Apa Saja Yang Diperoleh Saat Melanjutkan Kuliah

0
54

Perguruan tinggi adalah tempat terakhir kita mengenyam pendidikan.
Disini kita ditempatkan pada sebuah ruang lingkum kecil kecil masyarakat, dimana kampus berperan sebagai naungan. Lingkungan ini menggambarkan masyarakat.
Saat berada Pada  perguruan tinggi kita akan menemukan berbagai karakter orang, sifat, watak, perilaku, dan juga kebiasaan.
Hal ini akan membuat kita lebih fleksibel dan mampu menempakkan diri dimasyarakat nantinya, karena luasnya pergaulan. Jadi yang membuat kuliah itu istimewa sebenanrnya bukan Cuma legalitas, nilai dan gelar saja yang kita dapatkan, tapi justru lebih kepada pengalaman mencoba merasakan hidup bermasyarakat yang sebenarnya.

kelebihan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah

Beberapa Hal yang Didapatkan Saat Melanjutkan Pendidikan Dibangku Kuliah

1. Ilmu dan keterampilan (soft skill dan hard skill)

Semalas malasnya mahasiswa saat kuliah pasti ada satu atau dua keterampilan yang di dapatkan, entah itu sesuai jurusan atau ilmu yang dipelajari, atau justru ilmu yang didapatkan diluar jurusan. Atau sering disebut juga dengan soft skill dan hard skill.
Contoh nya : ilmu bisnis dan dagang, hal seperti ini banyak terjadi karena mahasiswa itu sendiri sambil kuliah ada yang berusaha mandiri dengan mencoba dagang kecil kecilan, membuka usaha dan ada juga sebagian yang sambil bekerja bekerja.
Sebenarnya ini adalah modal awal yang sangat penting dalam kehidupan. Karena dengan ilmu dan keterampilan seperti ini adalah bekal utama yang dipelukan untuk bekerja, terjun dan hidup bermasyarakat.

2. Relasi dan teman

Pasti nanti saat kuliah kita akan menemukan satu atau dua teman yang sangat akrap dengan klta, teman ini adalah aset berharga yang menjamin lulus nanti kita akan mendapat kerja.
Karena semakin kita memiliki banyak teman sumber informasi pekerjaan yang masuk juga akan semakin banyak.
Jadi untuk mahasiswa IPK bukan lah segalanya karena Ipk nantinya Cuma digunakan awal saja pada saat melamar kerja, tapi yang lebih pentingkan disini adalah pertemanan dan relasi yang nantinya akan membantu kita di pekerjaan dan juga kehidupan.

3. Kematangan Diri

Saat berada di bangku kuliah/univeritas kita akan sedikit lebih jelas menemukan arah tujuan hidup kita, kita akan mempu sedikit lebih yakin “kemana sebenarnya saya akan pergi” dan “akan menjadi seperti apa saya nanti”.
Dibangku kuliah juga kita akan menemukan masalah masalah yang mungkin tidak kita temukan jika berada dirumah. Mulai dari kehabisan uang, IP yang ancur berantakan, di tinggal kawan wisuda, dan masalah masalah lain yang harus kita tanggung sendiri tanpa ada orang tua yang selalu melindungi seperti saat kita berada di rumah.

4. Pengalaman Berorganisasi

Untuk yang hoby mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa ada banyak sekali orgnisasi oraganisasi bagus yang bisa kalian ikuti seperti pencinta alam, BEM, sastra, dan masih banyak lagi kegiata ekstra kulikuler yang bermanfaat lainnya.

5. Merasakan rasanya hidup mandiri di Kos kosan

Ini yang paling seru kalian akan merasakan pengalaman hidup mandiri di kos kosan.
Disini kalian akan merasakan rasanya hidup jauh dari orang tua, ngerasain gimana rasanya kehabisan uang, gimana rasanya tertekan tiap didatengi ibu kos yang nagih uang bayaran, dan pengalaman seru lainnya.
Kalian akan merasa lebih bersyukur dan mengerti betapa peran ibu selama ini sangat banyak untuk hidup kalian.
Dikosan Nggak ada lagi yang ngomel ngomel nyuruh makan, nggak ada yang nyuruh kalian tidur, mandi, tapi percaya deh kalau jauh kalian bakal merindukan semua itu.
Hidup di kosan itu kalian bebas, sebebas bebasnya.
Tapi yang terpenting jangan pernah mengecewakan orang tua yang telah memberi kepercayaan.
Berhati hatilah dalam memilih teman, bergaul dengan orang yang salah akan membawa kalian kearah yang salah juga, saran saya bergaulan sewajarnya saja, kalau ada teman yang mencurigakan dan mengajak kalian melakukan sesuatu diluar kewajaran lebih baik mundur dan menghindar.
Cari teman lain yang pasti pasti aja, karena jika kalian mengikuti mereka kalian justru bisa salah arah.

6. Belajar Cara bersosialisasi

Saat kuliah kalian mulai tau nagaimana caranya bersosialisasi, kalau dulu mungkin Cuma berani omong besar di dalam rumah, saat kuliah kalian akan mulai belajar cara bersosialisasi dengan masyarakat dan juga lingkungan.

7. Belajar Cara Berbicara didapan Umum / public speking

Sering sekali tugas kuliah adalah untuk mencari sebuah materi dan mempresentasikannya di deapan kelas, nantinya teman teman kalian akan mem beri pertanyaan, dan debat debat argumen yang sifatnya membangun pengetahuan akan terjadi.
Hal seperti ini tidak akan kalian dapatkan di sekolah SMA atau SMK, dan kalian akan mulai terbiasa berbicara di depan banyak orang.

8. Menghilangkan Ke alay-an

Coba perhatikan saat menjadi mahasiswa pasti gaya bicaranya, gaya berpakaian, perpenampilan bahkan cara menulisnya pun jauh berbeda dengan anak anak sma yang masih Alay/labil.
Di bangku kuliah kalian akan tumbuh lebih memiliki karisma, orang orang juga akan sedikit lebih menghargai kalian.
Karena mereka menganggap kalian bukan lagi anak anak lagi, dan sekarang sudah cukup bisa Berfikir lebih dewasa. Tapi ingat jangan sampai kalian malah besar kepala ya?
Mentang mentang merasa kepintaran lebih baik dari teman teman lainnya kalian jadi merasa tinggi hati?
Kita harus tetap bisa tau bagaimana caranya menempatkan diri sesuai kondisi dan lingkungan kita. Inget orang cerdas itu bisa menempatkan dirinya dimanapun dia berada.

Ya mungkin itu adaah beberapa hal yang bis kita dapatkan saat mengenyam pendidikan di bangku kuliah, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.