12 Cara Memanfaatkan Mobil Pickup Untuk Usaha

0
449
Mobil Pickup Untuk Usaha

Mobil Pickup Untuk Usaha

Mobil Pickup Untuk Usaha

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran anda saat mendengar kata mobil pick-up? Apa sih mobil pickup itu?

Saya yakin yang pertama terlintas di fikiran anda adalah membayangkan sebuah mobil dengan bak terbuka dibelakangnya yang sering di gunakan untuk mengangkut barang penjual air minum.

Memang benar Mobil pickup atau truck Pickup adalah salah satu jenis kendaraan roda 4, berukuran kecil (minimalis), yang juga dilengkapi dengan bak terbuka di bagian belakangnya.

mobil jenis ini dimaksudkan untuk bisa di gunakan pada berbagai macam keperluan terutama pada bidang proses muat dan angkut barang.

Jenis-jenis Mobil Pickup

Ada dua jenis mobil pickup kalau dilihat dari fungsinya yaitu single cabin dan double cabin, berikut ini penjelasannya:

1. Pick Up Single Cabin

Yang dimaksud dengan mobil pickup single cabin yaitu kendaraan ini hanya dilengkapi dengan satu ruang penumpang yang didalamnya terdapat dua kursi untuk sopir dan satu penumpang.

Pick up model ini kelasnya berada dibawah Double Cabin, memiliki torsi mesin (CC) dikisaran 1.3 sampai 2.0 cc, biasanya tidak dilengkapi 4×4 wd awalnya dulu mobil kenis ini bahan bakarnya banyak yang menggunakan bensin, meskipun sekarang sudah banyak juga yang menggunakan bahan bakar solar.

2. Pick up double cabin

Pick Up tipe Double Cabin adalah pick up yang memiliki dua kabin penumpang, didepan dua orang dan di tengah dua orang. total 4 penumpang, 1 untuk pengemudi tentunya.

Pick up model double cabin biasanya dilengkapi dengan torsi mesin (CC) besar lebih besar di banding dengan single cabin yakni berkisaran antar 2.5cc keatas, dan biasanya sudah dilengkapi 4×4 wd, dan pada umumnya berbahan bakar solar.

Kelas double cabin ini biasanya harganya lebih mahal dibanding jenis single cabin dan biasanya tidak digunakan hanya untuk keperluan komersial saja, namun juga digunakan oleh kepolisian, pemadam kebakaran, dan instansi-instansi lainya karena kemampuanya menjelajahi medan-medan berat.

 

Apa sih Kelebihan mobil pick up?

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan kendaraan pickup ini, diantaranya yaitu:

  • Ukurannya yang kecil cocok sekali jika digunakan untuk angkut muat barang di lingkngan perumahan dan areal sempit seperti gang.
  • Lumayan Simpel dan mudah perawatannya.
  • Tidak menghabiskan ruang dan mudah di parkir dimana saja.
  • Yang paling penting Harganya masih bisa dikatakan terjangkau terutama untuk keperluan usaha kecil dan menengah (UKM) dan usaha rumahan.
  • Suku cadangnya tergolong mudah didapatkan.
  • Harga jual kembali secondnya tidak terlalu jatuh jadi tidak terlalu rugi saat membeli baru.

Selain beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak kok kelebihan mobil pickup ini, teruama dalam memudahkan kegiatan usaha. Apa saja yang bisa saya lakukan dengan mobil pickup saya?

12 Cara Cerdas Memanfaatkan Mobil Pickup Untuk Mencari Uang:

1. Jualan Nasi Goreng Pinggir Jalan.

Beberapa dari anda mungkin sudah pernah melihat penjual nasi goreng yang memanfaatkan mobil jenis pickup ini untuk keperluan seperti berjulan.Sehingga lebih fleksibel bisa dagang sana sini, selain itu tidak perlu bongkar pasang tenda.

2. Jualan Buah

Selain nasi goreng mobil pickup ini juga banyak dimanfaatkan untuk berjualan buah buahan, umumnya penjual buah buahan memodifikasi bak belakangnya menjadi tempat menjajakan buah yang menarik selera.

3. Jualan tahu bulat.

Yang lagi buming tahu bulat keliling juga menggunakan mobil jenis pickup untuk berjualan, dengan mobil pickup ini para penjual tahu bulat bebas berkeliling pindah dari satu sekolah kesekolah lain menjajakan dagangannya.

