Bahaya Yang Disebabkan Oleh Smartphone dan Cara Mencegahnya

0
46
Efek samping smartphone

Efek Samping Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan

Smartphone adalah perangkat kecil yang luar biasa – mereka memungkinkan kita untuk tetap terhubung, teratur dan terhibur. Mereka bisa melacak apa yang kita makan, tujuan latihan dan pola tidur kita. Mereka mencatat daftar belanja kita, rincian perjalanan kita dan kebiasaan belanja kita. Komputer mini ini telah menghilangkan kebutuhan kita akan jam alarm, buku alamat, notes dan kamera. Tapi apakah kehadiran mereka juga mendatangkan kerugian bagi kita? karena memang Sepertinya mereka juga memberikan kerugian bagi pengguna yang kurang bijak dalam menggunakan smartphone.

Kerugian yang akan ditimbulkan oleh smartphone.

Efek samping smartphone

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang mungkin disebabkan oleh penggunaan smartphone:

Merusak Penglihatan

Pemaparan langsung terhadap cahaya biru seperti yang berasal dari layar ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. The American Macular Degeneration Foundation memperingatkan bahwa kerusakan retina pada sifat ini dapat menyebabkan degenerasi makula, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral (kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan anda). Namun, dalam penelitian ini, cahaya biru ditempatkan langsung di depan mata – yang sebenarnya bukan ponsel yang digunakan. Namun, efek jangka panjang dari paparan sinar biru tidak diketahui.

Satu survei terhadap 2.000 orang menemukan bahwa 55% responden percaya bahwa ketidaknyamanan mata adalah masalah utama yang ditimbulkannya pada ponsel mereka. Untuk menjaga mata Anda tetap sehat, batasi jumlah waktu pada telepon Anda dan ikuti peraturan 20-20-20 – setiap 20 menit membutuhkan waktu 20 detik untuk fokus pada sesuatu yang berjarak 20 kaki.

 

Pendengaran

Cukup ngobrol dengan seseorang di telepon tidak akan merusak pendengaran Anda, namun jika Anda menggunakan ponsel cerdas dan headphone untuk mendengarkan musik, anda mungkin perlu khawatir. Menurut National Institute on Deafness, sekitar 26 juta orang Amerika menderita gangguan pendengaran yang disebabkan kebisingan.

Salah satu sumber suara seperti itu adalah dari headphone, seperti ponsel yang disertakan dengan telepon Anda. Jika kita mendengarkan musik yang terlalu keras, kita bisa merusak rambut mungil di telinga bagian dalam, yang mengirimkan sinyal kimia melalui saraf ke otak. Level apa yang terlalu keras?

Kampanye kesehatan masyarakat Dangerous Decibels menyatakan bahwa paparan berulang terhadap suara di atas 85 desibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran – kira-kira tingkat kebisingan lalu lintas padat.

Volume maksimum smartphone sekitar 105 desibel atau hamper sama dari suara yang dikelurkan sebuah konser. Mendengarkan musik pada volume ini selama lebih dari empat menit kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pendengaran. Bahkan jika Anda menurunkannya hanya dengan 94 desibel, Anda dapat menyebabkan kerusakan jika Anda mendengarkan lebih dari satu jam.

Radiasi

Meskipun tidak jelas apakah radiasi dari ponsel dan perangkat terkait lainnya menyebabkan masalah kesehatan, 200 ilmuwan biologi dan kesehatan dari seluruh dunia mencoba untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah ini. Mereka meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kesehatan Dunia dan pemerintah nasional untuk mengembangkan peraturan yang ketat mengenai ponsel yang menciptakan medan elektromagnetik.

Organisasi Kesehatan Dunia telah memberi kelas pada ponsel sebagai ‘mungkin karsinogenik bagi manusia’ dan organisasi tersebut akan melakukan penilaian risiko formal terhadap semua hasil kesehatan yang dipelajari dari paparan lapangan frekuensi radio pada tahun 2016.

