Cara Mengurus Kartu ATM Hilang

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang ternyata mudah tetapi mungkin ada yang belum tau bagaimana prosedur yang harus dilakukan untuk mengurus kembali pembuatan Atm yang baru dan apa yang harus kamu lakukan? berikut panduan lengkap yang telah saya alami sendiri.

Ini adalah kejadian yang sebelumnya saya alami sendiri belum terlalu lama ini, kira-kira di awal bulan desember tahun ini. Awalnya setelah menyadari bahwa kartu atm saya hilang, jelas saja saya sempat kebingungan karena uang saya semua nya tersimpan di atm itu, tapi setelah kesana kesini mengurus akhirnya atm saya dapat dikembalikan lagi.

Cara Mengurus Kartu ATM Hilang

Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan bila kehilangan atm:

Persiapkan buku tabungan untuk mengurus kehilangan atm

jangan panik bila atm hilang kalian bisa membuat atm baru dan saldo kalian tidak akan hilang, nantinya kalian akan dibuatkan kartu atm baru oleh pihak bank. nomor atm tetap bisa menggunakan nomor atm yang lama, hanya kartunya saja yang ganti.

Segera hubungi pihak bank Bila ATM hilang

Langkah kedua dan yang paling panting yang harus dilakukan saat menyadari jika atm hilang adalah segera menghubungi pihak bank dan mintalah pihak bank untuk memblokir kartu atm kalian. tujuannya adalah untuk mencegah penarikan uang di dalam atm oleh orang yang menemukan kartu atm kalian.

Meminta surat kehilangan dari pihak kepolisian

Selanjutnya kalian harus pergi ke kantor polisi dan meminta surat laporan kehilangan. Surat ini yang nantinya diperlukan oleh pihak bank saat proses pembuatan ulang kartu atm baru, jangan kawatir karena proses pembuatan surat kehilangan ini mudah dan gratis.

Datangilah bank tempat kalian dulu membuat atm

ATM Hilang
ilustrasi atm

untuk membuat atm dengan nomer yang sama hanya dapat dilakukan oleh pihak bank penerbit kartu atm kalian, jadi misalkan kalian membuat kartu atm di BRI cab pasar minggu, maka kalian harus mengurus nya kembali di bri tersebut. tidak bisa di bank lain.

jangan lupa membawa ktp dan buku tabungan yang kalian gunakan saat pembuatan atm, nantinya untuk dicocokan dengan data di atm kalian.

Biaya pengurusan Pembuatan ATM baru

karena kehilangan kartu ATM adalah murni kesalahan dari pengguna, maka kalian akan di kenakan denda sekitar 10 sampai 20 ribu,tergantung kebijakan yang diterapkan oleh bank terkait.

ATM sudah bisa digunakan lagi

Selamat, kartu atm kalian berhasil kembali dibuat, oh iya karena kartu baru maka biasaya kata sandinya di buat sandi standart jangan lupa untuk langsung menggantinya dengan kata sandi yang baru.

Cara Membuat Sandi agar ATM aman

jangan pernah membuat kata sandi yang sama dengan yang ada di ktp karena sandi pertama yang akan dicoba oleh pebemu atm biasanya adalah sesuai dengan data yang ada di ktp. ditambah lagi ktp dan atm biasanya diletakkan ditas yang sama sehingga kemungkinan sandi langsung ketebak jika menggunakan sandi sama dengan tanggal lahir. buatlah kata sandi dengan angka yang mudah kalian ingat tapi random sehingga sulit untuk dilacak orang,

Sekian posting saya kali ini jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berkomentar dan ini semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.