Cara Budidaya Hypoestes (Tanaman Polka dot)

Cara Budidaya Hypoestes (Tanaman Polka dot)

Hypoestes phyllostachya, atau tanaman polkadot, adalah spesies tanaman berbunga di keluarga Acanthaceae, asli Afrika Selatan, Madagaskar, dan Asia Tenggara. Bintik-bintik sering bergabung menjadi area warna yang lebih luas, tanaman ini memiliki warna daun cukup unik dan menyegarkan mata. Tanaman yang berasal dari zona tropis seperti Madagaskar, India dan Afrika Selatan ini termasuk dalam keluarga Acanta. Pecinta tanaman pasti tidak melewatkan tanaman dengan sebutan hypoestes ini dalam daftar tanaman hias mereka.

Tanaman polkadot dengan nama latin Hypoestes phyllostachya adalah tanaman kecil yang menarik perhatian dengan daun berbintik-bintik cerah yang menonjol dari kebanyakan dedaunan lainnya. Pada dasarnya, hyopestes memiliki 3 jenis warna: hyopestes merah muda-hijau, merah-hijau, putih-hijau. Keanekaragaman ini membuat rumah anda semakin bewarna dan memiliki estetika. Tetapi ada beberapa variasi lain tersedia yang berbintik atau berbintik-bintik dengan warna ungu dan banyak lagi. Petani hypoetses juga telah mengembangkan tanaman dengan warna yang lebih pekat dan kontras yang lebih cerah, sehingga tanaman lebih banyak bermunculan Memperbanyak Tanaman Hypoestes Tropis dengan Mudah

Tips Budidaya Tanaman Hypoestes

Tanaman polkadot atau hypoestes tidak terlalu sulit untuk tumbuh, tetapi karena mereka hanya tumbuh di daerah beriklim hangat, sehingga banyak petani hypoestes mmbudidayakannya hanya semusim dan menggantinya dengan tanaman baru setiap tahun. Mereka juga bisa ditanam dalam wadah dan sebagai tanaman hias. Hypoestes memiliki tingkat pertumbuhan sedang, dan tetap relatif kecil saat dewasa, terutama saat ditanam di dalam ruangan.
Harga untuk tanaman polkadot atau hypoestes ini tergolong cukup terjangkau. Semua pilihan warna memiliki harga yang sama yaitu sekitar Rp 25.000,00 tergantung besar dan kota penjual.

Berikut cara budidaya tanaman Hypoestes:

Potong tangkai bagian hypoestes atas

Dengan harga beli Rp 25.000,00 biasanya anda mendapatkan ukuran yang cukup kecil sehingga akan sulit untuk melakukan budidaya. Biarkan atau rawat hypoestes yang baru anda beli sekitar satu bulan hingga hypoestes tumbuh lebih tinggi dari semula. Segera setelah membeli tanaman, anda harus menunggu dan mengamati terlebih dahulu sekitar seminggu apakah ada hama atau penyakit yang melanda tanaman baru beli anda.

Pindahkan kedalam media tanam

Pindahkan ke media dan pot yang baru setelah anda berhasil melakukan pengamatan dengan hasil yang positif. Tetapi jika anda menemukan sesuatu yang buruk segera atasi dengan menyemprotkan obat khusus hama jika terserang hama. Tanaman hypoestes terbilang tidak rewel dan mudah untuk dirawat. Hypoestes tidak menuntut jenis tanahatau media untuk penanamananya serta proses pemberian airyang tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda hanya perlu melakukan penyiraman seperti 2 hari sekali atau jika tanah terlihat kering.

Cara Budidaya Hypoestes (Tanaman Polka dot)

Dapat dipahami bahwa tanaman hypoestes berasal dari negara tropis, yang membuat tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup. Semua prosesini akan membuat pertumbuhan hypoestes cepat berkembang sehingga siap untung di budidayakan. Potong bagian atas sepanjang kurang lebih 5 cm menggunakan gunting khusus tanaman setelah hypoestes cukup tinggi dan lebih rimbun. Ambil beberapa bagian yang bisa diambil atau di kembangbiakkan.

Proses penumbuhan akar

Siapkan media air hampir penuh di dalam gelas plastis bekas agar telihat apakah batang terendam di air atau tidak. Hal ini penting karena hypoestes akan kering selayaknya tanaman yang kekurangan air. Jika batang tidak terendam dan tanaman kering maka hypoestes sudah tidak bisa diselamatkan kembali. Hindari pembelian gelas plastik baru untuk mengurangi pengeluaran biaya atau modal. Gunakanlah gelas plastik dari bekas anda membeli minuman-minuman kopi kekinian.

Pastikan Mendapat Cukup Sinar Matahari

Setelah memastikan bahwa semua batang terendam air, letakkan gelas plastik pada daerah rumah yang terkena sinar matahari tidak langsung. Pada tanaman hypoestes, harus diketahui bahwa sinar matahari penting baginya, hypoestes merupakan tanaman tropis yang membutuhkan sinar matahari. Sinar matahari yang diterima pada tanamana hypoestes dapat dilihat pada warna bercak daunnya. Saat tanaman hypoestes terkenapaparan sinar matahari langsung dengan waktu yang cukup lama atau terlalu lama atau menerima paparan sinar matahari secara berlebihan membuat bercak pada daun semakin kecil atau bisa menghilang. Oleh karenanya, perhatikan kebutuhan tanaman anda.

Lakukan Pemupukan

Untuk menjaga kecerahan bintik-bintik pada daun secara konstan, pemupukan juga bisa menjadi alternatif yang dilakukan dengan pupuk sampel universal, tetapi dengan indikator kalium yang meningkat (sekitar sebulan sekali). Berikut hal yang terjadi jika tanaman hypoestes anda terlalu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama. Lalu bagaimana jika hypoestes kekurangan sinar matahari? Tentu saja hasil bercak pada daun yang dihasilkan tidak akan sempurna atau kurang cantik. Bagi pecinta tanaman, hal ini penting untuk melengkapi serta mempercantik dekorasi rumah. Saran yang bisa diberikan dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan lampu khusus atau lampu fluoresen. Bukan hal yang tidak mungkin terjadi karena ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki curah hujan terlalu tinggi serta suhu yang dingin seperti di kota Bandung dimana sulit untuk mendapatkan sinar matahari langsung di setiap harinya.

Cek Suhu Air

Cek selalu kebutuhan air agar tidak kering dan batang tetap terendam. Proses ini akan memakan waktu setidaknya 15 hari untuk mendapatkan akar yang rimbun. Sifat tanaman hypoestes yang rimbun ini terkadang membuat batang tersangkut pada permukaan gelas sehingga susah untuk membuat batang terendam air. Jika terjadi hal seperti ini, anda bisa memotong atau membuang ranting-ranting pada bagian bawah batang yang menghalangi terendamnya batang ke dalam air.

Lakukan Proses penanaman

Saat akar sudah mulai lebat seperti pada gambar diatas, sudah dapat dipastikan bahawa hypoestes siap ditanam. Siapkan media pot sebagai wadah serta tanah yang sudah tercampur sekam bakar dan pupuk kendang. Anda hanya perlu membuat lubang lalu kubur akar hingga tak terlihat.

Suhu dan kelembapan yang hangat adalah kunci untuk menumbuhkan tanaman polkadot. Diharapkan untuk menyiram secara teratur kecuali saat tanaman sering terkena hujan. Tanaman ini memang cenderung berkaki panjang, jadi jika anda mengharapkan pertumbuhan yang lebih lebat, cubit dua daun teratas di setiap batang setiap minggu. Ini juga dapat membantu tanaman tumbuh lebih sehat dan lebih bertenaga. Ketahannya yang baik terhadap penyakit dan hama menjadi salah satu keunggulan yang disukai oleh petani tanaman.

Tetap saja anda perlu merawat tanaman ini dari hama-hama atau penyakit umum yang terjadi atau membahayakan tanaman. Hati-hati dengan kutu putih, dan kutu daun pada tanaman hypoestes anda. Anda mungkin melihat dedaunan yang berubah warna, berlubang, atau tampak tidak sehat, bersama dengan serangga kecil yang bergerak di tanaman. Tanaman yang ditanam di dalam ruangan dalam kondisi yang kurang optimal biasanya memiliki lebih banyak masalah dengan hama dan penyakit daripada tanaman yang ditanam di luar dalam lingkungan yang benar.

Hypoestes dapat tumbuh hingga ketinggian 50 cm dan sebaiknya dipangkas di ketinggian dibawah 20 supaya tetap terlihat cantik dan rimbun. Cocok sebagai tanaman hias dalam pot yang diletakkan dalam ruangan, di teras atau di bawah naungan.
Hypoestes siap memperindah rumah anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.