati, adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. contohnya seperti hewan tumbuhan dan atau mikroorganisme.
  • Sumber daya alam non hayati, adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup misalnya batubara, udara, sinar matahari, air dan lain sebagainya.

Kenapa harus Memanfaatkan Sumber daya alam dengan Bijak

Meskipun sumber daya alam kita sangat melimpah kita harus tetap bijak memanfaatkannya, karena jika tidak dikelola dengan baik dan digunakan secara berlebihan, pengambilan sumber daya alam yang berlebih bisa merusak lingkungan dan juga mengganggu kelangsungan makhluk hidup lainnya serta bisa mengakibatkan kepunahan. bencana dan perubahan iklim merupakan bukti nyata bahaya pengambilan dan penggunaan sumber daya alam secara berlebihan.

minyak tidak bisa diperbaharui

Kita harus belajar menghemat dalam menggunakan sumber daya alam yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui seperti minyak. Hal ini untuk menjamin ketersediaan nya sampai anak cucu kita. pemborosan akan mempercepat sumber daya ini cepat habis.

Mungkin itu aja artikel kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya

Oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.