Evernote Aplikasi Catatan untuk Profesional

Evernote Aplikasi Catatan untuk Profesional

Tiba-tiba ingat lusa ada jadwal pertemuan penting yang belum dicatat? Apa pekerjaan teman-teman selalu punya banyak hal penting yang tidak boleh dilewatkan? Ada meeting mendadak tepat setelah jam makan siang sampai belum sempat ambil buku catatan? Atau sempat punya ide besar tapi masih runyam untuk dijabarkan dengan tulisan konsepnya?

Mungkin juga, teman-teman suka tiba-tiba terpikirkan suatu solusi terkait persoalan yang sedang dihadapi, tapi waktunya enggak tepat untuk membicarakan solusi tersebut. Lumayan ribet jika situasi yang teman-teman hadapi tidak selalu siap sedia untuk menampung berbagai ide, gagasan, maupun pengingat yang tiba-tiba suka muncul diwaktu kalian tidak menggenggam pena maupun maupun lembaran kertas. Kan sayang kalau idenya hilang atau lupa jika tidak segera dituliskan.

Jika itu adalah tulisan untuk diary, mungkin urusan menulis bisa menunggu sampai hari berubah menjadi malam dan menjadi waktu yang tepat untuk menumpahkan perasaan dan pikiran terkait apa saja yang sudah terjadi dalam hari tersebut. Namun jika urusannya berkaitan pekerjaan? Bukannya bisa merasa tenang karena sudah ‘kepikiran idenya’, tapi buru-buru mencari media untuk menuliskan apa yang terpikirkan.

Akan mudah jika teman-teman memiliki media khusus yang dapat diakses setiap saat, dimanapun, dalam situasi apapun (syaratnya sih cuma satu, handphone yang penting masih ada daya baterainya, hehe). Kenapa harus handphone? Karena di artikel kali ini, berwirausaha.net akan membahasa rekomendasi aplikasi note professional untuk handphone, khususnya untuk para pengguna android.

Aplikasi di android semakin berkembang dalam segi kategori. Tidak hanya tersedia untuk kebutuhan chatting, photography, gaming, namun juga sudah semakin meluas ke kategori perkantoran seperti buku catatan atau bahasa aplikasinya sering disebut note. Artikel ini akan membahasa Evernote yang merupakan note app untuk android yang bisa memudahkan ‘dunia catat-mencatat’ mu.

Kenalan dengan Evernote

Evernote dirilis oleh Evernote Corporation yang merupakan sebuah perusahaan swasta global dengan kantor pusat di Redwood City, California. Seperti yang tertera di profil website Evernote, Evernote didirikan oleh Stepan Pachikov, salah satu pionir Silicon Valley, dengan tiga hal mendasar terkait otak manusia: mengingat masa lalu, membangun koneksi, dan menciptakan ide-ide baru untuk masa depan. Evernote didirikan dengan tujuan untuk mengatasi persoalan manusia dalam hal menangkap informasi di masa arus informasi yang semakin cepat. Evernote dari profilnya saja sudah sangat mengerti persoalan teman-teman ya, tidak heran jika Evernote dibangun untuk menyesuaikan kebutuhan kamu dalam hal catat-mencatat.

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh Evernote?

Teman-teman akan diminta untuk login terlebih dahulu saat membuka aplikasi Evernote. Ada dua opsi untuk login menggunakan akun email ataupun yang paling umum digunakan alias gmail. Tujuannya adalah penyimpanan sistem cloud yang diterapkan oleh Evernote, jadi aplikasi akan merekam segala catatan serta coret-coretanmu. Ketika kamu logout, catatan masih aman tersimpan.

Evernote memiliki menu All Notes, Notebooks, Shared with Me, Tags, Collect Photos, Work Chat, dan Trash. Sementara itu, dalam hal fitur, Evernote menawarkan Reminder, Audio, Attachment, Handwriting, Camera, dan Text Note.

Berikut ini ulasan singkat mengenai menu di aplikasi Evernote

  1. Menu All Notes menampilkan semua catatan berdasarkan urutan waktu dibuatnya. Dengan menu ini, notes atau catatan dikelompokkan berdasarkan tanggal. Tampilan teratas diisi oleh file catatan yang baru saja dibuat, sehingga kamu tidak perlu repot men-scroll halaman All Notes untuk menemukan catatan yang baru saja kamu buat.
  2. Menu Notebooks menampilkan catatan berdasarkan label note yang dibuat oleh pengguna. Evernote dilengkapi dengan fitur yang bisa mengelompokkan catatan berdasarkan kategori tertentu. Sangat pengertian ya sama penggunananya!
  3. Menu Shared with Me menampilkan file-file yang dibagikan oleh pengguna Evernote lainnya ke kamu. Ini fitur yang paling berguna untuk para pekerja, nih! 
  4. Menu Tags menyortir seluruh file berdasarkan tag yang dibuat oleh pengguna. Selain label notebooks, Evernote juga menambah detail fitur catatan dengan adanya menu Tags. Kalau Notebooks ibaratnya berisi semua ide untuk strategi marketing yang perlu dicoba, maka Tags bisa melabeli mana strategi yang sudah dipresentasikan, mana yang disetujui, dan mana yang ditolak. Bukan main ya detailnya!
  5. Menu Collect Photos merupakan menu yang mendeteksi berbagai file dalam bentuk foto yang memiliki catatan. Tidak perlu kamu yang repot melakukan proses penyortirannya, system Evernote akan melakukannya untuk kamu.
  6. Menu Work Chat yang berfungsi sebagai ruang chat dengan mengundang pengguna Evernote lainnya melalui akun Evernote mereka. Ini fitur yang membuat pengguna tetap professional, kenapa? Ngga perlu merambah ke WA pribadi, melalui akun email/gmail juga masih bisa berkomunikasi secepat chatting di aplikasi chatting lainnya.
  7. Menu Trash menjadi media penampungan sementara setelah file di hapus. Para pengguna jadi tidak perlu khawatir ya ketika tidak sengaja menghapus catatan, atau file yang sudah dihapus ternyata masih diperlukan. Trash masih menampungnya untuk kamu! Untuk menghapus file secara permanen, pengguna harus menghapusnya secara langsung sekali lagi di menu Trash.

Menunya detail dan sangat membantu ya? Tunggu sampai kalian belajar, apa-apa saja model catatan yang bisa kamu buat dengan menggunakan Evernote.

Model catatan yang bisa kamu buat dengan menggunakan Evernote

Berikut ulasan mengenai fitur catatannya.

  • Fitur Reminder berisi kolom untuk catatan singkat dan tanggal untuk membuat pengingat. Ketika pengingat dibuat, notifikasi akan muncul pada tanggal yang telah dipilih. 
  • Fitur Audio untuk memulai catatan dengan rekaman suara. Fitur ini memudahkan proses pencatatan ide-idemu melalui suara yang akan direkam langsung di aplikasi dan tersimpan di catatan.
  • Fitur Attachment untuk memulai catatan dengan lampiran file. Fitur ini mempermudah pengguna dengan pilihan langsung untuk melampirkan file. Format file yang bisa dilampirkan adalah seluruh format yang terbaca oleh sistem android dimana kamu memasang aplikasi Evernote.
  • Fitur Camera untuk memulai catatan dengan lampiran berupa foto.
  • Fitur Text Note untuk memulai catatan jika kamu harus segera mengetikkan gagasanmu, ide, maupun solusi yang kamu pikirkan. 

Tidak hanya menu dan fitur yang detail menyesuaikan kebutuhan pengguna, Evernote juga memberikan fitur berupa pengaturan format tulisan yang terdiri dari format bold, italic, underline, bullet and numbering untuk membuat catatanmu lebih terorganisir berdasarkan urutan, highlight teks, penataan baris teks, sampai format subscript dan superscript seperti yang dimiliki oleh Microsoft Word. Kelengkapan fitur ini akan membuat catatanmu tampil semakin tajam dan mudah dicerna.

Butuh penyimpanan yang besar, Evernote bisa?

Secara umum, Evernote memberikan opsi penggunaan berupa basic plan dan go premium. Untuk opsi basic plan, akun Evernote akan terbatas untuk bisa digunakan secara bersamaan melalui 2 perangkat saja. Selain itu, penyimpanan cloud-nya terbatas pada 60MB dengan ukuran file catatan maksimal 25MB per-note.

Jika teman-teman berlangganan layanan premium, maka akun Evernote teman-teman bisa login di banyak perangkat tanpa ada pemberitahuan bahwa akun tersebut sedang aktif di perangkat lain. Selain itu, penyimpanan yang lebih besar mencapai 10GB unggahan diperbolehkan di sistem cloud dan ukuran file catatan yang bisa mencapai 200MB. Selain itu, akan ada akses untuk membuat catatan pada file PDF, file yang dapat diakses ketika tidak terhubung dengan koneksi internet, serta ruang chatting yang bisa digunakan oleh sesama pengguna Evernote. Selain itu ada pilihan berupa Evernote Business dan Diskon Pelajar untuk pengguna yang masih sekolah. Keren aplikasi yang satu ini!

Dengan aplikasi pencatat online seperti Evernote, teman-teman tidak perlu lagi khawatir jika catatan-catatan yang kamu buat tidak tersimpan. Terlebih lagi, model pencatatan apapun bisa dilakukan dalam satu aplikasi termasuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Aplikasi dengan cakupan fitur kegunaan yang holistik memang penting untuk era yang serba cepat ini. Jika kamu terbiasa menggunakan sistem online untuk pencatatan, kamu juga mengurangi konsumsi kertas, loh! 

Sekian ulasan untuk aplikasi note professional kali ini. Semoga aplikasi ini cocok untuk kamu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.