4. Jualan air galon dan Gas

Sering kan anda lihat penjual air atau gas berjualan keliling menggunakan mobil pickup ini?

terutama saat mengantarkan pesanan dari pelanggan mereka , atau sekedar menitipkan dagangan ke toko toko kelontongan. Mobil ini memang sangat efisien jika digunakan untuk keperluan antar barang pesanan.

5. Jasa Pindahan Rumah dan angkutan barang

Pernah kan anda melihat di samping jalan mobil jenis pickup ini diberi tulisan Terima Jasa Ankut barang dan Pindahan.

Mobil jenis pickup ini memang sangat sering di manfaatkan untuk menawarkan jasa angkut barang.

6. jualan aneka es buah dan sub buah

Tidak sedikit di pinggir pinggir jalan kota kita menjumpai penjual berbagai macam es buah, sup buah dan minuman ringan yang menjajakan daganan dengan menggunakan bantuan mobil pickup ini.

7.  Alat Angkut Hasil Panen

Kalau anda lahir dan dibesarkan dilingkungan petani seperti saya pasti anda akan mengerti betapa pentingnya memiliki sebuah kendaraan untuk mengangkut hasil panen terutama dari ladang ke rumah, karena kalau menyewa jasa pemilik mobil lain untuk membawakan bolak balik dari ladang atau kebun kerumah pasti akan menghabiskan banyak pengeluaran.

8. Untuk keperluan Ngampas Barang Belanjaan

Kalau anda seorang pemilik warung atau penjual toko sembako dan kelontongan yang sering belanja kepasar dalam jumlah besar pasti akan sangat merepotkan sekali jika harus membawa muatan dengan menyewa jasa angkutan umum, belum lagi membutuhkan biaya lebih untuk ongkos jasanya.

9. Buka Tongkrongan pinggir jalan

Didaerah sekitar tempat tinggal saya banyak sekali para anak-anak muda yang kreatif dengan membuka usaha semacam cafe dan tempat-tempat nongkrong menggunakan kendaraan pickup ini.

Sebelumnya kendaraannya di modil dan disulap sedemikian rupa sehingga nak belakangnya bisa dugunakan sebagai tempat yang nyman untuk menyiapkan segala pesanan pelanggan.

10. jualan martabak

Martabak juga merupakan salah satu kuliner yang banyak dijajakan pejualnya menggunakan moil bak pick-up ini. Caranya sama, bagian bak belakang mobil ini sebelumnya sudah di modfikasi dan disulap oleh pemiliknya dengan tambahan etalase lampu dn meja tempat pemanggang dan tempat penyajian mobil pickup ini sudah menjadi kendaraan jualan yang menawan. Dan sangat fleksibel dibawa kemana saja.

11. Barang Pecah Belah

mungkin sudah tidak asing lagi anda khususnya ibu ibu rumah tangga jika melihat penjual peralatan pecah belah dan keperluan rumah tangga yang jualan dengan menggunakan media mobil pickup. contoh contoh barang barang yang dijual yaitu Ember dan Alat Rumah Tangga, Peralatan Dapur Keliling.

12. Es Krim Cone Keliling

panas-panas memang paling pas rasanya kalau jualan es crim, es krim kone ini banyak yang di jalankan dengan menggunakan mobbil pickup.

ada beberapa juga yang menjajal usaha jual Pulsa, data dan Cellular.

Kekurangan Mobil Pickup

Apa saja kekurangan mobil jenis pickup ini? Beberapa kekurangan mobil jenis pickup diantaranya yaitu:

  • Ukurannya bak nya tidak terlalu besar sehingga muatannya terbatas.
  • Karena bentuknya yang sederhana sehingga kurang cocok untuk digunakan sebagai kendaraan umum.
  • Jumlah muatannya kalah jauh jika di bandingkan dengan truk.

Apakah Membeli Mobil jenis Pickup Rugi?

Kalau dilihat secara keseluruhan mulai dari kegunaan dan harga dan lain-lainnya menurut saya pribadi meggunakan mobil pickup ini tidak rugi, toh kalaupun kurang bisa digunakan secara maksimal masih bisa dijual kembali karena banyak yang membutuhkan.

Kesimpulan

Mobil pickup memang merupakan salah satu kendaraan yang patut di perimbangkan untuk memudahkan pekerjaan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.