Insomnia

“Apakah Anda punya masalah untuk tidur dengan nyaman? Jika Anda tidak ingin menghabiskan malam untuk menghitung domba, Anda harus berpikir dua kali untuk memeriksa telepon genggam Anda. Penelitian ini membuktikan bahwa paparan cahaya dari tablet / telepon dapat menyebabkan meningkatnya insomnia. ”

Alasan dari masalah ini adalah karena alat yang terdiri dari laptop, smartphone dan tablet memancarkan sekitar 50 lux light. Itu sudah cukup untuk menunda waktu tubuh Anda. Selain itu, cahaya juga bisa menurunkan produksi melatonin, hormon utama yang mengendalikan bangun tidur dan waktu tidur Anda.

Saat Anda melihat layar laptop atau smartphone Anda, alat itu memancarkan cahaya biru yang memiliki mata bergelombang pendek. Proses ini akan merangsang otak anda, memberikan informasi ke otak Anda untuk bangun tidur dan menutup sinyal kontras, yang membuat produksi melatonin lebih lambat.

Efek biologi dari proses ini adalah menyebabkan sulit untuk tidur. Letakkan elektronik di luar kamar tidur akan menyebabkan perasaan bahwa kamar tidur Anda adalah tempat untuk beristirahat dan tidur, tidak belajar maupun memiliki pekerjaan dan bersosialisasi.

Penelitian menunjukkan bahwa ini akan membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih dalam, yang dapat meningkatkan kesehatan. Jadi, jika Anda akan memeriksa e-mail Anda, kirim pesan, bermain atau menonton program televisi, lakukan antara satu atau dua jam sebelum tidur. Hal ini juga akan menurunkan produksi melatonin dan tubuh Anda akan lebih menikmati kualitas tidur yang lebih baik.

Bagaimana cara meminimalkan efek yang ditimbulkan oleh smartphone?

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah efek buruk penggunaan ponsel dalam jangka panjang adalah sebagai berikut:

Kurangi penggunaan Smartphone

Smartphone seperti I-Phone dan Android memiliki lebih banyak emisi dibanding ponsel biasa lainnya. Itu karena i-Phone dan android tergantung pemakaian baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, atau untuk menggunakan aplikasi lainnya. Artinya lebih sering Anda menggunakan smartphone Anda lebih berpengaruh yang bisa Anda dapatkan. Jadi, berkurangnya penggunaan smartphone adalah langkah bijak untuk menurunkan efek pemakaian Smartphone.

Gunakan speaker

Aktifkan speaker saat menerima nada dering panggilan dan nada dering akan menurunkan risiko radiasi smartphone. Semakin jauh smartphone dari tubuh Anda, semakin kecil tingkat radiasi yang akan diterima. Ini berarti, semakin jauh anda dari antenna kemungkinan anda terkena radiasi smartphone lebih kecil.

Headset smartphone tidak hanya menggunakan antena tapi juga bisa mengirim radiasi ke pengguna smartphone. Jadi, bijak dalam menggunakan smartphone headset anda.

Perhatikan indikator sinyal

Indikator sinyal juga harus mendapat perhatian lebih. Mengapa? Karena smartphone akan selalu mencari sinyal dari antena, indikator sinyal juga akan menentukan berapa radiasi yang akan dihasilkan dari ponsel Anda.

Jadi, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel Anda saat Anda tidak mendapatkan lebih banyak sinyal di tempat tertentu di mana Anda tinggal. Anda juga harus mengurangi penggunaan smartphone saat masih berada di dalam kendaraan atau tempat yang tidak memiliki cukup ruang atau sempit.

 

Matikan telepon di malam hari

Jika Anda memiliki smartphone, lebih baik jika Anda meletakkan ponsel cerdas di luar ruangan atau mematikan telepon genggam Anda di malam hari, dengan cara ini, Anda dapat berpura-pura bahwa gelombang elektromagnetik masuk dan mempengaruhi otak Anda.

Ini juga karena jika Anda tidak mematikan telepon Anda dan memasukkannya ke dalam kamar Anda, tentu saja gelombang elektromagnetik akan terus memasuki tubuh dan otak Anda dan akan menyebabkan masalah dan muncul penyakit baru seperti kanker, dan lain-lain.

 

Jadi, itu semua adalah contoh bahaya yang disebabkan oleh smartphone dan bagaimana meminimalkan efek smartphone.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.