sistem pernapasan pada manusia

Sistem pernapasan pada manusia

kita memerlukan nafas untuk mempertahankan hidup, Rata-rata manusia tidak sanggup menahan napas selama lebih dari 30 detik. Seseorang yang dalam keadaan sangat sehat pun paling banter bisa menahan napas selama dua menit. Manusia memang bukan ikan yang bisa hidup dan bernafas di dalam air.

Proses yang terjadi saat kita bernafas

oksigen dibawa masuk kedalam paru paru kemudian digantikan dengan karbon yang dibuang keluar seiring dengan kita menghembuskan nafas. proses memasukan udara kedalam tubuh disebut inspirasi sedangkan proses mengeluarkan udara disebut expiraksi

Yang terjadi saat kita menahan nafas 

Saat Anda menahan napas, kadar oksigen di dalam tubuh akan turun (hipoksia) dan kadar karbon dioksida akan naik secara perlahan karena zat ini ikut dikeluarkan saat bernapas.  JIak terlalu lama menahan nafas bagian dada yang ditekan, otak pun bisa kekurangan oksigen. Hal itu menyebabkan pingsan sesaat dan bisa disertai kejang-kejang. 

secara teori seseorang tidak mungkin “bunuh diri” dengan menahan napas terlalu lama karena tubuh akan secara respon memaksa untuk kembali bernapas.

Alat pernapasan manusia 

alat pernapasan manusia terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorok (laring), tenggorok (trakea), paru-paru.

sistem pernapasan pada manusia

Rongga Hidung

hidung merupakan salah satu indera manusia yang dapat mengenali bau, rongga hidung berfungsi sebagai jalan pernafasan. selain itu rongga hidung juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • indera penciuman
  • sebagai tempat penyaring udara yang masuk kedalam tubuh. Di Dalam rongga hidung terdapat rambut hidung selaput lendir yang berfungsi menyaring udara agar terbebas dari debu dan kotoran.
  • mengukur dan mengatur kelembaban udara yang masuk kedalam paru-paru.
  • faring atau tekak merupakan persimpangan antara rongga mulut dan rongga hidung.

sebenarnya bernafas bisa dilakukan melalui mulut hanya saja udara yang masuk tidak akan bisa disaring secara optimal dan memang bernafas umumnya dilakukan melalui hidung bukan mulut.

Pangkal Tenggorok (Laring)

pangkal tenggorokan terdiri dari katup pangkal tenggorok (epiglotis) dan beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. katup epiglotis berfungsi untuk  menutup saluran makanan saat berbicara dan menutup saluran udara saat makan sehingga saluran makanan terbuka.

jakun pada pria terlihat menonjol sedangkan pada wanita lebih samar.

pada laring juga terdapat pita suara yaitu organ yang berfungsi untuk memberikan warna suara.

Tenggorok (trakea)

Tenggorok sendiri berfungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan. dalam trakea terdapat selaput lendir dan sel rambut getar yang berfungsi untuk menolak debu dan benda asing yang masuk bersama udara.

tolakan secara paksa akan menyebabkan bersin atau tabuk.

tenggorok bercabang dua satu menuju paru paru sebelah kanan dan yang lain menuju kekiri. cabang tenggorok disebut bronkus.bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang terletak di dalam paru-paru.

bronkus kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus sedangkan sebelah kiri bercabang menjadi 2 bronkiolus.

alveolus adalah gelembung-gelembung udara yang terletak di ujung bronkiolus, banyak mengandung kapiler kapiler darah, alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dan uap air.

di dalam tenggorokan terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran yang masih dapat lolos ke tenggorokan.

paru-paru (pulmo)

Organ alat pernapasan utama pada manusia adalah paru paru yang berjumlah sepasang. yaitu paru kanan dan paru kiri. paru paru kanan terdiri atas 3 gelambir dan paru paru kiri terdiri atas 2 gelambir. Diafragma atau sekat rongga dada adalah alat sekat pembatas antara rongga dada dan rongga perut. paru paru dibalut selaput tipis yang disebut pleura dan dilindungi oleh tulang rusuk dan tulang dada.

Proses Pernafasan 

berdasarkan cara masuk udara kedalam paru-paru, proses pernapasan dibedakan menjadi dua macam, yaitu pernafasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan dada 

pernapasan dada adalah proses pernafasan dengan cara mengembang kempiskan rongga dada atau dibantu oleh naik turunnya tulang rusuk.

Skema pernapasan dada

  • Saat menarik napas: udara dihirup – tulang rusuk terangkat – rongga dada membesar
  • saat melepaskan nafas tulang rusuk mengendur ke bawah – rongga dada mengecil – udara terlepas

Pernapasan perut 

yaitu pernapasan dengan cara mengembang kempiskan rongga perut atau dibantu oleh mendatar dan melengkungnya diafragma atau sekat rongga dada.

skema pernapasan perut

  • Saat menarik napas: udara dihirup – rongga dada membesar – isi rongga perut tertekan – tekanan dalam rongga dada mengecil.
  • saat melepaskan napas: otot tulang rusuk mengendur ke bawah – otot perut mengendur menekan diafragma – rongga dada mengecil – udara terlepas

Gangguan pada alat pernapasan manusia

Penyakit pada sistem pernafasan

beberapa penyakit pernapasan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. influenza ditularkan oleh kuman melalui udara, mudah berpindah ke orang lain melalui bersin.
  2. Tuberkulosis (TBC) menyerang paru paru yang disebabkan oleh bakteri, ditandai dengan batuk-batuk berdahak disertai darah
  3. Pneumonia dikenal juga dengan radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. gejalanya adalah penderita akan kesulitan bernafas, batuk disertai darah, serta dada terasa nyeri.
  4. sesak nafas adalah gangguan yang terjadi karena udara yang dihisap tercemar oleh asap dan polusi udara.
  5. Pleuritis adalah peradangan yang terjadi pada selaput pleura.

Gangguan pada pernafasan

beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan pernapasan adalah:

  • Polip yaitu pembengkakan yang terjadi di rongga hidung
  • Amandel yaitu pembengkakan yang terjadi di daerah tekak atau faring.
  • Bronkitis yaitu peradangan yang terjadi pada dinding bronkus (cabang Tenggorok)
  • Asma yaitu penyempitan pada saluran pernafasan 

Cara merawat paru paru agar tetap sehat

  • sering berolahraga terutama di udara terbuka
  • tidak merokok 
  • menghindari polusi udara dan mencegah polusi atau asap
  • bernafas dalam dalam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *