Akhirnya Penghasilan dari Blog Saya Mencapai 50 Juta

Akhirnya Penghasilan dari Blog Saya Mencapai 50 Juta

Hallo Assalamualaikum, apa kabar teman teman? semoga baik baik saja

Alhamdulilah, pertama-tama saya ingin mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena setelah jatuh bangun saya lalui hari demi hari, waktu demi waktu akhirnya saya baru sadar kalau earning dari blog saya setelah saya cek sudah mencapai 50 juta. Ahamdulillah!!! Oiya teman teman jangan salah paham dulu ya, Karena 50 juta yang saya tulis dijudul itu bukan gaji saya satu bulan, tapi itu merupakan total dari gajian saya yang selama ini saya kumpulkan dari mengelola blog saya. Hahahahaaa

Sebelumnya saya ingin menyampaikan kalau dalam artikel ini saya tidak ada maksud untuk pamer apalagi menyombongkan diri, justru artikel ini saya maksudkan sebagai gambaran betapa susahnya perjalanan saya merintis blog dari awal sampai sekarang. Dan semoga apa yang saya bagikan bisa menjadi motivasi buat teman-teman sesama blogger pemula supaya menjadi lebih baik dari saya.
Kalau ada yang jelek atau salah diartikel ini saya mohon untuk teman-teman jangan diambil jeleknya dan kalau ada yang baik silahkan diambil baiknya saja, okee selamat membaca…

Yaa saya tau mungkin 50 juta buat teman teman nggak ada artinya dan saya sadar kalau dibandingkan dengan blog lain milik teman teman ya jelas blog saya ini sangat jauh ketinggalan. Tapi tetap saya syukuri, karena bagi saya yang cuma anak kampung yang tinggal dipelosok dengan kehidupan biasa-biasa saja uang segitu sudah sangat besar dan sangat membantu kehidupan saya sampai saat ini.

Oh iya sebelumnya perkenalkan nama saya riski, saat ini saya menjalani profesi sebagai pedagang, berjualan sembako dipasar, alhamdulilah saya sudah dikaruniai satu orang anak perempuan.

Dari dulu saya orangnya gaptek..
Saat teman-teman di SMK punya hp semua saya nggak punya, bukan nggak pengen beli tapi dulu emang nggak mampu membelinya.
Biarpun begitu Saya sebenarnya punya cita-cita pengen kuliah jurusan komputer tapi saat itu saya belum berani meminta kepada orang tua, akhirnya saya tunda keinginan saya dengan bekerja terlebih dahulu.

Singkat cerita setelah lulus SMK saya sempat bekerja di warung pecel lele, jualan es jeruk, jualan bensin eceran, kerja dipenjualan kaset CD, di toko sayur, pokoknya semua saya kerjakan asal ada penghasilan. (Oh iya saya sudah mulai kerja sampingan sejak masa sekolah).

Setahun lebih berlalu suatu ketika tiba-tiba ada kesempatan untuk bicara pada kedua orang tua, akhirnya saya beranikan diri minta dikuliahkan dan setelah lama mempertimbangkan akhirnya suatu hari keinginan saya disanggupi oleh kedua orang tua. Sayapun pergi kekota untuk mengenyam pendidikan, saya ambil jurusan teknik informatika.

Awal Mula Ngeblog

Disemester 3 atau 4 saya dimintai tolong oleh pacar saya untuk membuatkan blog untuk upload tugasnya, saat itu saya belum tau apa itu blog, berbekal PC jadul yang saya rakit dengan komponen bekas termurah yang saya beli dari OLX saya cari cari informasi di internet, waktu itu blog nya saya buatkan menggunakan blogspot..
3 hari baru selesai karena dulu saya masih agak gagu soal blogspot karena pertama kali buka, tetapi setelah otak atik sana sini saya malah ketagihan mengotak atik blog.
Saya sering mengotak atik tema, memasang widget jam, tanggal dan merubah kursor menjadi gambar pisau dengan background naruto berlari dibelakangnya. 😀

Awalnya Niat Saya Ngeblog murni karena suka nulis

Berbulan bulan menghabiskan waktu browsing sana sini, terbesit sebuah pertanyaan dikepala saya, darimana pemilik blog mendapatkan uang? Terus siapa yang membayar mereka?
Akhirnya saya mencari informasi sederhana itu di google dan ketemulah dengan sebuah tulisan salah satu mastah yang menjelaskan tentang google adsense, dan blog yang ternyata bisa menghasilkan uang. Sejak itu saya terobsesi bisa menghasilkan uang dari blog.

Mulai Melirik Penghasilan

Berbekal tulisan ceker ayam yang nggak seo, nggak enak dibaca dan ngggak jelas tujuannya saya mencoba keberuntungan dengan mendaftarkan blog saya ke google adsense, dan hasilnya alhamdulilah lamaran saya selalu ditolak, ditolak, dan ditolak. beberapa kali saya mencoba tetap ditolak.

Buat-hapus blog sering saya lakukan karena penasaran. Sempat putus asa karena ditolak mentah mentah oleh google. Tapi semua itu tidak menghentikan tekat saya, hampir tiap minggu surat penolakan masuk ke email saya, kata kata “maaf lamaran anda belum bisa kami terima” justru membuat saya semakin penasaran.

Saya lebih serius ngeblog dan memutuskan untuk fokus dan serius ke salah satu blog saya, setelah itu saya putuskan untuk migrasikan blogging platform saya dari blogspot ke wordpress.

Pernah Makan Hanya Pakai Garam

Hobby ngeblog ini membuat Kiriman saya cepat habis, belum tengah bulan saya sudah tidak memegang uang, karena uang 500 ribu perbulan harus saya bagi untuk makan, jajan, uang bensin, dan listrik. Ditambah lagi sekarang harus beli paket untuk bisa internetan.
Tapi anehnya saat itu saya rela puasa nggak makan, kadang juga cuma makan pakai nasi dan garam saat benar benar nggak ada uang untuk beli sayuran, pernah juga saya bertahan hidup beberapa hari dengan Beras tinggal 2 canting, dan kebetulan saat itu libur agak lama teman teman saya sebagian besar pulang sehingga nggak ada orang yang bisa dipinjami uang. Kenapa kok nggak minta kiriman saja kepada orang tua? Karena Saya nggak berani minta kiriman sebulum waktunya!

Badan kurus, mata cekung karena Kurang Makan

Begadang menjadi kegiatan rutin yang biasa saya lakukan, hal ini karena saat itu kuota internet yang saya gunakan adalah kuota malam yang baru aktif diatas jam 12 malam, alasannya karena harganya yang lebih murah dan kuotanya lebih yang besar. Kadang kalau cuaca bagus saya pergi ke wifi corner indihome yang menyediakan internet gratisan, saya gunakan untuk update artikel dan untuk download film anime kesukaan saya one piece, oh iya downloadnya meminjam laptop teman sekosan karena saya cuma punya PC.

Lamaran Google adsense Ditolak selama Hampir 2 Tahunan

hampir Dua tahun lebih blog saya tetap ditolak, dari penolakan penolakan itu saya belajar memperbaiki diri, memperbaiki tulisan, merubah tampilan web yang dari semula ramai warna warni menjadi minimalis dan entah kenapa saya merasa semakin lama saya ngeblog, saya semakin menyukai tampilan yang sederhana.
Mungkin karena saya sadar kalau blog itu yang dijual adalah tulisannya, pengunjung datang untuk membaca tulisan, bukan melihat keren atau tidaknya tampilan blognya,…

Selain itu menurut saya semakin banyak widget dan gangguan muncul saat membaca malah membuat pengunjung teralihkan fokusnya. Sehingga waktu bacanya jadi rendah yang mengakibatkan bouncerate melambung tinggi dan mugkin ada yang langsung keluar begitu web terbuka karena kurang nyaman dengan tampilan yang benuh warna atau bahkan kabur duluan sebelum halaman terbuka karena webnya terload terlalu lama.

Nasehat yang mungkin bisa saya kasih untuk teman teman yang mau bertahan agak lama di page one adalah kecepatan itu faktor penting. Kalau tidak cepat maka akan cepat lengser digantikan oleh web yang lebih cepat.

Yaa Walaupun saya tau membuat web cepat itu nggak mudah, sayapun masih belum bisa melakukannya karena banyak faktor lain juga yang bisa bikin web jadi lambat, bisa dari hosting, media, js, ads dan masih banyak faktor lainnya.

Daftar alternative adsense

Saya beberapa kali mendaftarkan blog saya di penyedia jasa pengiklan alternative pengganti adsense, mulai dari adnow, mgid, a-ads, dan masih banyak alternatif adsense lain yang saya coba. Tapi entah kenapa saya tetap merasa penasaran dan belum lega kalau target saya belum terpenuhi yaitu diterima google adsense.

