jack ma orang terkaya dicina pendiri alibaba dan aliexpress

Jack ma Orang Terkaya Di China pendiri Alibaba dan ali express

Alibaba merupakan salah satu media untuk berbelanja lebih dikenal dengan istilah online shop yang sangat terkenal yang berasal dari cina. bahkan saking terkenalnya sering anda temukan beberapa importir di Indonesia yang membeli produk dari Alibaba terutama untuk barang-barang yang memang hanya dijual dari China atau yang belum masuk resmi ke Indonesia, Nah diartikel kali ini kita akan membahas sosok kok dibalik berdirinya alibaba.com ini Serta bagaimana sejarah berdirinya perusahaan tersebut.

Apa itu Alibaba dan ali express?

Untuk Anda yang mungkin sering berbelanja dari luar negeri mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua situs jual beli ini: 

  1. Alibaba merupakan marketplace online yang menyediakan lapak bagi perusahaan, pabrik produksi atau pedagang besar barang-barang yang nantinya akan dijual ke pedagang/pengecer.
  2. Aliexpress adalah layanan tempat orang-orang yang ingin menjual dan memasarkan dagangannya. konsep yang diterapkan di alibaba sama atau mirip dengan Tokopedia. Jadi penjual bisa bebas membuka dan menjual barang-barang di sana, penjualan di aliexpress sangat luas karena bisa menjangkau pembeli dari berbagai belahan dunia.  

Perbedaan alibaba dan aliexpress

Alibaba adalah tempat dimana anda bisa membeli langsung produk untuk dijual kembali dari supplier atau pabrik. Biasa digunakan untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar sehingga tidak heran jika platform ini digunakan oleh banyak importir terutama dari indonesia.

  • kelebihan Yang ditawarkan oleh AliExpress yaitu adalah harganya yang murah Hal ini dikarenakan kita membeli langsung dari supplier ataupun pabrik penyedia barang. 
  • kekurangannya kita harus membeli produk dari AliExpress dalam jumlah besar.

Sedangkan AliExpress adalah marketplace yang menyediakan tempat untuk pedagang menjajakan dagangannya secara online. jadi bentuknya kurang lebih sama dengan yang ada di Indonesia yaitu Tokopedia shopee ataupun Bukalapak. 

  • Kelebihannya kita bisa membeli produk dalam jumlah satuan. 
  • Kekurangan harganya tidak semurah jika kita membeli dalam jumlah banyak di alibaba apalagi jika produk yang anda beli termasuk dalam benda yang kena bea cukai.

Asal usul Nama Alibaba group

Asal Nama Alibaba Buatan Jack Ma Terinspirasi Cerita 1001 Malam. 

Kapan alibaba didirikan?

Jack ma resmi mendirikan Alibaba pada tahun 1999 yang lalu dan saat ini alibaba menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Perusahaan alibaba berhasil menjual dan memasarkan produk bukan hanya di cina tapi juga ke mancanegara, bahkan bisa sampai ke indonesia.

Siapa Pendiri dan pemilik Alibaba?

Pendiri Alibaba adalah Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964. 

Sedangkan Kepemilikan alibaba dipegang dibawah kekuasaan SoftBank Mobile Alibaba Group/Organisasi induk. Jack ma sendiri sekarang menjabat sebagai Chairman Eksekutif dari Alibaba Group.

Mengenal lebih jauh sosok jack ma

Jack ma dilahirkan di daerah Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Jack Ma adalah sosok yang sangat terkenal, saya yakin anda pasti pernah mendengar namanya. Hal ini wajar karena jack ma memang merupakan Salah satu tokoh yang sangat terkenal di dunia saat ini, kita pasti sering melihat Jack Ma ada video-video motivasi dan seminar-seminar yang bertebaran di internet terutama youtube. Tahukah kamu sebelumnya Jack Ma adalah Seorang mantan guru bahasa Inggris, di tiongkok. 

Sebuah sumber menyebutkan jika Kekayaan jack ma saat ini diperkirakan mencapai 43,4 miliar USD (tahun 2021).

Sejarah awal berdirinya alibaba

Saat berumur 12 tahun, Jack Ma tertarik untuk belajar bahasa Inggris, masa kecilnya dia dihabiskan sebagai pemandu wisata di sebuah hotel di dekat Danau Hangzhou. Pada saat itu negara Tiongkok baru mulai membuka diri kepada publik dan mulailah banyak turis yang datang ke Tiongkok. Hal inilah yang buat pemikiran jack ma kecil lebih terbuka dibandingkan teman-teman seumurnya.

Selanjutnya jackma mengenyam pendidikan ke Universitas institut keguruan dan ilmu pendidikan Hangzhou. Di sini dia belajar menjadi guru sekolah menengah. Setelah lulus dari Universitas, dengan gelar Sarjana di bidang bahasa Inggris, jackma selanjutnya ditugaskan mengajar di universitas dengan gaji sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000-Rp 142.500 per bulan.

Lalu Pada tahun 1992, saat perekonomian Tiongkok mulai bertumbuh, ma mulai mencoba melamar di berbagai pekerjaan, akhirnya ia menjadi sekretaris general manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken. Disinilah ma berkenalan dengan komputer dan internet, dari seorang teman. Ketika dia mencari kata “beer” di mesin pencari Yahoo, dia menemukan kenyataan bahwa tidak ada data tentang Tiongkok. Akhirnya dia tertarik pada komputer dan meminjam uang 2.000 dollar AS dari kerabatnya untuk mendirikan perusahaan komputer. Padahal dia tidak mengerti tentang komputer ataupun elektronik, bahkan dia tidak pernah menyentuh papan tik komputer sebelumnya.

Setelah mengenal internet, ma memutuskan untuk memfasilitasi para pedagang Tiongkok menjual barang ke luar negeri melalui dunia maya, dia mendirikan Alibaba. Sekarang perusahaan yang dia pimpin, Alibaba Group bernilai lebih dari US$ 200 miliar setelah melantai di Bursa New York pada Oktober 2014.

Jack ma Orang Terkaya Di China pendiri Alibaba dan ali express

Alibaba Group sendiri resmi didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma bersama 17 rekannya. Kedelapan belas pendiri Alibaba Group ini, antara lain Jack Ma, Joseph Tsai, Jane Jiang, Trudy Dai, Jin Jianhang, James Sheng, Simon Xie, Lucy Peng, Toto Sun, Han Min, Eddie Wu, Cathy Zhang, Lou Wensheng, Zhou Yuehong, Tony Yiu, Jin Yuanying, Ma Chengwei, dan Shi Yufeng.

Sejak awal, para pendiri alibaba memiliki keyakinan bahwa internet akan menghadirkan kesetaraan dengan memampukan para pelaku UMKM untuk memanfaatkan inovasi dan teknologi untuk tumbuh dan berkompetisi secara efektif di tingkat domestik dan global.

Berawal dari satu website untuk membantu eksportir, pabrik dan pengusaha Tiongkok untuk menjangkau pasar internasional, kini Alibaba telah berubah menjadi perusahaan raksasa dibidang teknologi yang terintegrasi dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka di dunia. Lini usahanya oun sangat beragam hingga membentuk sebuah ekosistem yang dinamakan ekosistem Alibaba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *