Tips Cara Investasi Tanah Yang menguntungkan

1
72
Investasi Tanah Yang menguntungkan

Investasi Tanah Yang menguntungkan

 Investasi Tanah Yang menguntungkan

Mengapa Memilih Investasi Dalam Bentuk Tanah?

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika tanah merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan dan juga menguntungkan. Kenapa?

Karena seiring dengan perkembangan populasi dan pertambahan penduduk, kebutuhan masyarakat terhadap tanah semakin hari semakin besar, sehingga tidak heran harganya kian tahun kian melambung tinggi. Hal inilah yang menjadikan investasi tanah sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Tanah adalah sumber daya ekonomi yang jumlahnya terbatas, sedangkan pihak yang membutuhkan justru terus mengalami peningkatan.

Bisa dikatakan jika investasi dalam bentuk tanah adalah investasi atau tabungan bersifat jangka panjang yang jarang rugi.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Jual Beli Tanah

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga jual-beli tanah. Di antara faktor tersebut adalah faktor lokasi, kondisi(letak) tanah, faktor ekonomi, kepadatan penduduk sekitar, dan faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu harga tanah pada satu lokasi dengan lokasi lain bisa berbeda sangat jauh.

Harga jual tanah yang lokasinya dekat dengan akses jalan raya besar maupun fasilitas-fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, cenderung lebih tinggi dibandingkan harga jual tanah yang berlokasi jauh dari tempat-tempat tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk menanam investasi bisnis berupa tanah, pastikan Anda sudah mengetahui cara memilih dan menentukan lokasi tanah untuk investasi yang tepat. Hal ini penting karena potensi kerugian dalam berbisnis properti di bidang tanah sebanding dengan potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

Hal Yang Perlu Di perhatikan Saat Membeli Tanah

Ada beberapa hal yang perlu benar benar diperhatikan sebelum membeli tanah yang akan dijadikan sebagai investasi. Yaitu:

1. Pliha Lokasi tanah Yang strategis

Lokasi tanah adalah salah satu faktor yang harus betul-betul diperhatikan.

Menentukan lokasi tidak boleh secara asal-asalan bila anda serius ingin membeli tanah sebagai investasi jangka panjang. Agar nantinya tanah yang telah dibeli tersebut bisa mendatangkan keuntungan berlipat. Masalahnya kita tau hika harga beli tanah itu mengeluarkan biaya yang sama sekali tidak sedikit. Dan lagi uang yang dalam jumlah besar akan menjadi rugi bila tanah yang di infestasikan kurang diminati.

Tips memilih lokasi tanah yang berpotensi mengalami kenaikan harga yang tinggi pada waktu mendatang:

Umumnya tanah yang berlokasi dekat dari faslitas umum atau lokasi industri berpotensi besar mengalami kenaikan harga dalam waktu cepat. Selain itu, lokasi tanah yang berada dekat dari kawasan pengembangan kota, pusat-pusat pendidikan, proyek-proyek pemerintah, dan yang lainnya juga memiliki prospek yang bagus.

2. Pilih lokasi tanah yang aman dari bencana alam

Siapa sih yang mau tinggal di daerah yang rawan bencana alam?

Untuk itu anda harus memperhatikan benar tingkat keamanan tanah yang hendak anda beli dengan memperitungkan tingkat keamanan lokasi.

Lokasi yang berpotensi besar terjadi bencana alam umumnya sulit untuk di jual karena masyarakat yang hendak membeli takut dan akibatnya harga tanah tersebut menjadi anjlok, tidak laku atau kalaupun laku biasanya harga cenderung mudah jatuh (murah) dan hal ini tentu bisa saja menyebabkan Anda mengalami kerugian.

Untuk memastikan lokasi tanah tersebut betul-betul cocok untuk investasi, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan mengunjungi lokasi tanah secara langsung, bertanya kepada masyarakat setempat, biasanya masyarakat sekitar lebih memahami kondisi suatu lokasi.

Jangan bertanya kepada penjual karena pasti tidak akan jujur ataupun kalau tidak bohong anda hanya akan di beri tau hal-hal bagusnya saja.