Diterima karena nggak buka blog beberapa lama

Masuk ke semester 5 saya melakukan PKL dan kesibukan itu membuat saya tidak memiliki waktu untuk membuka website saya, dan entah kapan saya mendaftarnya tiba-tiba suatu sore setelah bimbingan laporan, saya dapat email yang sudah lama saya harapkan, emailnya singkat tapi sangat membahagiakan, yang intinya “selamat situs anda kini menampilkan iklan…”

Penghasilan Awal tidak sesuai harapan

Setelah diterima menjadi publisher adsense ternyata penghasilan yang saya peroleh tidak sesuai dengan yang saya harapkan, padahal saya bermimpi bisa gajian juta-jutaan seperti yang saya baca dari interet, tapi ternyata jangankan gajian jutaan, untuk mengumpulkan minimum verifikasi adsense saja saya harus mengunggu berbulan bulan.

Pin adsense Nyantol dikantor POS

Setelah ambang batas verifikasi akun adsense yaitu 10$ terpenuhi akhirnya saya melakukan request pin, tapi sudah 3 bulan saya tunggu pin saya tidak kunjung datang, akhirnya saya berinisiatif untuk mendatanginya kekantor pos didekat kosan saya, cuma pak posnya tidak tau apa-apa, sayapun mendatangi pos lain yang lebih besar tapi jawabannya tetap sama, sampai pos cabang utama dan terbesar dikota tempat saya kuliah saya datangi juga sayang nya belum ada juga, sayapun memutuskan melakukan request pin yang ke 2 setelah menuggu beberapa bulan lagi saya coba datang lagi ke kantor pos dan alhamdulilah kali ini suratnya sudah ada. Surat yang hanya berisi 6 angka itu saya ambil dan masukkan kedalam jaket karena waktu pulang tiba tiba hujan deras mengguyur dijalan tapi untungnya suratnya nggak luntur.

Gajian Pertama Bareng wisuda

Percaya nggak percaya gaji pertama saya itu cair bertepatan dengan hari wisuda saya, siangnya wisuda sorenya dapat email dari google berbunyi “cek pembayaran terbaru anda”. Wah dobel kebahagiaan saya hari itu.

Lulus dengan Hasil Yang memuaskan

Hebatnya lagi saya lulus dengan IPK pas pasan waktu itu yaitu cuma 2.5 hahahaha

Wajar sih karena hampir semua nilai di mata pelajaran matematika (kalkulus, aljabar linear, dll) saya dapet c bahkan ada yang d. tapi ya saya bersyukur yang penting tetap bisa lulus tepat waktu. hahahahah

Lulus Nikah Langsung

Disisi lain web terus saya update artikelnya, visitornya terus mengalami kenaikan dengan drastis menyentuh hingga angka puluhan ribu dan gajian saya juga perlahan tapi pasti terus mengalami kenaikan, saat itulah saya mulai mengupgrade PC saya dari amd a4 yang sudah sangat lemot saya beli Ryzen generasi pertama, saya juga beli motherboard, SSD, power suply dan tidak lupa VGA saya beli RX 570 red devil yang saat itu masih sangat mantap menurut saya. Beruntung saat itu sebagian gaji dari blog saya tabung sampai terkumpul beberapa puluh juta, lulus kuliah saya langsung menikah karena memang saya sudah lamaran sejak saya mengerjakan skripsi.

Penyesalan Karana Kebodohan

Setelah menikah Uang yang saya kumpulkan sejak kuliah dulu saya gabungkan dengan tabungan istri lalu digunakan untuk membuka dan merintis usaha grosir sembako. Dibantu dengan tambahan modal dari mertua dan pinjaman ruko orang tua yang selama ini disewakan untuk biaya kuliah saya, sayapun memulai usaha dagang.

Kesibukan baru ini membuat saya jarang sekali ada waktu mengelola blog, pernah buka sekali dua kali saja dan itupun nggak lama, sampai suatu hari kebodohan dan keteledoran dicampur ke apesan saya, nasib burukpun terjadi…

Tanpa sengaja saya mengganti permalink web saya, imbasnya nggak lama, cuma beberapa minggu sudah terasa, awalnya penurunan earning adsense saya kira karena saya jarang update artikel cuma tinggkat anjloknya kok sangat parah akhirnya saya buka google analitycs dan disana saya lihat Vistor tinggal beberapa ekor, sayapun langsung bergadang beberapa hari untuk memperbaikinya tapi semua sudah terlambat artikel saya yang pageone sebagian besar sudah tumbang terhempas entah dihalaman berapa, saya kembalikan ke permalink awal tapi visitor tidak kembali bahkan sampai sekarang mungkin yang kembali cuma 60 persennya, sesal sih tapi ya sudahlah semua sudah terjadi kedepan harus lebih berhati hati.

