Alat Pernapasan Pada Hewan, tumbuhan dan manusia

Alat Pernapasan Pada Hewan, tumbuhan dan manusia

Tidak hanya manusia hewan dan tumbuhan juga perlu bernafas, sama seperti manusia saat hewan bernapas terjadi pertukaran gas dengan sirkulasi darah. Memindahkan udara dari luar kedalam tubuh. Saat melakukan proses bernapas, dada hewan mamalia akan naik-turun. Ini disebabkan oleh otot diafragma yang berkontraksi dan bekerja memompa udara. diartikel kali ini kita akan bahas sisterm pernafasan pada hewan tumbuhan dan manusia

Manfaat Pernafasan Secara Umum

Bernapas merupakan salah satu hal dasar yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Proses fisiologis ini bertujuan dalam menyediakan asupan oksigen untuk keperluan metabolisme tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Melindungi dan menjaga mukosa pernapasan dari dehidrasi, perubahan suhu, atau variasi lingkungan sekitar, serta mempertahankan permukaan mukosa lainnya dari invasi bakteri patogen.

Pengertian Inspirasi dan Ekspirasi pada sistem pernafasan

proses memasukkan udara luar ke dalam tubuh disebut Inspirasi. Sedangkan proses mengeluarkan udara dari dalam tubuh ke luar disebut ekspirasi. 

alat pernapasan hewan 

Apa saja sistem pernapasan hewan mamalia?

Mamalia adalah sebutan untuk hewan yang menyusui, mamalia sebagian besar bernafas dengan menggunakan paru paru, alat pernapasan pada hewan mamalia meliputi:

  1. Hidung
  2. tenggorok(saluran pernafasan)
  3. Paru paru

Contoh hewan mamalia sangat banyak diataranya

  • Kucing
  • Kambing.
  • Kuda.
  • Platyphus.
  • Kelelawar.
  • Kucin.
  • Singa.
  • Macan dst
  • Sapi.

Berbeda dengan hewan lainnya, organ pernapasan sapi terdiri dari hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru.

Pernapasan hewan reptil

Reptil bernapas dengan menggunakan paru-paru,  reptil memiliki katup pangkal Tenggorok yang berfungsi sebagai katup yang mencegah air supaya tidak masuk ke dalam paru-paru pada saat menyelam ke dalam air.  sedang terdapat  yaitu kloaka

Ada juga hewan reptil yang juga menggunakan paru-paru untuk bernapas. 

pernapasan pada serangga 

Umumnya serangga bernafas menggunakan trakea trakea merupakan pembuluh pembuluh darah halus bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga.  Stikma atau spirakel Adalah lubang-lubang pernafasan di kedua sisi tubuh serangga yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.

Pernapasan pada hewan ikan

Ikan adalah hewan yang bernafas menggunakan insang yang terletak disamping kiri dan kanan kepala ikan, insang memiliki pelindung yang biasa disebut dengan tutup insang. Di Dalam insang terdapat filamen yang berbentuk tonjolan daging lembut mirip sirip sisir pada insang. Disana juga terdapat lamella yang merupakan selaput halus pada filamen yang mengandung ribuan pembuluh darah kapiler. Pertukaran oksigen yang larut didalam air dengan karbon dioksida terjadi pada lembar insang. 

Bagian Insang terdiri atas 3 bagian utama, yaitu:

  1. Rigi-rigi insang yang berfungsi untuk menyaring air agar kotoran pada air tidak masuk kedalam lembar insang.
  2. Lembaran insang berfungsi untuk menyerap oksigen yang terkandung dalam air.
  3. Lengkung insang berfungsi sebagai tempat lembar insang melekat.

Ikan yang habitat hidupnya di dalam lumpur seperti lele, belut, gurami dan gabus memiliki lipatan insang yang disebut labirin yang berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen. 

Sebagian besar hewan yang hidup di air menggunakan insang untuk bernapas. Alat pernapasan berbeda digunakan hewan lain, seperti serangga dan cacing.

Alat pernapasan cacing

Cacing bernafas dengan menggunakan kulit, itulah sebabnya cacaing tanah selalu lembab atau basah untuk memudahkan masuknya oksigen kedalam tubuh dan mengeluarkan karbon dari dalam tubuh. Kulit cacing terdapat katikula yang merupakan selaput tipis dan bening yang menutupi tubuh cacing tanah.

Alat pernapasan katak

Katak adalah hewan amfibi yaitu hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu darat dan juga air.

Pernapasan pada hewan amfibi, Ketika masih berbentuk berudu (cebong) katak bernafas dengan insang, tapi ketika dewasa katak akan bernafas dengan paru paru ketika di darat dan kulit serta selaput rongga mulut ketika di air.  

alat pernapasan ular

Organ pernapasan ular adalah paru-paru. Letak paru-paru ular terdapat di dalam rongga dada dan dilindungi tulang rusuk. Paru-paru pada hewan reptil itu berbentuk sederhana. Paru-parunya hanya memiliki beberapa lipatan dinding yang berfungsi untuk memperbesar permukaan paru-paru. Udara masuk melalui hidung => batang tenggorokan => paru – paru.

Dalam paru – paru, oksigen diserap, sedangkan karbon dioksida dikeluarkan. Contoh reptile adalah ular, kadal, buaya, cicak, dan biawak.

Alat pernapasan burung

Alat pernapasan pada burung sedikit berbeda karena terdapat paru paru dan juga pundi pundi udara. Didalam alat pernapasan burung terdapat 

Alat Pernapasan Pada Hewan, tumbuhan dan manusia
sistem ernafasan pada burung
  • Lubang hidung
  • Tenggorok
  • Paru paru 
  • Pundi pundi udara

Pundi udara pada burung berfungsi sebagai tempat penyimpanan udara yang digunakan untuk membantu burung bernafas pada saat terbang. Digunakan untuk mengeraskan suara pada saat berkicau, membantu meringankan tubuh burung saat terbang dan juga menjaga panas tubuh.

Ada 5 pasang pundi udara pada burung yaitu:

Pundi udara pangkal leher, Pundi udara antar tulang selangka bercabang-cabang membentuk pundi udara dalam tulang lengan atas , pundi udara dada depan, pundi udara dada belakang dan pundi udara perut.

Pernapasan hewan invertebrata

Invertebrata atau Avertebrata adalah hewan yang termasuk kedalam jenis hewan yang tidak memiliki tulang punggung antar ruas-ruas tulang belakang.

Kelompok hewan invertebrata hanya memiliki dua sistem pernapasan, yaitu difusi dan sistem trakea. Pada pernapasan dengan cara difusi, pertukaran gas terjadi karena perbedaan tingkat oksigen dan karbon dioksida pada lingkungan dan sel-sel tubuhnya.

Alat Pernapasan Pada Hewan Selain Insang pada Ikan

  • Paru-paru. Selain menjadi alat pernapasan untuk manusia paru paru juga merupakan organ beberapa hewan lain.
  • Trakea adalah alat pernapasan pada serangga.
  • pernafasan kulit misalanya seperti pada cacing

pernafasan pada tumbuhan

Stomata merupakan celah celah yang berada pada lapisan epidermis tumbuhan. Pada tumbuhan, stomata biasanya jumlahnya sangat banyak dan terletak di bagian permukaan bawah dan atas daun tumbuhan. Stomata atau yang dikenal juga sebagai mulut daun adalah alat pernapasan pada tumbuhan berupa celah yang dikelilingi dua sel penjaga yang terletak di permukaan daun. Dikutip dari Biology Dictionary, stomata memiliki tugas untuk memastikan ada karbon dioksida yang menembus daun dan jaringan lain.

Pernafasan pada manusia

Manusia bisa melakukan dua cara pernapasan yaitu menggunakan pernapasan dada dan pernapasan perut. Manusia bernapas menggunakan alat atau organ-organ pernapasan yang terdiri dari hidung, faring, trakea, bronkus, bronkiolus dan paru-paru. Pada paru-paru yang normal, volume udara bisa mencapai 4500 cc.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *