Cara mendapatkan uang dari youtube short

Cara mendapatkan uang dari youtube short

Tahukah kamu jika sekarang kita bisa memperoleh uang dari youtube short? Seperti yang kita tahu jika google mengeluarkan sebuah fitur baru di media sosial berbagi video miliknya yaitu youtube fitur ini diberi nama dengan youtube short. YouTube telah mengumumkan, bahwa pada bulan Agustus ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 negara akan mulai menerima bayaran gaji yang berkisar antara 100 hingga 10.000 dollar AS setiap bulan. Atau setara dengan Rp 1,4 juta hingga Rp 143,9 juta. Sangat menggiurkan, bukan? 

Tujuan dibuatnya youtube short

tujuan utama youtube menambahkan fitur berbagi video singkat ini adalah untuk mengungguli pesaingnya yaitu TikTok dan Reels Instagram. Seperti yang kita tahu sekarang ini semakin banyak kaum milenial yang beralih ke tiktok. sehingga untuk menggaet lebih banyak kreator untuk menggunakan YouTube Shorts. Salah satu caranya adalah dengan memberi imbalan atau gaji dengan nilai total 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,43 triliun, melalui program bernama Shorts Fund.

Mengutip dari laman resmi google pendanaan YouTube Shorts adalah pendanaan sebesar $100 juta untuk mengapresiasi kreator atas dedikasinya dalam membuat video Shorts yang kreatif dan orisinal untuk menghibur komunitas YouTube. Kami akan menghubungi ribuan kreator setiap bulan guna memberi tahu bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus Shorts dari pendanaan.

Syarat memperoleh gaji dari youtube short

Bagaimana caranya agar saya memenuhi syarat untuk mendapatkan Pendanaan YouTube Shorts? setiap bulan, google akan memberi tahu ribuan kreator Shorts untuk mengklaim bonus dari Pendanaan YouTube Shorts berdasarkan performa Shorts channel mereka pada bulan sebelumnya. Video Shorts suatu channel akan diperhitungkan dalam performa bulanan channel tersebut. Setiap bulan akan diperhitungkan asalkan ada orang yang menontonnya, dan bukan hanya bulan saat video tersebut diupload.

Tidak ada batas performa yang spesifik agar memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus. Tingkat performa yang dibutuhkan agar memenuhi syarat untuk mendapatkan pembayaran bonus mungkin berubah dari bulan ke bulan berdasarkan berbagai faktor, termasuk lokasi penonton dan perkembangan Shorts secara keseluruhan.

Performa Shorts channel Anda akan ditinjau setiap bulannya, jadi meskipun Anda tidak memenuhi syarat pada bulan ini, Anda mungkin memenuhi syarat pada bulan berikutnya.

Channel yang memenuhi syarat dapat menerima antara $100–$10.000 setiap bulannya. Bonus disesuaikan berdasarkan lokasi audiens kreator. Akibatnya, jumlah penayangan dan interaksi yang diperlukan agar memenuhi syarat dapat berbeda antar-kreator.

Pembayaran bonus akan dilakukan pada akun AdSense yang ditautkan ke channel Anda. Pemotongan/pemungutan pajak dan kepatuhan terhadap kebijakan AdSense yang lain diperlukan untuk menerima pembayaran.

Bagaimana cara mengklaim pembayaran bonus saya dari Pendanaan YouTube Shorts?

Kreator yang memenuhi syarat dapat memilih KLAIM BONUS di email atau notifikasi dalam aplikasi untuk membuka halaman Pendanaan YouTube Shorts di YouTube Studio. Dari halaman ini, kreator harus menyelesaikan dua langkah untuk mengklaim bonus:

Menyetujui persyaratan bonus.

Menyiapkan atau menautkan akun AdSense.

Untuk channel dengan akun AdSense aktif yang telah ditautkan, atau channel yang menerima pembayaran dari MCN atau jaringan, bonus Anda akan diklaim setelah menyelesaikan dua langkah ini.

Jika Anda menyiapkan akun AdSense, YouTube mungkin memerlukan waktu beberapa hari untuk membuat dan menautkan akun AdSense ke channel Anda. Kami akan mengirimkan email kepada Anda setelah akun AdSense ditautkan, dan mengonfirmasi apakah bonus Anda telah diklaim.

Bagaimana cara mendapatkan pembayaran bonus saya dari AdSense?

Untuk mengklaim bonus dan menerima pembayarannya, kreator yang memenuhi syarat harus memastikan akun AdSense yang aktif dan disetujui telah ditautkan ke channel mereka. Jika Anda sudah memiliki akun AdSense, bonus Anda akan dibayarkan beserta penghasilan YouTube bulanan lainnya.

Menyiapkan AdSense untuk pertama kali

Jika Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus Shorts, tetapi belum memiliki akun AdSense, kami akan membantu Anda memulai. Dari email notifikasi bonus atau notifikasi dalam aplikasi, pilih KLAIM BONUS untuk membuka halaman Pendanaan YouTube Shorts di YouTube Studio:

  • Pada “Langkah 1”, pilih MULAI untuk menyetujui persyaratan bonus.
  • Pada “Langkah 2”, pilih MULAI untuk menyiapkan akun AdSense Anda.
  • Jika diminta apakah Anda memiliki akun AdSense yang sudah ada, pilih Tidak, saya perlu membuat akun.
  • Pilih LANJUTKAN untuk membuka AdSense.
  • Pilih Akun Google yang akan digunakan untuk AdSense. 

Catatan: Jika Anda sudah menggunakan AdSense karena alasan lain di luar YouTube, login ke Akun Google yang digunakan pada akun AdSense Anda yang sudah ada.

Setelah Anda membuat akun AdSense, petunjuk lain terkait cara menyelesaikan profil AdSense akan dikirimkan kepada Anda. Hal ini mencakup mengirimkan informasi pajak yang penting, mengonfirmasi apakah detail pribadi Anda sudah benar, dan menunjukkan metode pembayaran.

Pelajari lebih lanjut cara menerima pembayaran melalui AdSense.

Kapan saya akan menerima pembayaran dari Pendanaan YouTube Shorts?

Kreator yang memenuhi syarat dan memiliki akun AdSense yang ditautkan akan menerima pembayaran 4–6 minggu sejak mereka mengklaim bonus. Jika Anda tidak memiliki akun AdSense yang ditautkan ke channel, Anda akan diminta untuk mendaftar ke AdSense atau menautkan akun yang sudah ada.

Berikut contoh cara kerjanya:

  • Januari Video Shorts baru atau lama milik kreator diperhitungkan dalam performa channel untuk mendapatkan pembayaran dari Pendanaan YouTube Shorts pada Februari.
  • Awal Februari YouTube meninjau performa channel Shorts selama Januari, dan memberi tahu kreator yang memenuhi syarat bahwa mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan pembayaran bonus.
  • 25 Februari Kreator yang memenuhi syarat mengklaim bonusnya atau masa berlakunya akan berakhir.
  • Maret – awal April AdSense memberikan pembayaran bonus bulan Februari kepada kreator yang akun AdSense-nya sudah siap untuk menerima pembayaran.
  • Channel yang harus membuat akun AdSense mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menerima pembayaran. Durasi waktunya bergantung pada seberapa cepat akun AdSense disetujui dan detail pembayaran disiapkan. Proses ini dapat memerlukan waktu beberapa bulan dan meliputi:
  • Mengirimkan informasi pajak
  • Mengonfirmasi detail pribadi Anda
  • Menunjukkan metode pembayaran
  • Setelah penyiapan selesai, pembayaran akan dilakukan dari AdSense antara tanggal 21 hingga 26 setiap bulan.

Syarat untuk Mendapatkan Uang Dari Youtube short

Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus dari Pendanaan YouTube Shorts:

  • Channel harus mengupload setidaknya satu video Shorts yang memenuhi syarat dalam 180 hari terakhir.
  • Channel harus mematuhi Pedoman Komunitas YouTube, aturan hak cipta, dan kebijakan monetisasi.
  • Channel yang mengupload video dengan watermark atau logo dari platform media sosial pihak 
  • ketiga, video tidak asli (misalnya, klip yang tidak diedit dari film atau acara TV), atau video yang diupload ulang dari channel kreator lain tidak akan memenuhi syarat.
  • Kreator harus berusia 13 tahun ke atas di Amerika Serikat, atau usia cakap hukum di negara/wilayah mereka.
  • Kreator yang berusia 13–18 tahun harus meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran jika belum ada akun AdSense yang ditautkan ke channel-nya.
  • Kreator harus berada di salah satu negara/wilayah berikut:
  1. Brasil
  2. India
  3. Indonesia
  4. Jepang
  5. Meksiko
  6. Nigeria
  7. Rusia
  8. Afrika Selatan
  9. Inggris Raya
  10. Amerika Serikat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *