Lompat ke konten

Aplikasi Alternatif Ms Office Terbaik Yang Gratis

Alternatif Ms Office berikut ini bisa dijadikan pilihan kedua jika perangkat yang sedang kita gunakan tidak memiliki aplikasi office misalnya pc kantor atau perangkat komputer dikampus.

MS Office adalah salah satu aplikasi paling penting yang sangat dibutuhkan hampir semua pengguna komputer, Ms Office menawarkan berbagai perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan kita seperti mengelola dokumen, menyiapkan presentasi, dan juga pengelola tabel dan perhitungan. Ketiga aplikasi ini digabungkan menjadi satu aplikasi yang bernama Microsoft 365 ( sebelumnya dikenal sebagai Office 365). Selain Word, PowerPoint, dan Excel sebenarnya didalamnya juga masih banyak lagi aplikasi pendukung yang tidak kalah pentingnya. Sayangnya aplikasi mircosoft 365 ini tidak gratis kita harus membeli lisensi untuk bisa menggunakannya, pilihkan Alternatif Ms Office bisa dijadikan pilihan kedua jika perangkat yang sedang kita gunakan tidak memiliki aplikasi office misalnya pc kantor atau perangkat komputer dikampus.

Alternatif Ms Office

Aplikasi Alternatif Ms Office Terbaik Yang Gratis

Libre Office

LibreOffice adalah proyek opensource yang dikelola oleh komunitas sukarelawan yang besar dan antusias yang terus bekerja untuk meningkatkan stabilitas dan menambahkan fitur baru. Ada banyak pilihan ekstensi dan template untuk membuatnya lebih fleksibel, dan gratis untuk bisnis serta pengguna rumahan.

Suite berisi enam program untuk mencakup setiap tugas kantor umum: Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base. Tiga yang terakhir adalah alat yang tidak akan Anda temukan di banyak office suite gratis lainnya, dan masing-masing dirancang untuk diagram vektor, fungsi matematika, dan database. Yang terakhir ini sangat berguna; alternatif gratis untuk Microsoft Access sulit ditemukan.

LibreOffice adalah cabang dari Apache OpenOffice, dan keduanya sangat mirip, tetapi LibreOffice adalah produk keseluruhan yang lebih baik dan mendukung konversi file dengan benar yang mempertahankan pemformatan yang ada – jadi file .doc Word Anda akan terlihat sama di LibreOffice seperti di Word, dan sebaliknya.

Kelebihan

LibreOffice menyediakan hampir Semua yang Anda inginkan dari Office suite, kompatibel dengan semua format dokumen Microsoft, dan memiliki hampir semua fitur yang akan Anda temukan di Word, PowerPoint, dan Excel versi terbaru. dan benar-benar gratis untuk digunakan bahkan untuk keperluan komersial (tanpa ada add on ataupun iklan)

Kekurangan

LibreOffice tersedia untuk Windows, Mac dan Linux, tetapi tidak ada versi seluler resmi yang tersedia kecuali untuk penampil dokumen untuk Android, memeang didalamnya memiliki beberapa fitur pengeditan, tetapi itu eksperimental dan kami tidak menyarankan anda untuk mengandalkannya.

WPS Office

WPS Office Free adalah versi ramping dari office suite premium, tetapi Anda tidak akan mengetahuinya. Masing-masing dari ketiga programnya terlihat sama licinnya dengan versi terbaru Word, Excel, dan PowerPoint, dan dikemas dengan banyak fitur.

Dukungan format file sangat baik, dan Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda dalam format asli Microsoft agar mudah dibagikan dengan pengguna Office. Tidak ada perangkat lunak basis data, tetapi WPS Office hadir dengan pembaca PDF gratis yang sangat baik yang merupakan pengganti yang bagus untuk aplikasi bawaan Windows.

Ada beberapa versi WPS Office untuk windows dan linux, dan juga Android devices, tetapi saat ini belum tersedia untuk perangkat Apple

Kelebihan

Mendukung format file Microsoft

Cross platform

Kekurangan

WPS office menampilkan iklan sesekali, yang menawarkan produk template premium, tetapi jumlahnya sedikit dan jarang sehingga tidak akan mengganggun pekerjaan Anda.

Microsoft 365 online

Microsoft 365 adalah Versi office yang lebih ramping, yang bisa digunakan secara online secara gratis, meskipun gratis tentu saja dengan menggunakan microsoft 365 online memerlukan koneksi internet untuk bisa digunakan.

Kelebihan

Sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi desktop, sehingga memudahkan kita dalam melakukan pengeditan dokumen dan juga bisa digunakan di mana saja saat kita tidak memiliki akses untuk menggunakan komputer milik kita. Dia juga bisa bekerja dengan OneDrive sehingga mampu membackup dan mensingkronkan data yang kita kerjakan.

Kekurangan

Tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh microsoft 365 versi desktopnya.

Google Workspace

Google workspace sebelumnya di kenal dengan G Suite, adalah aplikasi pengelola dokumen presentasi dan excel yang disediakan oleh google. Aplikasi ini adalah aplikasi terbaik menurut saya pribadi alasannya karena mudah digunakan, ringan bahkan bisa juga digunakan secara offline dengan menginstal addon yang disediakan oleh google, dan nanti kita bisa kemali mensingkronkan pekerjaan yang telah kita akukan saat perangkat sudah kembali terkoneksi dengan internet.

Kelebihan

Aplikasi ini memiliki tampilan yang clean dan minimalis dan bisa digunakan dengan mudah karena memiliki tampilan yang hampir mirip seperti aplikasi MS Office.

Mampu menulis menggunakan suara (termasuk bahasa indonesia), ini adalah kelebihan yang bahkan kita tidak bisa temukan di microsoft office.

Bisa terhubung dengan jaringan google lainnya seperti Onedrive dan lain-lain.

Kekurangan

Harus memiliki akun Google untuk bisa menggunakan Google Workspace

FreeOffice

Sama seperti WPS Office Free, SoftMaker FreeOffice menyediakan software alternatif untuk mengelola Microsoft Word, Excel and PowerPoint (TextMaker, PlanMaker and Presentations).

visit site

Kelebihan

Supports Microsoft formats, sudah ada PDF reader didalamnya,

Kekurangan

Beberapa fitur utama hanya disediakan untuk premium version. Kekurangan thesaurus.

Polaris Office

Jika anda adalah pengguna ponsel samsung mungkin anda tidak akan asing dengan aplikasi polaris office, polaris office sendiri adalah Perangkat lunak perkantoran gratis lintas platform yang tersedia untuk Windows, macOS, Android dan iOS, dan biasanya sudah diinstal pada beberapa perangkat Samsung. Polaris Office kompatibel dengan semua format dokumen Microsoft, dan menawarkan antarmuka berbasis pita yang apik dengan beberapa opsi penyesuaian dasar yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Meningkatkan ke akun Polaris premium memberi Anda akses ke fitur tambahan termasuk editor PDF, menghapus iklan, dan kemampuan untuk mencari di dalam dokumen.

Kelebihan

Polaris Office adalah layanan berbasis cloud. Akun Polaris gratis dilengkapi dengan transfer data bulanan 60MB, penyimpanan cloud 1GB, dan dapat digunakan pada tiga perangkat berbeda (satu desktop dan dua seluler). Jika penyimpanan yang disediakan tidak cukup, Anda dapat menghubungkan Polaris Office ke Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive, dan Amazon Cloud Drive atau menyimpan pekerjaan secara lokal ke perangkat yang anda gunakan.

Kekurangan

Pada versi windows terdapat berbagai add on budle yang mungkin tidak anda inginkan, misal menyertakan ekstensi browser dari McAfee yang disebut WebAdvisor, alat riset pasar yang disebut PremierOpinion, atau perangkat lunak antivirus yang menurut saya pribadi justru membuat komputer menjadi lemot. Tetapi tenang anda bisa memilih untuk tidak menginstall add on yang tidak di inginkan ini (pada saat penginstalan).

Zoho Workplace

Pengolah kata tampilan baru Zoho (yang membuang antarmuka bergaya Word klasik demi bilah samping pemformatan) disajikan dengan sangat baik dan mampu menghasilkan dokumen yang tampak profesional, dan memiliki spreadsheet yang bagus dan paket presentasi yang masuk akal di sampingnya.

Namun, mereka hanyalah puncak gunung es – Zoho Workplace menyertakan alat pembuatan situs yang andal, solusi manajemen file, dan banyak alat kolaboratif. Beberapa berada di sisi yang sederhana, jadi mereka kemungkinan tidak akan menggantikan apa pun yang mungkin sudah Anda miliki, tetapi jika Anda memulai sebagai bisnis kecil, Zoho mungkin merupakan titik awal yang baik.

Jika Anda ingin mendaftar untuk versi gratis Zoho Workplace, Anda perlu mencari halaman harga untuk paket “Gratis selamanya”. Namun, tidak ada pengaturan atau akses sekali klik, dan sebagai gantinya Anda harus melalui proses pendaftaran yang dimulai dengan memberikan detail domain bisnis yang ada.

Kelebihan

Memiliki tampilan yang baik dan moderen, Lebih baik dari saingan, dan bisa digunakan untuk pembuatan situs

Kekurangan

Fitur yang ditawarkan cukup sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.