Ulasan Lengkap Tentang Sumber Energi Alternatif

0
57
Alternatif energi

Sebenarnya ada banyak sekali energi yang bisa kita manfaatkan jika kita mau berusaha meneliti dan mengembangkan teknologi yang dibutuhkan untuk melakukannya. Bahkan bukan hal yang mustahil kita bisa lepas dari bahan energi konvensional yang semakin langka dan mahal dengan beralih ke alternatif sumber energi ini.

Apa itu Energi Alternatif?

Sumber Energi Alternatif adalah Sebuah energi yang digunakan bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi utama (fosil, Batu Bara, Minyak bumi, dll) yang ketersediaannya terbatas dan tidak bisa/sulit diperbaharui.

Energi alternatif biasanya adalah jenis energi terbarukan yang dihasilkan dari sumber alami, yang dapat diperbaharui atau secara alami dapat muncul kembali setelah dipergunakan.

apa saja sumber energi alternatif yang ada saat ini?

Alternatif energi

Berikut merupakan sumber energi alternatif yang sudah banyak digunakan saat ini:

Angin

Salah satu sumber energi alternatif ini adalah tenaga angin. pemanfaatan angin biasanya dilakukan dengan menggunakan turbin angin.

Turbin angin terus dikembangkan yang semakin hemat energi dan lebih murah. “Peternakan angin” telah bermunculan di banyak negara, dan mereka bahkan telah menjadi lebih strategis karena ditempatkan dari waktu ke waktu sehingga mereka tidak membahayakan unggas seperti yang dilakukan turbin angin sebelumnya. Kincir angin di Belanda dipakai untuk memompa air irigasi.

Panas Matahari

Sumber energi alternatif lainnya adalah yang paling terkenal yaitu: energi matahari, tenaga matahari berupa panas dimanfaatkan dengan menggunakan panel sel surya (panel sollar sistem) yang bekerja dnegan cara mengumpulkan dan menyerap panas serta memfokuskan energi yang diberikan secara langsung oleh sinar matahari, dan mengubahnya menjadi listrik yang kemudian disimpan dalam aki atau baterai.

Kelebihan energi matahari adalah tidak menciptakan polusi sama sekali sehingga benar-benar ramah untuk lingkungan dan juga baik untuk bumi.

Sebenarnya jauh sebelum dimanfaatkan sebagai energi alternatif, matahari sudah lebih dulu dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat untuk banyak hal, seperti menjemur hasil panen, membuat garam, dsb.

Gelombang Air Laut

Energi gelombang laut mulai dilirik oleh pemerintah dan investor karena memiliki potensi pembangkit energi yang sangat besar. Sebuah generator di Prancis telah beroperasi selama bertahun-tahun sekarang dan dianggap sukses besar, dan orang Irlandia dan Skotlandia menjalankan fasilitas eksperimental.

Tenaga Hidroelektrik

Tenaga hidroelektrik telah bersama kita untuk sementara dan di mana ia dipasang, ini adalah generator listrik dan bersih yang kuat dari pada grid. Namun, ada batasan tertentu untuk ketersediaan tempat yang tepat untuk mendirikan bendungan besar. Banyak pembangkit listrik tenaga air, atau pembangkit listrik tenaga air kecil dan terlokalisasi telah dibentuk akhir-akhir ini karena keterbatasan ini.

Energi Panas Bumi

Energi panas bumi sangat melimpah, karena terletak tepat di bawah kaki kita, hanya beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan oleh pemanasan air melalui aksi inti cair yang luar biasa panas. Air berubah menjadi uap, yang bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk menggerakkan mesin turbin yang pada gilirannya menghasilkan listrik. Sejumlah besar penelitian dan pengembangan harus dimasukkan ke dalam penyadapan energi panas bumi.

Energi Gas Buang

Energi gas buangan, yang pada dasarnya adalah metana, membalikkan hubungan polusi energi biasa dengan menciptakan energi dari limbah yang ada di tempat pembuangan sampah dan dari beberapa polutan udara. Gas ini digunakan dalam sel bahan bakar dan bisa digunakan dalam generator bensin standar.

Ethanol

Etanol adalah pengganti bensin dan dibuat dari gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan serpihan kayu dan selulosa kayu. Ada kontroversi mengenai bahan bakar ini berkaitan dengan bahan yang pernah benar-benar ekonomis atau praktis kecuali di area yang sangat lokal, namun teknologi untuk ekstraksi dan pencampuran terus disempurnakan.

Biodiesel

Energi biodiesel tercipta dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, toko komersial biodiesel telah dibuat menggunakan kedelai, rapeseed, dan minyak bunga matahari. Pada saat penulisan ini, biodiesel biasanya diproduksi oleh individu yang berpikiran kewiraswastaan ​​atau mereka yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif, namun minat komersial dari perusahaan terus meningkat. Ini terbakar jauh lebih bersih daripada diesel berbasis minyak.

Panas Bumi 

Energi panas bumi yaitu panas yang ada didalam bumi. Umumnya, panas bumi nampak di permukaan bumi akibat aktifitas vulkanik (gunung berapi). Oleh karenanya, di sekitaran gunung berapi ada beberapa tempat yang menyemburkan gas atau air panas. Ada 3 sumber paling utama panas geotermal, yakni uap alam, air panas, dan batuan kering panas. Selama ini, uap geotermal sudah digunakan, terlebih untuk pembangkit listrik. Air panas sudah digunakan dengan cara luas untuk pemanasan, namun penggunaannya untuk pembangkit tenaga tengah di teliti. Batuan kering panas yaitu sumber panas paling besar masihlah di teliti untuk pemakaian yang pas.

Nuklir/Atom

Energi atom diciptakan di pembangkit energi atom dengan menggunakan proses fisi nuklir. Energi ini sangat efisien dan bisa menghasilkan tenaga dalam jumlah besar. Ada kekhawatiran dari beberapa orang tentang apa yang harus dilakukan dengan jumlah energi produk atom yang relatif sedikit, karena bersifat radioaktif dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk membusuk menjadi tidak berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.