Beberapa contoh lokasi yang rawan yang perlu dihindari saat membeli tanah yaitu:

Lokasi yang rawan banjir, rawan longsor, atau lokasi tanah yang dekat dengan sesuatu yang akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dan aman seperti dekat dari pekuburan, tempat pembuangan limbah pabrik, tempat pembuangan sampah (TPS), daerah dengan tingkat kejahatan yang tinggi (daerah rawan), dan yang lainnya.

3. Kondisi Fisik dan keadaan tanah

Kondisi tanah juga masuk kedalam salah satu faktor yang perlu untuk diperhatikan.
Yang dimaksud dengan kondisi tanah di sini meliputi banyak hal. Diantaranya adalah tingkat kesuburan, bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, serta arah tanah.

Untuk tingkat kerataan dan kepadatan tanah, umumnya pembeli lebih mencari tanah yang rata dan padat. Sebab, bentuk tanah yang tidak rata, cekungan, serta kurang padat, pasti akan sulit untuk di dirikan bangunan, serta membutuhkan tambahan biaya yang besar untuk penimbunan (perataan ) pada saat memperbaikinya.

4. Legalitas dan surat kelengkapan tanah

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk sebuah tanah adalah kelengkapan surat-surat yang berkaitan dengan legalitas tanah tersebut.

Kelengkapan surat-surat tanah tersebut contohnya seperti keterangan resmi yang berkaitan dengan hak atas tanah seperti hak sewa, hak pakai, hak kepemilikan sebelumnya, dan sebagainya.

Dengan kata lain seandainya Anda telah membeli tanah tersebut, maka pastikan bahwa tanah tersebut nantinya betul-betul berada dalam kepemilikan Anda. Pastikan untuk memeriksa keabsahan sertifikat hak milik anda.

Jangan sampai anda membeli tanah yang masih berada dalam pengawasan bank, dalam keadaan bersengketa atau mengalami permasalahan terkait kepemilikan.

5. Harga tanah

Yang dimaksud dengan harga tanah di sini adalah harga jual tanah yang ditawarkan kepada Anda selaku pengembang properti di bidang tanah.

Setiap penjual pasti mengharapkan tanahnya laku mahal, sedangkan anda selaku pembeli maka harus bisa memperoleh harga yang semurah–murahnya.

Di sini diperlukan kemampuan bernegosiasi harga tanah agar Anda sebagai pihak pengembang properti di bidang tanah bisa mendapatkan harga yang murah, yang memungkinkan untuk dijual kembali dan meraih keuntungan yang tinggi.

Sebagus apapun kondisi dan lokasi tanah, tapi jika harga yang ditawarkan kepada Anda terlalu tinggi, maka sebaiknya jangan coba-coba untuk membelinya, karena bisa-bisa Anda akan kesulitan mencari pembeli tanah tersebut disebabkan harga jual tanahnya yang sangat mahal, karena tentunya Anda juga harus menaikkan harganya untuk mendapatkan keuntungan.

6. Kestabilan keuangan

Bisnis investasi properti di bidang tanah adalah salah satu jenis bisnis yang bersifat jangka panjang dan berpeluang besar untuk meraih keuntungan yang besar.

Oleh karena itu, pastikan tanah yang anda beli dan simpan memiliki kestabilan harga, agar harganya semakin mahal ketika dijual nanti..

7. Pastikan Uang Yang Anda Gunakan untuk investasi tanah Adalah Uang Netral

Maksudnya uang netral adalah uang yang benar benar tidak terpakai, bukan uang modal usaha, dan uang pinjaman.
pastikan Anda tidak sedang mengalami masalah keuangan. Ditakutnkan jika Anda mengalami masalah keuangan, maka kemungkinan besar Anda akan terpaksa menjual tanah tersebut untuk menutupi masalah keuangan yang dialami. Dan tentu anda akan rugi.

Kalaupun anda memang mengharapkan perputaran uang lebih cepat sebaiknya anda bisa mengembangkan tanah yang anda miliki dengan membangun properti diatas tersebut agar nilai (value) tanah menjadi lebih tinggi.
nah itu dia tips cara Investasi Tanah Yang menguntungkan, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tuisan lainnya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.