Nasehat untuk teman teman yang sudah memliki Visitor tinggi jangan pernah sekali kali mengotak atik bagian permalink, karena akan sangat fatal. Kalau memang mau merubah permalink lebih baik dilakukan diawal saat membuat web, atau kalau web hasil migrasi dari blogspot sebaiknya dilakukan diawal setelah migrasi agar cepat kembali pulih.
Nah untuk detail cerita tentang pengalaman saya kehilangan trafik teman teman bisa baca artikelnya disini

Kesimpulan dari artikel ini

Akhirnya Penghasilan dari Blog Saya Mencapai 50 Juta - adsense
  • Saya bingung ingin menyimpulkan seperti apa, tapi yang pasti kalau teman teman memang berniat menjadi blogger sebaiknya niatkan blog itu sebagai investasi dan media untuk berbagi saja dulu, nanti kalau visitor naik dan banyak orang yang membaca tulisan kalian penghasilan akan mengikuti, jangan berharap blog sebulan langsung menghasilkan karena merintis blog ini tidak bisa instan, tapi setelah menghasilkan mereka akan terus memberikan penghasilan rutin tiap bulan, berbeda dengan kerja yang instan tapi hasilnya langsung habis jika digunakan,..
  • Jangan berhenti atau putus asa apapun alasannya, aspal yang terlihat halus saja tidak mungkin rata, jadikan setiap hambatan yang menghalangi itu motifasi dan jadikan cobaan yang menimpa sebagai pelajaran, supaya bisa lebih berhati hati kedepannya..
  • Satu lagi kalau kuliah cari teman sebanyak banyaknya yang hidupnya sama sama susahnya dengan kita supaya ada tempat buat hutangan tiap akhir bulan. Hahaha 😂
  • Dan yang penting jangan berteman dengan orang yang tidak mampu kalian ikuti gaya hidupnya, mereka hanya akan membuat orang tua kalian kesulitan membiayai gaya hidup kalian. Pengalaman saya banyak teman saya yang akhirnya putus ditengah jalan karena kuliah jarang masuk atau orang tua tidak lagi mampu membiayai.
  • Yang Terkahir tanamkan dalam hati kalau bodoh matematika itu bukan halangan, hahahahahaaa

11 tanggapan pada “Akhirnya Penghasilan dari Blog Saya Mencapai 50 Juta”

  1. Saya juga berfikir untuk berhenti ngeblog karena selalu ditolak adsense, terus traffic ngk naik2, jadi bosen tapi ketika saya baca artikel ini pikiran saya yang semulanya pengen berhenti ternyata salah, ternyata benar sesuatu yang kita inginkan tak semudah membalikan telapak tangan. Terima kasih mas atas motivasinya

  2. Saya sempat kuliah setengah semester lalu saya mengubdurkan diri karena saya tidak sanggup menangkap oeljaran yang berbasis hitungan sehunggaa saya memutuskan untyk mencari kegiatan yang lainnya . Kemudian saya melanjutkan blog saya yang sempat saya telantarkan dan alhamdullilah saya dapat membuat blog .

  3. Saya kayanya nggak bisa seperti masnya, udah diterima adsense tapi penghasilan receh banget, udah 3 bulan baru 10rb rupiah.

  4. Pengalaman yang sangat luar biasa mas…
    Saya sangat termotivasi. Sebagai blogger pemula yang menjadi tantangan saya adalah rasa jenuh.

    Awalnya Saya mengira setelah diterima di google AdSense, pasti bisa menghasilkan bnyak uang.. Namun itu tdk semudah apa yg sy pikirkan…

    Apalagi kondisi Saat ini, telah bnyak bermunculan blogger pemula. Yg secara tdk langsung persaingan untuk Onepage semakin ketat.

  5. keren mas, ceritanya kurang lebih sama seperti pengalaman saya saat awal mulai ngeblog. suka ngotak atik tema nya dan pasang widget aneh-aneh. sekarang malah lebih suka tampilan yang minimalist juga. :d

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.