Elon Musk

Siapa Elon Musk? Ini Biografi dan Kisah Suksesnya

Saya yakin anda yang membaca tulisan ini pasti pernah mendengar nama elon musk, elon merupakan salah satu orang yang paling sering menjadi pembicaraan saat ini. Hal ini karena elon berhasil menciptakan teknologi dan inovasi yang dianggap sangat berpengaruh untuk umat manusia. Dia juga menjadi salah satu orang terkaya didunia saat ini.

Elon Musk itu siapa sih?

Elon Reeve Musk FRS atau sering dikenal dengan nama elon musk adalah seorang tokoh yang merupakan bisnisman, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri, CTO, dan CEO SpaceX, CEO dan arsitek produksi Tesla, pendiri The Boring Company, dan penggagas Neuralink.

Elon musk merupakan Tokoh Penemu yang revolusioner

Elon Musk telah bekerja untuk merevolusi transportasi baik di Bumi melalui pembuat mobil listrik Tesla dan di luar angkasa, melalui produser roket SpaceX.

Pendidikan Elon musk

Elon Pernah kuliah perdagangan di Queen’s School of Business selama dua tahun, mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari the Wharton School of the University of Pennsylvania dan sarjana fisika.

Musk juga Melanjutkan Studi Ph.D. Fisika ke Stanford University pada tahun 1995 namun hanya mengikuti kelas selama 2 hari untuk melanjutkan karirnya dengan mendirikan Zip2, Musk juga ikut berperan dalam berdirinya PayPal. .

Berapa Kekayaan Elon Musk? Dari mana kekayaan Elon musk berasal?

Forbes 7 desember 2020 mencatat kekayaan elon musk saat ini mencapai $134.7B Secara singkat sumber utama Kekayaan elon musk berasal dari Tesla, SpaceX, boring compeny. Dan masih banyak lagi.

Hal hal yang diciptakan oleh elon musk

  • Flamethrower(Pistol Peluncur api)
  • tesla
  • SpaceX (Perusahaan trasnsportasi luar angkasa)
  • Neuralink chip (ini adalah sebuah chip yang bertujuan untuk menggabungkan otak manusia dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence/AI)
  • Starlink (Satelit internet) dll

Biografi singkat elon musk

elon musk
elon musk
  • Elon musk dilahirkan 28 Juni 1971 , Pretoria, Afrika Selatan, saat ini berusia 49 tahun
  • Ibunya bernama Maye Musk, seorang model dari Regina, Saskatchewan, Kanada. Ayahnya adalah Errol Musk, seorang ahli elektromekanika, pilot, dan juga pelaut.
  • Organisasi didirikan: Tesla, Inc., SpaceX, Neuralink, PayPal, The Boring Company, Zip2, OpenAI, X.com, Musk Foundation
  • Saat ini elon bertempat tinggal di Los Angeles, California
  • Kewarganegaraan Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.
  • Memiliki 7 anak
  • Elon merupakan Lulusan Sarjana Seni / Sains, Universitas Pennsylvania
  • Pasangan : Talulah Riley (2013–2016), Talulah Riley (2010–2012), Justine Musk (2000–2008)
  • Elon memiliki seorang adik laki-laki bernama Kimbal (lahir pada 1972) dan adik perempuan, Tosca (lahir 1974).
  • Neneknya berasal dari Britania Raya, sementara kakeknya berasal dari Amerika Serikat.
  • Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1980, Elon tinggal bersama ayahnya di Pretoria.

Kisah Perjalanan Hidup Elon Musk

Elon kecil, nerupakan seorang anak yang sangat fokus dan senang membaca. Bahkan saat berusia 10 tahun, dia telah membaca hampir semua buku di toko buku dekat rumahnya. Elon gemar membaca buku apapun baik itu fiksi, kimia, fisika dan jenis bacaan lainnya.
Karena terlalu fokus dalam membaca, elon sering tidak dapat mendengar orang lain berbicara dengannya. Hingga kedua orang tuanya maupun dokter mengira dia memiliki masalah pendengaran. Sehingga, diminta menjalani operasi untuk meningkatkan pendengarannya.

Sejak kecil, Elon sangat senang membaca dan belajar. Pada usia 10 tahun, ia mulai tertarik dengan mempelajari teknik komputer. Pada usia 12 tahun, ia belajar pemrograman dan berhasil membuat serta menjual kode komputer pada majalah komputer untuk sebuah gim yang ia beri nama Blastar dengan harga $500.

Elon lulus dari Pretoria Boys High School dan pindah ke Kanada tahun 1989 pada usia 17 tahun untuk menghindari wajib militer di Afrika Selatan.

Tahun 1992, setelah belajar selama dua tahun di Queen’s University, Kingston, Ontario, elun pindah ke Wharton School di University of Pennsylvania dan memperoleh gelar S1 dalam bidang ekonomi dan S1 kedua dalam bidang fisika. Ia pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam bidang fisika terapan di Stanford namun keluar setelah dua hari demi mengejar keinginannya untuk berwiraswasta di sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

kemudian berimigrasi ke Kanada pada usia 17. Dia mendarat di AS sebagai mahasiswa pindahan ke University of Pennsylvania.

Perjalanan Karir elon musk

berikut perjalanan karir elon musk hingga saat ini

Zip2

Karir awal elon dimulai dengan mendirikan perusahaan perangkat lunak web bersama Zip2 bersama adiknya Kimbal Musk. Zip2 adalah Perusahaan yang mengembangkan dan memasarkan “panduan kota” Internet untuk industri penerbitan surat kabar (mirip seperti google map).

Kemudian Musk di kontrak oleh New York Times dan Chicago Tribune dan membujuk dewan direkturnya agar mau membatalkan rencana merger dengan perusahaan CitySearch. Sampai akhirnya Compaq mengakuisisi Zip2 senilai US$307 juta secara tunai dan US$34 juta dalam bentuk opsi saham pada tahun 1999. Muskpun menerima 7% atau $22 juta dari penjualan tersebut.

X.com dan PayPal

Pada Maret 1999, Hasil penjualan Zip2 sebesar $10 juta Musk memanfaatkan untuk mendirikan layanan keuangan dalam jaringan bernama X.com.

Musk menjadi ketua perusahaan dan menerima modal sebesar $25 juta dari firma modal usaha Sequoia Capital. Perusahaan ini mulai meluncurkan layanannya pada Desember 1999 yang menyediakan rekening dan kartu tunai Internet.

Beberapa bulan kemudian X.com mengakuisisi Confinity, perusahaan yang mengoperasikan layanan transfer uang bernama PayPal. Pendiri pendamping Confinity, Max Levchin, dan salah satu investor perusahaan mendepak Musk dari jabatannya sebagai CEO X.com. Sistem PayPal baru berusia beberapa bulan dan Musk merasa PayPal punya masa depan yang menjanjikan. Musk dan Harris kali ini tidak sepakat dan Harris keluar dari perusahaan pada Mei 2000.

Oktober 2000, Musk memutuskan menghentikan x.com dan berfokus pada layanan uang PayPal dan berganti nama X.com menjadi PayPal. Pada Februari 2002 paypal diakuisisi eBay senilai $1,5 miliar dalam bentuk saham pada akhir 2002. 11,5% saham Musk atas perusahaan terakuisisi ini berbuah $165 juta dalam bentuk saham eBay

SpaceX

Juni 2002 Musk mendirikan perusahaan ketiganya, Space Exploration Technologies (SpaceX) dan menjabat sebagai CEO dan CTO. SpaceX mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa dengan memajukan teknologi roket. Dua wahana luncur pertama buatan perusahaan ini adalah roket Falcon 1 dan Falcon 9. Wahana antariksa pertamanya adalah Dragon.

Pada 23 Desember 2008 SpaceX memenangkan kontrak NASA senilai $1,6 miliar untuk 12 penerbangan roket Falcon 9 dan wahana antariksa Dragon ke ISS (International Space Station). Saat ini elon masih menjabat sebagai CEO dan CTO perusahaan yang berpusat di Hawthorne, California ini.

Tanggal 25 Mei 2012, wahana SpaceX Dragon merapat di ISS dan membuat SpaceX perusahaan komersial pertama yang meluncurkan dan merapatkan wahananya di International Space Station.

Tesla Motors

Elon Musk merupakan salah satu pendiri Tesla Motors saat ini menjabat sebagai kepala desain produk. 22 Juni 2012 Tesla meluncurkan sedan Model S empat pintu dan 9 Februari 2012 Model X untuk pasar SUV/minivan yang mulai diproduksi tahun 2014.

Selain mobilnya, Tesla menjual sistem powertrain listrik ke Daimler untuk mobil Smart EV dan Mercedes A Class dan ke Toyota untuk mobil listrik RAV4. Muskpun berhasil membuat kedua perusahaan tersebut mau menanamkan modal jangka panjang di Tesla.

Musk lebih memilih produksi mobil subkompak dibawah $30.000 dan membuat serta menjual komponen powertrain mobil listrik supaya produsen mobil lainnya bisa memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau tanpa perlu mengembangkan sendiri komponennya.

SolarCity

Musk adalah pengusung konsep awal SolarCity, perusahaan yang jabatan ketua dewan dan sebagian besar sahamnya dipegang oleh Musk. SolarCity adalah penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat.

Hyperloop

12 Agustus 2013, Musk meluncurkan hyperloop”, mesin perjalanan udara subsonik yang merentang sekitar 350 mil (560 km) dari Sylmar (sebelah utara Los Angeles) hingga Hayward (sebelah timur San Francisco) yang secara teoretis memungkinkan komuter bepergian antarkota dalam waktu 30 menit atau kurang

OpenAI

Desember 2015, Musk mengumumkan pendirian OpenAI, sebuah perusahaan riset kecerdasan buatan nirlaba (AI). OpenAI bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan umum buatan dengan cara yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia, (kemungkinan ini ada hubungan nya dengan self driving car yang dimiliki ditesla saat ini)

Neuralink

2016, Musk mendirikan Neuralink, sebuah neuroteknologi perusahaan startup untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan.

Berpusat pada menciptakan perangkat yang dapat ditanamkan di otak manusia, dengan tujuan akhirnya membantu manusia bergabung dengan perangkat lunak dan mengimbangi kemajuan dalam kecerdasan buatan dan dapat meningkatkan memori atau memungkinkan lebih banyak berinteraksi langsung dengan perangkat komputer.

The Boring Company

17 Desember 2016, ketika terjebak kemacetan, Musk mengirim tweet “Saya akan membangun mesin bor terowongan dan mulai menggali ” Perusahaan itu bernama ‘The Boring Company’.

Fakta unik lain tentang elon musk

Nama anak elon musk: Nevada 2002, Griffin 2004, Xavier 2004, Damian 2006, Saxon 2006, Kai 2006, dan yang terakhir bermana X Æ A-12 lahir 2020.
Elon menikah 3 kali
Elon musk merupakan salah satu objek yang sering dijadikan meme
Elon sangat aktif di media sosial Twitter

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *