10+ Ide Usaha dan Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di 2021

10+ Ide Usaha dan Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di 2021

Rekomendasi Bisnis Rumahan yang paling menjanjikan ditahun 2021 yang tetap bisa dilakukan dari rumah dalam keadaan pandemi seperi sekarang ini, pakah ada?

Memasuki bulan kedua di tahun 2021, pandemi belum berakhir. Kondisi ini memaksa kita mau tak mau harus tetap bertahan physical distancing dan membatasi aktivitas di luar rumah. Namun, tak perlu khawatir. Ternyata stay at home pun bisa menghasilkan pundi-pundi cuan apabila kamu geluti dengan serius.

Berbisnis dari rumah bisa dirintis sejak dini. Yang dibutuhkan adalah ketekunan, kesabaran, dan keuletan untuk mengelolanya dari nol hingga menghasilkan omzet besar. Untuk bisa menjalankan bisnis rumahan yang tepat, terlebih dahulu kamu harus tahu peluang usaha apa yang paling cocok dilakukan.

Ibaratnya begini. Kamu tinggal di daerah yang kepadatan penduduknya tidak seberapa, dalam artian tidak terlalu banyak masyarakat yang menetap di wilayah tersebut. Lalu, kamu berpikir untuk memulai bisnis laundry. Tentu hasilnya tidak akan seoptimal dengan membuka jasa laundry di kawasan padat pemukiman di dekat daerah kampus.

Dari gambaran tersebut, kamu harus melek terhadap peluang bisnis yang ada. Tak perlu bingung, berikut beberapa ide usaha dan peluang bisnis rumahan yang fleksibel dilakukan di mana saja. Semoga kamu bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum memulai bisnis rumahan yang potensial menjanjikan omzet besar.

Ide Usaha dan Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

10+ Ide Usaha dan Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di 2021

Berikut kumpulan ide usaha dan peluang usaha yang tetap bisa dikerjakan dari rumah:

Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Data

Berjualan pulsa elektrik dan paket data dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis yang tak lekang oleh waktu. Selama masyarakat masih menggunakan alat komunikasi berupa handphone dan smartphone, maka pulsa dan paket data akan selalu diburu.

Kamu bisa memulai bisnis dari jualan pulsa elektrik kecil-kecilan, baik pulsa handphone maupun pulsa listrik. Selain itu, kamu bisa menyediakan paket data dari berbagai provider. Modal untuk memulai bisnis ini pun tergolong sedikit, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan kapasitas finansialmu. Bisnis ini juga fleksibel karena bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Jasa Isi Ulang Air Minum

Manusia membutuhkan air untuk minum dan bertahan hidup. Maka dari itu, usaha isi ulang air minum selalu dibutuhkan. Jasa isi ulang air minum cukup praktis dan hampir bisa dilakukan oleh semua orang.

Pertama, kamu perlu mencari agen yang akan menjadi tempat supply. Upayakan melakukan riset terlebih dahulu agar bisa banding harga tempat mana yang paling terjangkau. Kamu juga bisa menyediakan layanan pesan antar bagi orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitarmu.

Usaha Toko Baju

Toko baju selalu menjadi favorit bagi pelaku usaha rumahan. Hal ini karena segmen pasarnya sangat luas, dan kamu bebas menentukan akan menyasar kalangan mana. Misalnya, jika kamu ingin menembus pasar remaja akhir 20 tahunan, maka bisa menyesuaikan style baju yang dijual dengan mode pakaian kekinian.

Kalau kamu mempunyai modal lebih, membuka toko sendiri di rumah bisa menjadi opsi. Namun jika modal kamu belum mumpuni, kamu bisa mencoba berjualan secara online. Saat ini sudah banyak platform marketplace yang siap menjadi mitra kamu untuk berbisnis baju secara online. Jangkauan pasarnya pun lebih luas.

Jasa Catering

Jasa catering paling cocok dilakukan apabila kamu tinggal di kawasan yang menjadi sentra industri atau pusat area pendidikan. Hal ini karena kebanyakan kalangan pekerja dan siswa/mahasiswa lebih senang menggunakan jasa catering dengan alasan efisiensi waktu.

Namun sebenarnya bisnis catering cukup fleksibel dilakukan di mana saja. Kamu bisa mulai memperkenalkan masakan ke kerabat terdekat atau tetangga, lalu mintalah mereka memberikan review. Apabila feedbacknya positif, mereka akan merekomendasikan masakanmu ke lebih banyak orang.

Budidaya Tanaman Hias

Beberapa waktu terakhir, demam budidaya tanaman hias seolah kembali mewabah. Para ibu senang mengoleksi bunga-bunga cantik di rumah mereka. Fenomena ini bisa kamu jadikan peluang bisnis untuk membuka budidaya tanaman hias.

Kamu bisa mencari tahu tanaman apa saja yang sedang booming dan paling banyak dicari. Usaha ini membutuhkan ketekunan karena kamu harus merawat tanaman yang dibudidaya dengan sungguh-sungguh agar hasilnya optimal.

Membuka Usaha Warung Kopi

Warung kopi di era kini bukan lagi langganan nongkrong bapak-bapak ronda. Para muda-mudi kaum milenial pun mulai menggemari warung kopi sebagai tempat berkumpul mereka. Tentu ini menjadi peluang bisnis rumahan yang sayang dilewatkan.

Untuk membuat usaha warung kopi rumahan, pertama kamu harus menentukan target pasar dulu. Apabila targetmu adalah kalangan milenial, carilah referensi desain warung kopi yang sarat unsur estetika. Setelah itu, sesuaikan menunya dengan kemasan sekreatif mungkin dan out of the box. Tak lupa berikan layanan terbaik.

Membuka Warung Makan

Warung makan juga termasuk bisnis yang tak lekang oleh waktu. Keberadaan warung makan selalu dicari jika perut sedang lapar. Jadi, jika kamu percaya diri dengan kemampuan memasakmu, cobalah membuka usaha warung makan rumahan.

Kamu bisa menentukan akan menjual menu makanan secara umum atau secara spesifik. Apabila hendak membuka warung makan yang menunya umum, kamu bisa mengonsep prasmanan. Dan jika ingin warung makan yang spesifik, contohnya bisa menjual menu bakso, soto, nasi padang, nasi goreng, dan lain-lain.

Usaha Agen PPOB

PPOB merupakan kependekan dari Payment Point Online Banking. Secara mudahnya, PPOB adalah agen yang melayani pembayaran tertentu, umumnya tagihan PDAM, tagihan listrik, tagihan televisi berlangganan, tagihan telepon, dan lain-lain.

Sistem PPOB serupa dengan jual pulsa elektrik. Hanya saja jika pulsa elektrik hanya melayani pembelian pulsa, maka layanan PPOB lebih beragam. Bahkan ada juga PPOB yang melayani pembelian tiket transportasi kereta api hingga pesawat.

Membuka Toko Peracangan/Kelontong

Meskipun saat ini sudah banyak minimarket dan supermarket, ternyata eksistensi toko peracangan masih belum sepenuhnya punah. Terbukti di kawasan pemukiman kota-kota besar, keberadaan toko peracangan masih sering dijumpai.

Kamu bisa memulai usaha toko peracangan dari skala paling kecil. Misalnya dengan menjual kebutuhan sehari-hari. Setelah itu bisa dikembangkan lagi apa saja produk yang hendak dijual. Dengan manajemen yang tepat, perlahan toko peracanganmu bisa menjadi lebih besar. Siapa tau suatu saat bisa menjadi pusat grosir yang skalanya lebih besar.

Usaha Perlengkapan Elektronik

Jika kamu memiliki koleksi atau menyukai alat-alat elektronik, maka usaha satu ini boleh dicoba. Barang elektronik yang paling sering dicari rentalnya adalah kamera. Kamu bisa membuka sewa alat elektronik. Jika sudah ada modal lebih, barulah bisa mulai menjual alat-alat elektronik sesuai kebutuhan pasar.

Membuka Jasa Cuci Motor

Usaha satu ini mungkin belum banyak yang melirik. Padahal jika dilihat dari prospeknya, jasa cuci motor tergolong menjanjikan. Saat ini hampir setiap rumah sudah memiliki motor. Itu pun tidak hanya satu, bahkan ada yang memiliki motor dua atau tiga.

Tidak semua orang yang punya motor mau mencuci motornya sendiri, entah karena kesibukan atau karena malas. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang. Dengan modal lahan dan peralatan cuci motor, kamu sudah bisa memulai jasa cuci motor.

Jasa Web Developer

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam bidang IT, tidak ada salahnya memulai bisnis web developer. Memasuki era serba digital, keberadaan website di dunia maya sangatlah penting. Oleh karena itu peran web developer sangat diperlukan.

Bisnis ini bisa kamu kerjakan hanya dengan berdiam di dalam rumah, karena segala aktivitasnya dilakuakn secara online. Waktunya pun fleksibel, kamu bisa menghandle project menyesuaikan schedule pribadi.

Itulah beberapa referensi ide usaha dan bisnis yang bisa dikerjakan sekalipun hanya berada di rumah. Pada dasarnya produktivitas tidak memandang tempat, karena dapat dilakuakn dari mana saja. Selain modal materiil, yang tak kalah penting adalah modal niat dan kemauan. Karena merintis bisnis tidak bisa dilakukan secara instan.

Dibutuhkan upaya dan kesabaran yang besar untuk menjalankan usaha. Mulailah bisnis dengan menawarkan ke orang-orang terdekat. Jika mereka puas dengan usahamu, lama-lama akan menceritakan dari mulut ke mulut hingga pada akhirnya pangsa pasar untuk usahamu bisa semakin luas. Semoga bermanfat dan selamat mencoba!

Penulis: Rosalia Ayuning Wulansari

1 tanggapan pada “10+ Ide Usaha dan Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di 2021”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.