Tengok Budidaya Buah Apel Manalagi dikota Malang

2
77

Selamat datang di berwirausaha, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas nengenai peluang bisnis dan usaha budidaya apel terutama apel jenis mana lagi, apa saja manfaat apel ini, berapa harganya dipasaran, Kenapa usaha budidaya apel ini layak dikerjakan, apa kelebihan usaha budidaya apel jenis ini dan masih banyak ulasan lainnya, selamat membaca.

peluang usaha apel manalagi

Apel mana lagi memiliki nama latin Malus domestica merupakan salah satu buah buahan jenis apel yang menjadi primadona dan sangat disukai oleh hampir semua orang.
Berdasarkan dari informasi yang berhasil kami kumpulkan  apel jenis manalagi ini awal mulanya dibawa serta dibudidaya oleh orang Belanda dan ditanam pertama kali dikota Malang pada tahun 1900an, sehingga jangan heran jika sampai sekarang ini, Kota Malang, Jawa Timur sangat identik dengan buah apel.

Apel manalagi ini sangat disukai karena rasanya sangat segar, memiliki aroma yang wangi, dan dikenal sangat manis. bahkan ada beberapa yang menganggap jika apel jenis manalagi ini lebih manis dibanding apel impor, sekalipun belum matang, hal ini terutama disebabkan oleh jumlah kandungan air pada jenis ini sangat sedikit.

Apel mana lagi memiliki ciri ciri sebagai berikut :

Berbentuk bulat, berwarna hijau segar, tekstur daging lebih gurih, keras dan tidak mudah hancur.


Manfaat Tanaman Buah Apel

Didalam buah apel umumnya terkandung berbagai macam vitamin seperti A, B dan vitamin C dan tinggi kadar anti oksidan sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan, oleh sebab itu biasaya apel sering dijadikan sebagai salah satu buah yang di masukan dalam bingkisan ketika menjenguk orang sakit.  selain itu apel juga cocok dikonsumsi sebagai makanan pendukung diet yang kaya akan vitamin protein dan mineral.
Apel mana lagi dapat di oleh menjadi berbagai kuliner seperrti :
Jus buah, sup buah, ataupun dikonsumsi langsung.



Berapa Harga Apel mana Lagi Dipasaran

Sebenarnya harga apel itu naik turun sesuai dengan harga trend dan juga mengikuti perkembangan harga buah yang berlangsung di negara kita, tapi untuk gambaran saja harga apel terutama jenis manalagi ini dijual di pasar pasar tradisional atau pedagang eceran dengan harga berkisar diantara 25 ribu perkilo, bahkan pernah beberapa kali harganya melambung  mencapai harga 40 ribuan perkilo.

Apakah usaha Budidaya Apel Mana Lagi ini Masih Layak Untuk Dikerjakan?

Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, kita dapat berkaca dari pengalaman bapak Krisna petani apel asal malang yang sudah memulai usaha budidaya apel manalagi sejak 30 tahun silam bersama dengan kedua orang tuanya. Di atas lahan seluas 1 hektare beliau mampu menanam pohon apel dengan jumlah tanaman mencapai 700 pohon. Dalam sehari, beliau mengaku bisa menjual sampai 5 ton buah apel. Dengan harga jual berkisar antara  11.000 sampai 20.000 perkilogram, dengan omzet mencapai Rp 50 juta per bulan. Itu pun masih kurang untuk memenuhi permintaan pasar,” ujar bapak krisna”.

Selain hasil panen, apel mana lagi juga sangat cocok dijual untuk keperluan pembibitan, salah satu pelakunya yakni adalah Edy Sumulur, pemilik PT Pusaka Alam Lestari. Ia membudidayakan bibit apel manalagi sejak tahun 2001 di kawasan Batu, Malang.
Pelanggan bibitnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Bogor, hingga kota-kota di Sulawesi.
Bapak edy mengaku, dalam sebulan bisa menjual hingga 10.000 bibit dengan omzet diatas 200 juta perbulan. Dengan harga bibit eceran dijual seharga Rp 50.000 perbatang, sementara untuk pembelian diatas 500 batang biasanya masih bisa dinegosiasikan lagi bahkan bisa turun sampai harga  25.000 perbibit nya.
permintaan bibit apel ini masih sangat tinggi dipasaran. Karena rasa apel ini memang yang paling enak dibandingkan dengan jenis apel lokal lainnya,” terang bapak edy.

Bagaimana Cara Budidaya Apel Mana Lagi?

  1. Syarat tumbuhan Buah Apel
  2. Curah hujan yang normal antara 1000 – 2600 mm/tahun.
  3. Tanaman buah apel sanagat memerlukan cahaya antar 50 -60 % setiap harinya
  4. Suhu ideal untuk budidaya apel yaitu sekitar 16 – 27 derajat celcius.
  5. Kelembapan udara antara 75 – 85 %.
  6. Tanah yang Bagus adalah latosol , andosol dan regosol
  7. dengan tingkat keasaman sekitar 6 sampai 7, perhatikan juga kandungan air dalam tanah yang dibutuhkan tersedia dan memadai untuk proses pertumbuhan.
  8. Hindari tanah berkerikil karena akan menghambat pertumbuhan dan juga perawatan pada tanaman buah apel ini.

Proses Budidaya Tanaman Apel

 1. Pembibitan

Pembibitan buah apel dapat dilakukan dengan dua cara yakni :
secara generative, yatu teknik generative dilakukan dengan biji
yang kedua yaitu secara vegetative, atau dilakukan dengan stek/cangkok atau biasa juga di sebut okulasi atau penempelan.

2. pemeliharaan bibit

biasanya dalam proses pemeliharan bibit dilakukan pemupukan antara 1 sampai 2 bulan sekali dengan urea dan tsp masing –masing 5 gram pertanaman . selain itu juga dilakukan penyiangan pada tanaman dari pertumbuhan gulma, sedangkan penyiraman dilakukan  seminggu sekali atau tergantung dengan cuaca panas atau tidakserta pencegahan penyakit dengan cara di semprot 2 kali tiap bulannya dengan fungisida dan insektisida secukupnya.

3. Pemindahan Bibit

bibit apel

jika bibit dipilih adalah pencangkokan.okulasi bibit dapat dipindahkan pada saat umumnya antara 6 bulan setelah okulasi.potong bibit dengan panjang antara 80 sampai 100 cm (daun di potong juga).

4. Persiapan Lahan

persiapan tanah penting dilakukan dengan cara di bajak, untuk mengatur kadar dalam tanah dan juga mengurai keadaan jenuh tanah.lakukan Pembukaan Lahan dengan pupuk kandang dan lainnya  agar tanah tambah subur dan gembur .
bentuk Bedengan/gundukan jika anda ingin menanam dibedengan hal ini yang anda lakukan dengan cara peninggian tanaman.pengapuran ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan ph pada tanah untuk lebih idealnya yaitu kurang dari 6.

5. Teknik Penanaman

tanaman apel ini biasanya ditanam secara monokultur (selubang satu) supaya tanaman mendapat cukup asupan air dan juga sinar matahari, tujuannya agar perkembangan tanaman ini baik dan cepat
perlu juga dilakukan Pembuatan lubang tanam dengan ukururan lubang tanam antara 50 x 50x 50 cm sampai 1 x 1 x 1 m atau sesuai dengan kebijakan anda, pastikan tanah atas dan bawah sudah dicampur dengan pupuk.untuk cara penanaman sangatlah muda, yakni tinggal memasukan bibitnya kedalam lubang tersebut tanam dan timbun bibit tersebut dengan tanah yang tidak terlalau tebal agar pertumbuhan lebih cepat

6. Pemeliharaan pohon apel

lakukan penyulaman pada tanaman yang kurang sehat/mati ataupun tidak tumbuh, dengan cara menyulam/mengantikannya dengan tanaman yang baru. lakukan hal ini dilakukan sebaiknya pada musim hujan. lakukan Penyiangan di sekitar induk tanam yang banyak terdapat gulma yang dianggap menganggu tanaman apel. lakukan Pemangkasan pada bagian yang terlalu rimbun pada proses pembesaran agar pohon tumbuh secara maksimal.biasanya ketinggian 80 cm tunas hingga 60 cm
Pemupukan sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan

pohon apel

7. Panen

panen dapat dilakukan jika buah sudah mengeluarkan ciri ciri:

  • buah sudah berisi penuh.
  • berwarna segar merata dan sehat.
  • baunya harumsegar.
  • pada umumnya tanaman buah apple mulai matang pada 4 sampai 5 bulan setelah bunga bemekaran, tapi ini juga tergantung pada iklim. jika cuaca sering hujan  apel cenderung akan mengalami cepat berisi dan siap panen.

Cara panen :

petik mengunakan gunting pemetik, priode panen apel sekitar 6 bulan sekali berdasarkan siklus pada tanaman .
mungkin cuma itu dulu yang bisa berwirausaha bagikan kali ini tentang peluang bisnis budidaya dan penanaman apel hijau mana lagi, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.
sampai jumpa lagi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.