Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi bagi Pemula

Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi bagi Pemula

Para pecinta tanaman pasti mengetahui tanaman satu ini. Tanaman ini sangat dikenal dengan durinya. Dari berbagai jenis tanaman berduri, kaktus memiliki bentuk yang unik karena kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri. Menurut penelitian, kaktus mampu membersihkan air pada racun jenis arsenic serta dapat membunuh bakteri di dalam air minum karena kaktus memiliki kandungan zat mucilago. Selain itu, kaktus memiliki kandungan vitamin C mencapai 9,4 mg. Kaget bukan mengetahui kaktus memiliki banyak manfaat. Bukan hanya itu, kaktus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Makin jatuh cinta bukan dengan tanaman yang satu ini. Tidak hanya sampai disini saja manfaat kaktus. Penjelasan berikutakan makin membuat anda ingin memelihara kaktus karena kaktus ternyata merupakan tanaman terbaik untuk mengurangi efek radiasi terlalu besar di udara. Pilihan cocok bagi ibu-ibu yang sangat takut akan dampak radiasi alat elektornilk seperti komputer, televisi dan lainnya untuk melindungi keluarga.

Pecinta kaktus wajib tahu nih akan jenis kaktus satu ini. Kaktus ini sangat umum dimiliki kolektor kaktus karena tanaman kaktus satu ini tergolong tidak langka. Tanaman kaktus ini asli berasal dari Amerika dengan jenis Cereus Tetragonous. Di Indonesia kaktus ini dikenal dengan nama popular kaktus candi dikarenakan kaktus ini memiliki banyak anak pada bagian samping-sampingnya seperti berkerumun dalam satu akar.

Bicara soal harga, kaktus candi termasuk kaktus murah dengan kisaran harga Rp 20.000,00 – Rp 25.000,00 tergantung ukuran. Harga tersebut tidak sebanding dengan tanaman-tanaman yang sedang populer saat ini, jadi anda tidak perlu ragu untuk membelinya. Anda bisa menjadikan ini peluang usaha jika anda sedang bingung mencari ide bisnis yang mudah dan sedang tren. Hanya dengan modal pembelian kaktus dengan harga Rp 25.000,00, anda bisa membudidayakannya menjadi 10x lipat dan bisa langsung menjual. Lalu bagaimana membudidayakan kaktus jenis Cereus Tetragonous ini?

Panduan Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi bagi Pemula

Berikut cara memperbanyak kaktus candi untuk mendapatkan uang.

  • Patahkan atau potong anakan-anakan kaktus yang segar.

Walaupun kaktus terkenal akan durinya, kaktus candi tergolong memiliki duri yang tidak begitu tajam sehingga anda dapat menggunakan tangan. Jika anda memiliki keraguan atau kurang yakin akan keselamatan, anda dapat menggunakan sarung tangan dan gunting khusus tanaman. Potong anakan kaktus sebisa dan sebanyak mungkin sehingga menghemat waktu dalam budidaya seperti pada gambar tahapan selanjutnya.

  • Pengeringan anakan kaktus yang telah dipotong

Setelah jumlah anakan kaktus candi telah sesuai dengan yang anda butuhkan, gunakan tisu untuk mengerikan getah pada bagian bawah kaktus. Dalam proses ini anda bisa menyemprotkan sedikit alcohol atau hand sanitizer yang mudah didapat padan kondisi saat ini, lalu lap lagi dengan tisu. Hal ini berguna untuk menghilangkan bakteri pada kaktus. Keringkan semua getah kaktus dan simpan dengan menggunakan tisu pada tempat yang sejuk dan tidak lembab. Biarkan kaktus selama kurang lebih 4 hari. Proses ini bertujuan untuk mengeringkan bawah kaktus sehingga kaktus tidak busuk.

  • Siapkan media untuk memulai budidaya kaktus candi

Siapkan pot kecil atau anda bisa menggunakan bekas air mineral gelas sebagai tempat atau wadah tanam kaktus. Selain hemat, pot berukuran kecil ini juga berguna agar tumbuh kembang kaktus tidak mudah besar sehingga bisa menjadi tanaman hias mini nantinya. Jika andaingin budidaya kaktus untuk meperindah rumah anda atau sebagai dekorasi ruangan, anda bisa langsung membeli atau memilih pot hias mini sebagai wadah tanam.

