Siapa Pemilik Tiktok, Ini Jawabannya

Tag:
Siapa Pemilik dan Pendiri Tiktok, Ini Jawabannya

Apakah kamu pernah bermain Tik Tok lalu penasaran dengan siapa sebenarnya orang yang telah mendirikan dan memiliki aplikasi Tik Tok tersebut, di artikel kali ini saya akan coba membahas mengulas dan mengupas tuntas mengenai siapa sosok pendiri dan pemilik tiktok saat ini.

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang cukup digandrungi khususnya kalangan milenial, di tik-tok banyak hiburan yang bisa kita temukan, Mulai dari video lucu, challenge, Tutorial, informasi menarik dan juga masih banyak yang lainnya.

Apa itu Tik Tok?

Tiktok merupakan sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat dan juga mengupload serta membagikan video pendek kepada orang lain. Saya yakin anda yang membaca artikel Ini juga pasti sudah pernah menggunakan Tik Tok. Saking Terkenalnya tiktok aplikasi ini bahkan mampu menarik perhatian teknologi terbesar seperti Facebook dan Google.

Siapa pendiri dan pemilik tiktok?

Siapa Pemilik Tiktok, Ini Jawabannya
Zhang Yiming

Awalnya Pemilik TikTok, adalah Zhang Yiming yang merupakan pendiri Pendiri ByteDance. Zhang lahir 10 April 1983 di Longyan, Fujian. Zhang adalah seorang insinyur perangkat lunak lulusanUniversitas Nankai di Tianjin. Zhang Yiming adalah pengusaha internet miliarder China. Dia mendirikan ByteDance pada tahun 2012.
Zhang Yiming (38) mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) ByteDance, posisinya digantikan oleh salah satu pendiri ByteDance dan Kepala Sumber Daya Manusia, Liang Rubo.

Pengertian tiktokers dan konten kreator

Orang/akun yang membuat video dan menguploadnya ke tiktok itu sering disebut dengan konten kreator hampir sama dengan pembuat video youtube. Sedangkan tiktoker mungkin lebih di tujukan kepada pengguna orang yang sering menggunakan tiktok, tapi biasanya pengguna tiktok juga memiliki akun sendiri yang digunakan untuk mengupload video-videonya.

Sejarah Berdirinya Tiktok

Berikut rangkuman secarah berdirinya tiktok

Asal Usul Tiktok

  1. Zhang berpikir bahwa pengguna ponsel pintar China sedang berjuang untuk menemukan informasi di aplikasi seluler yang tersedia pada tahun 2012 dan raksasa pencarian Baidu mencampurkan hasil pencarian dengan iklan yang dirahasiakan. Visinya adalah untuk mendorong konten yang relevan kepada pengguna menggunakan rekomendasi yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan . Visi ini, bagaimanapun, tidak dimiliki oleh sebagian besar pemodal ventura, dan dia gagal mendapatkan pendanaan sampai Susquehanna International Group setuju untuk berinvestasi di startup. Pada Agustus 2012, ByteDance meluncurkan aplikasi berita Toutiao dan dalam waktu dua tahun menarik lebih dari 13 juta pengguna setiap hari. Sequoia Capitalia, yang menolak Zhang pertama kali, muncul dan memimpin investasi US$100 juta di perusahaan tersebut pada tahun 2014.
  2. Zhang berfokus pada perluasan ByteDance secara global, berbeda dengan CEO teknologi China lainnya yang berfokus pada pertumbuhan domestik perusahaan mereka. Zhang bersikeras bahwa aplikasi produktivitas tempat kerja ByteDance, Lark, ditargetkan di pasar Amerika, Eropa, dan Jepang, daripada membatasi fokus ke China seperti yang diusulkan semula. Gaya manajemen Zhang dengan ByteDance dimodelkan pada perusahaan teknologi AS seperti Google dan termasuk pertemuan balai kota dua bulanan dan mencegah karyawan untuk menyebutnya sebagai “bos” atau “CEO,” seperti konvensi Cina.
  3. Pada bulan September 2015, ByteDance meluncurkan aplikasi berbagi video TikTok (dikenal sebagai Douyin di China) dengan sedikit keriuhan. Produk ini langsung menjadi hit di kalangan milenial dan menjadi populer di seluruh dunia. ByteDance membeli Musical.ly setahun kemudian seharga US$800 juta dan mengintegrasikannya ke TikTok.
  4. Aplikasi pertama ByteDance, Neihan Duanzi, ditutup pada 2018 oleh Administrasi Radio dan Televisi Nasional . Sebagai tanggapan, Zhang mengeluarkan permintaan maaf yang menyatakan bahwa aplikasi itu “tidak sesuai dengan nilai-nilai inti sosialis “, bahwa itu memiliki implementasi Pemikiran Xi Jinping yang “lemah” , dan berjanji bahwa ByteDance akan “lebih memperdalam kerja sama” dengan Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa untuk lebih baik mempromosikan kebijakannya.
  5. Pada akhir 2018, dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan di seluruh aplikasi selulernya, ByteDance bernilai US$75 miliar, melampaui Uber untuk menjadi startup paling berharga di dunia. [7] Kekayaan pribadi Zhang diperkirakan mencapai $22,6 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-9 di Tiongkok.
    Pada September 2020, Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyebut Zhang sebagai “corong” Partai Komunis Tiongkok dalam pengajuan hukum.
  6. Pada Mei 2021, dia mengatakan akan mengundurkan diri sebagai CEO dan akan digantikan oleh Rubo Liang.
  7. Saat ini Bytedance dikabarkan sudah memutuskan untuk mengandeng Oracle untuk menjalankan operasi TikTok di Amerika Serikat (AS) dan menolak tawaran akuisisi yang ditawarkan Microsoft dan Walmart.

Cara Mendapat Uang Di Tiktok

Dari mana konten kreator tiktok mendapatkan uang? Buat Anda yang penasaran Bagaimana cara memperoleh uang dari tiktok Nah berikut ini sudah saya rangkum beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghasilkan uang dari video dan juga akun tiktok yang kalian buat:

  • Endors- Mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah endorsement yaitu dengan cara memberikan sebuah barang untuk direview kepada influencer, endors ini biasanya akan mulai masuk saat akun yang anda kelola memiliki banyak followers, like, dan tayangan video, hal ini digunakan brand untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok.
  • Donasi atau Payout Coins – Cara kedua mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan donasi dari followers. Konsepnya mirip dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang dapat ditukar dengan uang.
  • Affiliate – Saat Saat anda memiliki banyak follower Anda memungkinkan untuk bisa menghasilkan uang dari affiliate atau afiliasi yaitu dengan merekomendasikan sebuah produk dan saat konsumen membeli melalui link yang anda bagikan anda akan mendapatkan komisi sekian persen dari penjualan tersebut. Contohnya adalah amazon affiliate yang saat ini banyak juga digunakan oleh youtuber review. Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok.
  • Jadi artis/ Infuencer Taukah kamu Banyak yang terkenal dari tiktok? Hal ini karena fenomena viral yang saat ini sering terjadi, tentu saja kamu tau ya kalau seseorang viral juga sangat berdampak pada penghasilan seseorang.. tidak jarang seseorang yang viral di tiktok menjadi terkenal di dunia nyata bahkan bisa sampai diundang di stasiun-stasiun televisi dan menghasilkan uang dari sana. Contohnya banyak bowo tiktok, bulan sutena dan masih banyak lagi.

Saat ini ByteDance memiliki lebih dari 60.000 karyawan yang tersebar di 30 negara di dunia. Perusahaan ini memiliki serangkaian produk populer termasuk Douyin, TikTok versi China, aplikasi agregasi Today’s Headlines, dan aplikasi produktivitas Lark, yang memiliki fungsi penyimpanan cloud, obrolan, dan kalender. Selain AS, beberapa orang di dunia juga diketahui menyukai aplikasi TikTok. Diketahui, TikTok sudah diunduh lebih dari 800 juta kali oleh pengguna global. Tidak hanya menguntungkan bagi ByteDance, komedian lip-sync seperti Sarah Cooper dan penari Charli DÁmelio menjadi terkenal berkat TikTok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.