17 Mei 2020

Memilih hosting untuk Website

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan secara cermat jika ingin memindahkan website lama dari blogspot ke WordPress atau hendak membangun website baru adalah memilih hosting.

Memilih hosting

Kenapa memilih hosting itu penting?

Coba kita analogikan Memilih hosting itu dengan seseorang yang sedang memilih kendaraan kerja.
Tentu banyak faktor yang perlu diperhatikan, mulai dari kecepatan, space ruangan, desain, suport/services center, aksesori dan lain sebagainya.

Sama saja dengan hosting semakin baik kualitas hosting yang dipilih juga akan semakin baik performa situs terhadap mesin pencari dan tentu saja bagus juga untuk pengunjung kamu.

Pertimbangan Dalam Memilih Hosting

kalau Mencari Hosting berikut adalah hal yang wajib menjadi pertimbangan kamu:

Kecepatan

Kecepatan merupakan faktor utama yang harus kita pertimbangkan dalam memilih hosting, ini berkaitan erat dengan SEO, jangan berharap kamu dapat bersaing dengan situs besar atau muncul di pencarian teratas Google Search jika web kamu saja harus bekerja keras hanya untuk bisa diakses oleh pengguna, selain itu Kecepatan juga mempengaruhi user experience (UX), semakin cepat web diakses semakin baik juga untuk pengguna, semakin lama tentu akan membuat pengunjung bosan dalam menunggu bahkan bisa jadi akan meninggalkan website kamu karena tulisan yang tidak kunjung ditampilkan atau konten-konten yang tidak kunjung terbuka.

Space Yang ditawarkan hosting

Sebenarnya untuk space atau ukuran hosting itu bisa disesuaikan dengan keperluan, kalau kamu blogger pemula dan hanya memiliki beberapa konten artikel mungkin tidak terlalu memerlukan Space hosting yang besar, tapi beda ceritanya jika web kamu cukup besar atau kamu berencana mengelola website kamu dengan serius tentu saja konten yang dimiliki juga semakin hari semakin bertambah banyak, untuk itu perlu mencari hosting yang memberikan space yang besar juga perlu dipertimbangkan.

Apa gunanya Space hosting?

Space hosting ini nantinya berguna untuk menyimpan data-data website kamu seperti tema, plug in, artikel, media baik itu berupa foto video suara MP3, dan lain-lain.

Kemampuan Akses Situs/Visitors

Tahukah kamu selain space hosting hal yang nggak kalah penting jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih hosting adalah kemampuan akses situs, yang dimaksud dengan kemampuan ini adalah jumlah user yang dapat di tangani oleh hosting dalam satu waktu. Karena semakin banyak jumlah user yang mengakses web kita secara bersamaan tentu saja kerja hosting juga akan semakin berat, Nah ketidak mampuan hosting menangani pengunjung ini nantinya menjadikan website kamu down.

Down sering terjadi terutama jika kamu menggunakan shared hosting biasa, yang mana semua sumberdaya hosting akan dibagi bersama dengan beberapa user yang menyewa hosting.
Dan demi mencegah 1 user menghabiskan sumber daya hosting lebih besar dibandingkan dengan user yang lain biasanya pihak penyedia hosting akan membatasi jumlah visitor yang dapat mengakses web kita secara bersamaan.
Masalah ini tidak akan kamu temui kalau pengunjung kamu baru puluhan, tapi beda ceritanya kalau visitor kamu sudah masuk ke angka ratusan atau puluhan ribu.

untuk itu shared hosting masih saya rekomendasikan untuk pengguna baru. alasannya nanti akan kita bahas lebih dalam, lanjutkan membaca ya..

Support dari penyedia hosting

Sebagai pengguna hosting apalagi yang awam seperti saya. Biasa nanti kita akan sering menemui kendala selama menggunakan sebuah hosting, disinilah peran customer servis itu sangat diperlukan, carilah penyedia hosting yang bertanggung jawab, mau membantu kalau kamu kesulitan dan juga memberikan solusi apabila kamu menemui kendala yang berhubungan dengan website kamu.

Untuk itu saya sangat merekomendasikan kamu mencari hosting hanya dari penyedia yang memiliki nama dan reputasi yang baik dan juga bertanggung jawab.

Jangan sampai menyesal membuang uang hanya dengan pertimbangan paket hosting yang ditawarkan lebih murah.

Tapi baru dipakai sebulan atau dua bulan website kamu sudah sering down atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali. Tentu lebih rugi kan dan juga hal ini akan berdampak negatif loh terhadap website yang kamu kelola di mesin pencarian.

kalau hosting di Indonesia sebenarnya ada banyak tapi yang pernah saya coba dan lumayan bagus pelayanan nya domainesia, selain itu juga harga domain dan hosting disana lebih terjangkau, cek aja ini link nya hosting dan domain murah domainesia

Memilih berdasarkan jenis Hosting yang ditawarkan

Secara umum kita dapat membagi paket hosting itu menjadi tiga jenis, itu shared hosting, cloud hosting dan juga vps.

Apa perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting dan VPS?

Mungkin penjelasan ini akan panjang dan sangat membosankan untuk itu saya sarankan kamu menyiapkan kopi dan cemilan, sebelum membaca perbedaan Shared, Cloud dan vps. Tapi saya akan coba jabarkan dengan detail dan semoga nggak ada poin yang terlewatkan. Berikut perbedaan nya:

Shared hosting

Seperti namanya shared hosting (berbagi hosting) adalah sebuah paket hosting yang ditawarkan dengan sistem berbagi pakai, maksudnya sumber daya yang ditawarkan oleh paket hosting itu biasanya dibagi dengan jumlah penyewa, misalkan sebuah hosting disewa oleh 4 pengguna, maka sumber daya yang dimiliki penyedia hosting ya akan dibagi kepada empat orang pengguna. Jadi sumber dayanya semuanya dipakai secara bersama-sama, jika salah satu website berlebihan dalam menggunakan sumber daya yang ada maka website yang lain juga akan mengalami dampak penurunan performa.

Baca juga >>  Peran Jasa Pengiriman Dalam Perkembangan Bisnis Online Saat Ini

Cara mudahnya kamu bisa bayangkan sebuah komputer semakin banyak program yang kamu buka dalam waktu yang bersamaan tentu saja komputer yang kamu miliki akan menjadi semakin lelet.

Atau contoh lainnya kamu tinggal dikosan bersama 4 orang teman kamu, kamar mandi satu, kalau mau mandi kan gantian tu, jadi ya tentu lebih lama. Nah hal-hal macam gini ini juga terjadi pada shared hosting.

Tapi jangan kawatir, seperti yang saya singgung di atas, hal hal seperti penurunan performa tidak akan kelihatan kalau visitor kamu belum terlalu membludak.

Oh iya shared hosting ini memiliki Kelebihan yang nggak dimiliki jenis hosting lainnya, yaitu harganya murah dan sangat terjangkau.

Dibandingkan dengan paket hosting yang lainnya. Untuk itu paket ini Sangat Cocok digunakan untuk kamu yang baru memulai membuat website.

Cloud hosting

Cloud hosting merupakan penyempurnaan dari shared hosting, kalau shared hosting menggunakan resources dan dipakai secara bersama-sama, cloud hosting memberikan beberapa servers yang bekerja secara bersamaan dan saling membackup apabila ada satu server yang down atau mati maka secara otomatis server lain akan menggantikan kerja server yang mati tersebut sehingga website kalian tetap bekerja sebagaimana mestinya. Nah beberapa servers yang bekerja secara bersamaan ini kemudian umum disebut dengan istilah cluster.

Kelebihan utama dari menggunakan Cloud hosting adalah resources yang kamu miliki bisa secara otomatis ditambah atau dikurangi sesuai dengan keperluan.

Mungkin kalau kita istilahkan cara kerja Cloud hosting ini sama seperti sistem ojek online saat pelanggan membutuhkan jasa sistem otomatis akan memberi perintah pada driver yang memang sedang tersedia. Bedanya kalau di cloudhosting anda mungkin berjalan di server lain apabila server utama penuh menampung visitor dan mungkin juga akan kembali memakai server utama yang biasa melayani apabila sudah siap kembali.

istilah lain yang cocok adalah pengiapan, umumnya mereka punya banyak kamar dan kamar mandi kalau salah satu kamar sudah dihuni anda akan diberikan kamar pengganti dan nggak perlu lagi antri kamar mandi karena ada cukup banyak kamar mandi cadangan kalau misal yang satu sedang digunakan.

Berikut kelebihan Cloud hosting dibandingkan dengan shared hosting biasa:

  • Jarang terjadi down, alasannya sudah dijelaskan dianaloginya kan!
  • Semua kerja sistem ini dilakukan otomatis jadi anda tidak perlu melakukan apa-apa. 👌

Kekurangan Cloud hosting harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Mungkin Cocok digunakan oleh blogger yang memang sudah menghasilkan.

Virtual Private Server (VPS)

memilih hosting
ilustrasi VPS

Virtual private server dapat diartikan juga sebagai server pribadi virtual.

Meskipun namanya virtual, VPS resourcenya tetap dari server fisik, yang kemudian dia dibagi kedalam beberapa server virtual yang berjalan seperti dedicated server.

Kelebihan VPS Apa?

  • Merdeka sumber daya, karena disaat Anda menggunakan VPS sumber daya yang disediakan vps tersebut hanya akan digunakan oleh anda sendiri jadi tidak sistem berbagi seperti shared hosting dan juga Cloud hosting. KEREN KAN?
  • Performa yang kita peroleh pure penggunaan kita sendiri dan tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya.
  • Rasanya atau analogi yang tepat mungkin sama seperti kita memiliki rumah sendiri ya, kita bebas melakukan apa saja dengan Hosting anda.
  • Memungkinkan untuk mengakses ke root sistem dan melakukan modifikasi yang tidak bisa dilakukan jika kamu menggunakan hosting biasa. TAPI…

Ada juga Kekurangan Vps!

  • Sayangnya saking bebasnya bisa menjadi kekurangan juga pada vps karena disini kita harus mengelola hosting sendiri, termasuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.
  • Memerlukan pengetahuan lebih dalam terkait dengan server dan sistem operasi pada hosting yang digunakan.
  • Harga umumnya lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting dan cloud hosting.

Jadi Pilih yang mana Shared, Cloud atau VPS?

Sebenarnya untuk keputusan memilih shared hosting, Cloud hosting ataupun VPS dikembalikan lagi kepada kebutuhan dan tujuan kita membangun blog atau website apa..

Shared Hosting

Kalau kamu pemula seperti saya dan baru ingin memulai membangun sebuah website belum memiliki visitor dan juga artikel belum terlalu banyak maka shared hosting merupakan pilihan yang bijak terlebih bila blog belum menghasilkan, toh nanti bisa di upgrade, ya kan?? 😁

Cloud hosting

Cocok untuk blog yang telah menghasilkan, memiliki visitor, dan memang memerlukan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan shared hosting biasa.

VPS

VPS Jika dirasa memang shared hosting dan cloud hosting sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan layanan hosting kita, maka ini saat yang tepat untuk mencoba VPS.
VPS juga cocok untuk kamu yang memang tertarik ingin mempelajari lebih jauh tentang hosting atau ingin mencoba pengalaman baru yang lebih menantang.😁

Oh iya kalau hanya ingin coba coba misal instal os dan menjalankan wordpress di vps beberapa penyedia hosting memberikan trial 1 bulan untuk uji coba vps.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, mohon maaf kalu saya ada kesalahan, temen temen boleh kasih kritik dan saran dikolom komen dibawah, terimakasih telah membaca. sampai jumpa!

SHARE:
teknologi dan internet 0 Replies to “Memilih hosting untuk Website”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.