Menurut pengalaman penulis, media yang digunakan untuk menanam kaktus candi tidaklah susah atau mudah didapatkan. Anda cukup membeli tanah yang sudah bercampur dengan pupuk dan dengan mudah didapatkan di kios penjual tanaman. 1 karung biasanya dijual dengan harga Rp 10.000,00 saja. Anda bisa menggunakan atau mencampur sekam pada media tanam anda, jika anda ingn menghemat media tanah yang ada suoaya tidak boros dan dapat menghemat pengeluaran anda sebagai bisnis pemula. Jika anda ingin hasil yang lebih maksimal, anda dapat menggunakan media tanam dengan komposisi terdiridari pasir malang, sekam, printil kambing dengan perbandingan 1:1:1.

  • Tanam kaktus yang sudah dikeringkan pada media yang sudah disiapkan

Langkah terakhir terbilang mudah dan tidak menggunakan teknik tertentu dalam proses menanam kaktus. Masukan media tanah kedalam pot, lalu anda hanya perlu tanam atau tancapkan begitu saja anakan kaktus yang telah dikeringkan. Siram kaktus hingga tanah benar-benar basah atau hingga air mengalir keluar dari bawah.

Hal yang perlu diingat: Proses penanaman kaktus terbilang sangat mudah, tetapi banyak pemiliki tanaman kaktus mengeluhkan susahnya merawat tanaman kaktus. Kaktus merupakan jenis tanaman yang dapat bertahan lama dengan cuaca yang sangat panas. Hal ini disebabkan karena kaktus memiliki tempat untuk cadangan air dalam dirinya. Kesalahan umum yang dilakukan para pecinta kaktus adalah mereka cenderung:

  1. Meletakkan kaktus didalam ruangan tanpa adanya sinar matahari sama sekali
  2. Terlalu sering menyiram

Jadi, anda hanya perlu melakukan hal sebaliknya dari poin-poin diatas. Anda hanya perlu menyiram kaktus minimal seminggu sekali. Walaupun terkadang kaktus anda terlihat sangat kering, tetapi tanah bagian dalam atau bawah terkadang masih cukup basah atau cukup air. Jika anda ingin memperindah rumah anda dengan meletakkan kaktus didalam ruangan bukan hal yang salah. Anda hanya perlu memperhatikan dengan meletakkan kaktus pada tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung. Tetapi jika kondisi ruangan rumah anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari, anda bisa sesekali mengeluatkan kaktus ditempat yang terkena sinar matahari. Anda bisa meletakkan kembalipada sore hari. Jika anda benar-benar ingin budidaya kaktus untuk bisnis, saya sarankan untuk meletakkan kaktus di luar ruangan tetapi memiliki atap, sehingga kaktus tidak sering terkena hujan tetapi tetap mendapatkan sinar matahari tidak langsung setiap hari.

Periksa kaktus seminggu setelah penanaman. Biasanya akar kecil sudah tumbuh, dan anda bisa memindahkan kaktus pada pot yang lebih besar. Hal ini bertujuan agar kaktus dapat tubuh besar dan memiliki banyak anak-anakan lagi, sehingga anda dapat memulai proses budidaya baru yang lebih banyak lagi. Perawatan lanjutan agar kaktus subur dan mudah berkembang biak bisa dengan menambahkan vitamin B1 dengan dosis yang sesuai yaitu satu tutup botol untuk 2 liter air.

Menanam kaktus sangat cocok bagi orang-orang di daerah perkotaan yang memiliki aktivitas serta polusi tinggi karena kaktus berguna membersihkan atau memfilter polusi yang ada. Kecocokokan tanaman kaktus dimiliki bagi masyarakat perkotaan karena tidak memerlukan perawatan setiap hari, cukup seminggu sekali dimana para pekerja memiliki hari santai pada hari Minggu. Selain itu, bisa menambah ruangan terlihat hijau dan estetik.

Demikian ulasan mengenai budidaya kaktus candi bagi pemula, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *