Ide Kerajinan Tangan dengan Sedikit Modal untuk Memulai

Ide Kerajinan Tangan dengan Sedikit Modal untuk Memulai

Apakah anda menganggur? Atau anda bosan menjadi pekerja kantoran?

Persepsi setiap manusia berbeda-beda akan pandangan mereka terhadap mata pencaharian. Sebagian besar manusia menganggap pendidikan yang tinggi penting dan berkontribusi banyak dalam menentukan jenjang karir nantinya, seperti gelar, jurusan, dan keahlian khusus. Tidak sedikit pula yang telah merasakan menjadi pengangguran setelah melewati proses yang begitu panjang dari belajar untuk mendapatkan gelar hingga membagikan CV ke berbagai perusahaan dengan hasil yang nihil. Hal ini membuat banyak masyarakat berpikir bahwa pendidikan tidaklah penting jika pada akhirnya harus terus berdiam diri dirumah menganggur. Di tahun 2021 ini, dimana hampir semua manusia diharapkan untuk aktif dari rumah saja, membuat semua orang gerah dan bosan dengan kondisi yang ada. Terlebih jika kamu merupakan orang yang menyukai beraktifitas di luar ruangan. Keadaan yang terjadi membuat dan memaksa orang-orang semakin aktif dalam berkreasi untuk menciptakan hal-hal baru dari rumah.

Ide Kerajinan Tangan dengan Sedikit Modal untuk Memulai - kreatif

Hal ini menimbulkan, bekerja dari rumah menjadi pekerjaan yang populer pada saat ini. Banyak hal yang bisa kamu lakukan hanya dari rumah saja, sebagai contoh membuat kerajinan tangan sendiri. Selain menjadi aktifitas pengisi kebosanan, membuat kerajinan tangan dapat menjadi lahan bisnis bagi anda serta penghilang rasa stress dengan menyalurkan hobi anda kedalam pekerjaan. Para pecinta seni cenderung lebih menyukai terjun di dunia seperti ini. Sebagai pemula, anda tidak perlu khawatir karena ide bisnis dibawah ini tidak memerlukan keahlian khusus. Anda hanya perlu belajar teknik dasarnya saja lalu praktekkan.

Berikut 3 ide bisnis kerajinan tangan yang bisa anda lakukan dirumah saja dengan modal terbatas

Rajutan

Siapasih yang tidak gemas saat melihat bayi mengenakan pakaian rajutan. Dengan warna-warni benang menambah kesan imut pada bayi. Sebenarnya hasil rajutan tidak hanya pada bayi saja, tetapi semua umur dan kalangan. Mengapa merajut mejadi peluang bisnis yang bagus? Karena pasar yang tidak mengenal umur dan bentuk. Jika anda perhatikan pada pakaian bayi, mulai dari topi, baju, pakaian hangat, celana, kaus kaki, hingga sepatu bayi dapat berupa rajutan. Jika target pasar anda seorang ibu yang memiliki bayi, bayangkan berapa jenis barang yang dapat anda jual. Tidak hanya produk bayi, tas rajut juga menjadi produk yang dapat digunakan semua kalangan usia mulai dari tas anak sekolah, tas model selempang untuk bermain bersama teman, hingga ibu-ibu pengajian. Jika anda rajin membaca serta terus mencari ide-ide baru, maka anda akan mendapatkan inovasi baru perihal produk rajut. Cukup besar bukan peluang untuk membuka bisnis anda?

Benang yang dipakai untuk merajut biasanya beragam tergantung kebutuhan kegunaan dan hal ini mempengaruhi harga beli benang. Jika anda ingin merajut produk bayi, disarankan untuk menggunakan benang yang cocok untuk kulit bayi agar tidak iritasi. Benang katun susu biasanya menjadi pilihan bagi para penghasil rajutan produk bayi. Benang ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 12.000,00/ gulung – Rp 22.000,00/ gulung, tergantung berat. Setelah benang, anda membutuhkan hakpen (alat rajut). Hakpen memiliki berbagai ukuran, seperti 2mm, 3mm,4mm,5mm. Ukuran hakpen ini memiliki kegunaan untuk menyesuaikan jenis serta besar atau kecil benang yang digunakan. Harga hakpen pun beragam mulai dari Rp 15.000,00 – Rp 45.000,00 tergantung ukuran dan material hakpen.

Contoh pada gambar diatas merupakan tas rajut dengan menggunakan benang bernama tali kur. Tali kur cenderung lebih keras dan memiliki diameter benang yang besar. Tali kur diggunakan dengan maksud agar tas kaku dan berbentuk dengan baik alias tidak lemas. Banyak opsi benang yang dapat digunakan untuk membuat tas selain tali kur. Tetapi anda perlu ingat bahwa, biasanya model atau bentuk tas rajut bisa sempurna karna mengikuti jenis benang yang dipakai. Artinya jika anda ingin membuat model tas rajut seperti pada gambar diatas, belum tentu

 anda bisa menggunakan jenis benang lain untuk hasil yang seperti itu.

Gantungan Kunci

Kunci rumah sering hilang atau tertukar? Ayo buat kreasi gantungan kuncimu sendiri.

Selain tas rajut, benang juga berfungsi ganda untuk membuat kreasi gantungan kunci seperti di atas. Ini namanya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Terkadang anda akan memiliki sisa benang saat anda membuat suatu hasil rajutan. Sisa benang ini sulit digunakan untuk membuat produk baru karena sulit bagi pemula untuk menyambungkan benang putus saat membuat suatu produk. Lalu apakah akan anda buang? Semua bisa menghasilkan uang.

Untuk membuat gantunngan kunci model pelangi dan kaktus sepertipada gambar diatas cukup mudah dan modal murah. Anda bisa membeli ring gantungan kunci seharga Rp 350,00 saja sesuai pada gambar, karena model gantungan kunci sekarang beragam dan ada yang mahal. Beli sebanyak yang anda butuhkan. Setelah ring gantungan kunci, anda membutuhkan tali makrame seharga Rp 5,500,00 dengan diameter 4mm. Tali makrame pada umumnya memiliki tiga jenis diameter. Anda bisa menggunakan tali makrame dengan diameter 5mm untuk membuat pelangi atau kaktus dengan ukurang besar sebagai manfaat dekorasi rumah atau dekorasi kamar anak. Gunakan sisa-sisa benang rajutan anda agar menghemat modal. Anda bisa membeli warna baru agar warna pada pelangi selaras dengan harga seperti pada poin nomor 1. Ide bisnis satu ini benar-benar tidak memiliki keahlian atau teknik khusus. Bentuk sesuai yang anda inginkan atau sesuai gambar dan jangan lupa menempelkannya dengan menggunakan lem tembak serta pasangkan pengait ring gantungan kunci pada bagian lapisan atas.

Tali gantungan kacamata/masker

 Ide bisnis satu ini perlu anda coba pada masa pandemi. Sebenarnya, tali pengait seperti pada gambar diatas sudah menjadi daftar ide bisnis yang perlu kamu coba sedari dulu, Hanya saja ide bisnis ini kurang populer karena hanya digunakan untuk tali pengait kacamata dimana tidak semua orang menggunakan kacamata. Akhirnya banyak orang mengambil keuntungan pada masa pandemi ini dengan mengembangkannya menjadi tali masker. Bentuk dan materialnya pun beragam sesuai kreasi anda atau keinginan konsumen. Anda bisa menggunakan tali prusik seharga kurang lebih Rp 1.000,00/ tali, rantai seharga Rp 6.500,00/ 20pcs, atau senar elastis seharga Rp 4.000,00/ gulung yang biasa digunakan untuk membuat gelang. Tidak berbeda jauh dari membuat gelang, anda hanya perlu membeli senar elastis dan manik-manik yang beragam lalu anda masukan satu persatu sesuai model dan warna yang anda inginkan. Barang ini bisa dijual dengan kisaran harga Rp 15.000,00 – Rp 20.000,00 tergantung model dan ukuran. Harga ini terbilang lumayan hanya dengan menyusun manik-manik kedalam benang tanpa adanya teknik atau pembelajaran khusus.

Diharapkan ulasan ide bisnis diatas dapat membantu perekonomian anda dalam masa pandemi seperti ini serta dapat berguna bagi para pengangguran untuk lebih kreatif lagi menemukan peluang ide bisnis. Ide-ide tidak berhenti sampai di sini saja. Ada banyak ide kreatif yang dapat menghasilkan uang. Jangan selalu menunggu datangnya lapangan pekerjaan, tetapi ciptakanlah lapangan pekerjaan itu bagi orang lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *