Kategori
artikel

Tips Membuat Home Studio Recording Sendiri

Alat-alat wajib yang diperlukan untuk membuat home studio recording sendiri

Apakah kamu seorang pemula yang ingin mempelajari tentang home studio recording. Nah pada artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya membuat home recording sederhana yang murah dan cocok untuk pemula dengan budget pas-pasan, beserta alat-alat yang diperlukan dan juga fungsi masing-masing alat tersebut supaya bisa membedakan mana yang harus diprioritaskan lebih dulu

Alur proses perekaman dari awal hingga membuat sebuah lagu

home studio recording
studio recording

Sound card dan audio interface

Sound card dan audio interface merupakan hal paling wajib yang pertama harus dimiliki sebelum membuat studio rekaman Hal ini dikarenakan sound card memiliki tiga fungsi utama yaitu:

  • Mengubah sinyal analog bisa berupa suara vokal ataupun suara yang dihasilkan oleh instrumen yang kita mainkan menjadi digital yang kemudian bisa dipahami oleh komputer untuk selanjutnya dikelola dan diproses karena komputer hanya memahami bahasa bineri.
  • Menjadi perangkat yang menghubungkan alat instrumen seperti gitar maupun instrumen lain yang kita miliki, karena umumnya kabel jack pada mikrofon dan gitar itu tidak bisa dicolokan langsung ke dalam komputer sehingga membutuhkan alat tambahan yang bisa untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, dan kebanyakan audio interface mendukung untuk kabel xlr maupun cek microphone biasa sehingga bisa terkoneksi dengan komputer
  • memberi daya pada perangkat mikrofon yang memerlukan listrik misalnya mic condenser yang memerlukan daya 48 volt.

Mikrofon apa yang kali saya rekomendasikan, di luar sana banyak sekali merk merk microphone ada yang dinamis ada juga yang kondensor yang membedakan hanya jika dinamis tidak memerlukan listrik kalau kondensor memerlukan listrik untuk rekaman lebih bagus menggunakan kondensor karena suara yang dihasilkan di detail. Perangkat yang saya gunakan saat ini adalah pm800 alasannya karena microphone ini merupakan mikrofon kondensor dengan harga yang paling murah yang ada di pasaran tapi kalau kalian bisa membeli yang lain yang lebih baik maka dianjurkan membeli yang lebih baik karena akan menghasilkan audio yang lebih baik.

Baca juga >>  Alasan Kenapa Wanita Berhak Untuk Bekerja

Audio interface apa yang bisa saya gunakan, sebenarnya kalian bisa menggunakan merek apa saja asalkan dia sudah support untuk memasukkan kabel xlr mic, kabel Jack gitar, dan juga sudah menyediakan Phantom power 48 volt itu sudah bisa digunakan. Kalau saya menggunakan audio interface yang paling murah yaitu Behringer um2 Alasannya karena audio interface ini sudah disediakan 3 buah inputan yang pertama untuk mic dan Jack instrumen, yang kedua hanya untuk instrumen, dan yang terakhir cek untuk memasukkan earphone untuk mendengarkan hasil rekaman secara live.

Instrumen-instrumen yang diperlukan untuk membuat musik

Apakah Midi controller itu wajib dalam proses pembuatan musik
home sstudio sederhana saya

Untuk menghasilkan sampel atau suara kita membutuhkan alat yang dapat menghasilkan suara sesuai dengan yang kita perlukan misalnya suara gitar maka kita memerlukan sebuah gitar.

Secara umum ada 3 cara untuk merekam suara gitar akustik yang pertama yaitu dengan menggunakan pre amp bawaan dari gitar akustik elektrik, kedua bisa merekam nya menggunakan mic.

Atau bisa juga dengan menggunakan Midi controller dengan memanfaatkan vst karena kita bisa langsung membuat suara di dalam aplikasi DAW dengan bantuan vst.

Midi controller yang saya rekomendasikan untuk pemula, kalian bebas menggunakan Midi controller apa saja karena secara umum di kontrol tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai kontrol midi suara. Tapi kalau saya menggunakan worldge panda Mini alasannya karena yang dikontrol ini sudah memiliki 8 pad, dan 25 tuts piano yang sudah cukup menurut saya dan juga harganya yang cukup murah

Memiliki DAw

Daw atau digital audio workstation merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengelola suara, merekam dan juga mengedit., banyak sekali tersedia di DAW di luar sana Contohnya seperti FL Studio, ableton, dan masih banyak lagi.
VST juga ada banyak ada yang free dan juga yang berbayar. vst cukup lengkap ada yang gitar, piano, dan juga effek. dll

Alur yang digunakan dalam membuat musik

  • Proses merekam gitar atau instrumen instrumen lainnya.
  • Proses mixing dan juga penambahan efek-efek lain yang mungkin diperlukan untuk memperindah suara yang dihasilkan
  • Proses penambahan vokal suara. Kemudian semuanya di export dalam format audio seperti MP3.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

Oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.