2 Oktober 2020

Kumpulan Peluang Usaha di Masa Pandemi Corona

Usaha di Masa Pandemi Apakah Masih Bisa?

Saat ini memang cukup berat bagi kita semua karena diwarnai dengan wabah covid-19 yang membuat segala kegiatan kita menjadi terbatas. Namun, bukan berarti kita harus pasrah apalagi putus asa dan berhenti berkreativitas dan bekerja. Ingat, aktivitas boleh terbatas, tapi kreativitas tanpa batas dan juga kita tetap memiliki kewajiban untuk memberi keluarga kita makan.

Jadi kita tetap harus berjuang karena Masih banyak Usaha di Masa Pandemi yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang diera pandemi seperi sekarang ini.

Sulitnya Mencari Penghasilan dimasa Pandemi

Kita semua tahu bahwa pandemi viros corona memaksa kita untuk bisa bertahan hidup (survive) dengan segala keterbatasan, terbatas ruang gerak hingga ekonomi kita pun ikut berdampak. Hingga kabar terkini, bahwa wabah corona semakin berkembang secara masif. Dampaknya menyerang hingga ke beberapa sektor, salah satunya perekonomian industri.

Siapa yang terkena dampak pandemi?

Dampak corona mengenai hampir setiap kalangan baik itu usaha perorangan, UMKM, sampai perusahaan besarpun ikut terkena imbasnya juga hingga akhirnya Banyak karyawan terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), banyak orang yang akhirnya penghasilan pun berkurang atau bahkan hilang.

Memutar otak untuk tetap mempeoleh penghasilan dimasa pandemi

Ditengah keterbatasan ini kita tetap berfikir positif dan terus mencari solusi dan berfikir kreatif mencari ide peluang usaha Usaha di Masa Pandemi apa yang bisa kita kita lakukan selama masa pandemi ini.

Nah berikut saya rangkumkan beberapa ide usaha yang mungkin bisa dikerjakan selama pandemi Corona  

Kumpulan ide Peluang Usaha di Masa Pandemi

Berikut adalah peluang Usaha di Masa Pandemi yang bisa Anda coba.

Usaha di Masa Pandemi
ilustrasi seorang pelaku usaha online

Menjual masker dan Handsanitizer

Masker  dan handsanitizer merupakan barang wajib yang harus dimiliki saat ini, karena ketika melakukan aktifitas diluar ruangan protokol kesehatan mewajibkan kita untuk selalu mengenakan masker dan handsanitizer adalah alternatif untuk cuci tangan jika tidak terdapat air dan sabun untuk mencuci tangan, sehingga masker dan handsanitizer bisa menjadi pilihan tepat Usaha di Masa Pandemi yang seperti sekarang ini.

Jika kebetulan rumah anda dengan dengan pinggir jalan anda bisa menjual secara langsung, tetapi kalau tidak anda tetap bisa berjualan dengan memanfaatkan media sosial dan juga toko online yang ada di Indonesia misalnya seperi tokopedia, shopee atau bukalapak.

Jualan Makanan

Bagaimana pun kondisi masyarakat, baik sedang dalam masa pandemi ataupun tidak manusia tetap saja membutuhkan makanan, karena makan adalah kebutuhan pokok manusia. Jadi, bisa dibilang bahwa makanan adalah salah satu peluang Usaha di Masa Pandemi yang patut kita coba.

Memang sektor industri saat ini sedang dibatasi segala aktivitasnya. Namun beda halnya dengan sektor makanan yang masih diperbolehkan untuk tetap beroperasi. Karena makanan adalah kebutuhan pokok sehingga tetap Boleh beroperasi namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19 misal tidak boleh makan ditempat dan harus dibungkus. 

OH iya anda bisa mencoba mendaftarkan warung makan anda ke penyedia makanan jasa ojek online karena saat ini cukup banyak orang yang membeli makanan menggunakan jasa ojek online.

Jualan Kuota

Mungkin kuota dan pulsa dianggap sepele tetapi keadaan yang mengharuskan kita melakukan semua secara online termasuk kerja, mencari hiburan, di tambah lagi sekarang sekolah pun secara online tentu akan meningkatkan penggunaan kuota, untuk itu jualan kuota bisa menjadi pilihan tepat Usaha di Masa Pandemi yang bisa anda kerjakan dimasa sulit seperti sekarang ini.

Baca juga >>  Jualan yang cocok depan pasar

Berjualan keperluan lain secara Online

Karena kita masih bisa online saat menjalani PSBB alias Social Distancing kita dianjurkan untuk tidak banyak melakukan aktifitas diluar ruangan kecuali memang sangat penting, termasuk kegiatan berbelanja. Jadi, bisa dibilang kalau usaha online bisa menjadi solusi kita di masa pandemi ini.

Bahkan sebelum adanya wabah corona, usaha online sudah cukup populer di kalangan mana pun. Sifat usaha online ini bisa dibilang sangat fleksibel dan beragam. Ada berbagai macam usaha yang bisa dijalankan melalui daring. Cukup memanfaatkan laptop atau HP sebagai media perangkat dan kuota interet untuk terhubung ke masyarakat.

Keuntungan melakukan usaha online di masa pembatasan sosial ini adalah, bahwa masyarakat tidak keluar rumah karena banyak jasa pengiriman melakukan pickup (pengambilan) barang dagangan langsung kerumah anda. Jadi, di sini Anda bisa manfaatkan hal itu untuk melakukan usaha online. Alias anda bisa berdagang hanya dari rumah saja.

Dengan memanfaatkan berbagai e-commerce, Anda bisa menjual apa pun di sana. Sehingga usaha online bisa lancar dalam mencari pelanggan. Atau Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Banyak kok saya jumpai dilingkungan saya yang memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, facebook atau instagram untuk berjualan.

Jasa Desain Grafis

Tak menutup kemungkinan, mulai banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan seorang desainer grafis freelance. Biasanya mereka membutuhkan untuk cetak undangan, membuat mock up, logo, banner, atau yang lainnya. Ditambah lagi di masa wabah corona ini, banyak karyawan yang dirumahkan. Dengan begitu, kebanyakan perusahaan akan menyewa seorang desain grafis secara online dan berharap menemukan seorang desainer yang handal, profesional, dan bisa dibayar murah.

Ingat, di sini Anda boleh memasang harga murah, tapi tidak murahan. Bukan soal merusak harga pasar, melainkan Anda juga perlu memperhatikan kualitas apa yang Anda jual. Entah itu jasa maupun produk. Dengan begitu, perusahaan atau klien Anda akan suka dengan hasil kerja Anda, dan mereka akan menggunakan jasa Anda lagi.

Untuk anda yang memiliki kelebihan khusus misal membuat desain, animasi atau keahlian lain dan ingin menawarkan jasa anda, anda bisa mencoba bisa buka freelencer.com atau situs penyedia jasa online lain dan melihat lihat kalau ada lowongan yang cocok dengan keahlian anda.

Membuka Jasa Tulis Artikel

Jika Anda punya bakat menulis entah fiksi atau non fiksi, jasa tulis artikel bisa menjadi peluang usaha di masa pandemi ini. karena pada dasarnya, menulis bisa dilakukan hanya di rumah saja, hanya memanfaatkan laptop dan koneksi internet anda bisa menghasilkan uang.

Anda bisa coba masuk ke grup yang umum memerlukan jasa penulis seperti blogger indonesia, wordpress indonesia dan grup lain yang mungkin memerlukan jasa anda dan coba posting disana.

Nah mungkin itu saja ide usaha yang cocok dikerjakan dimasa pandemi corona seperti sekarang ini, semoga bisa memberi informasi yang berguna dan semoga saja pandemi ini segera berlalu agar kita bisa beraktifitas dan bekerja seperti biasanya.

Sampai jumpa diartikel berikutnya.

SHARE:
peluang usaha 0 Replies to “Kumpulan Peluang Usaha di Masa Pandemi Corona”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.