Segarnya keuntungan dari Budidaya Semangka lengkap Cara perawatan

0
33
Peluang Usaha Budidaya Semangka Dan Cara Perawatannya

Halo, selamat datang di berwirausaha.net kali ini berwirasuaha.net akan memberikan ulasan tentang peluang usaha budidaya semangka yang menghasilkan, selamat membaca.

Siapa tidak kenal dengan buah bundar yang satu ini?

Semangka yang memiliki Nama latin Citrullus vulgaris, Semangka merupakan salah satu jenis buah buahan paling disukai masyarakat, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap diantaranya vitamin a, b, dan c.

Buah semangka biasa diolah menjadi berbagai macam aneka minuman seperti es buah, jus semangka dan juga nikmat dimakan secara langsung, dan semangka juga adalah salah buah yang sering dijadikan sebagai makanan enutup atau fruit dessert.

Kenapa buah semangka banyak diminati?
rasanya yang manis dan mengandung banyak cairan sangat cocok dan segar sekali bila dikonsumsi pada saat panas siang hari untuk menghilangkan dahaga.

Bagaimana sih ciri ciri semangka?

Semangkan memiliki ciri-ciri yang mudah sekali dikenali yaitu :

  • daunnya jarang-jarang, bercangap menyirip kecil-kecil dan bersifat menjalar (merambat).
  • Batangnya kecil dan menjalar.
  • Buahnya bulat seperti bola, memliki tekstur halus, berwarna hijau dengan corak hitam.
  • Kulitnya keras dengan daging berwarna merah memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung air,  berbiji hitam kecil.

Mungkin belum banyak yang tau jika buah semangka ini sebenarnya berasal dari Afrika. Semangka umumnya mempunyai harga yang relatif lebih tinggi dibanding tanaman hortikultura (jenis tanaman pertanian) pada umumnya. Hal ini memberi banyak keuntungan kepada petani atau pengusaha pertanian tanaman semangka. Dan ini membuka peluang bagi para petani untuk memulai bercocok tanam buah semangka.

Lalu bagaimana sih cara dan proses dalam menanam semangka?
Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membudidayakan semangka, yaitu:

1. Mempersiapkan lahan
Lahan nantinya akan menjadi tempat proses anda menanam dan merawat tanaman semangka anda, sehingga mempersiapkan lahan merupakan hal yang wajib anda lakukan sebelum anda menanang bibit semangka, karena hal ini akan sangat menetukan hasil produksi dari semangka yang anda tanam.
Sebenarnya Semangka bisa tumbuh subur dimana saja asal masih pada ketinggian 0-1000 mdpl. Semangka juga membutukan lahan yang gemur dan memiliki cukup asupan airm, agar tanaman ini tidak kering selain itu kekurangan air bisa menyebabkan semangka anda menjadi kuntet dan tidak bisa besar.
Sebaiknya bajak dahulu halan yang akan anda gunakan atau cangkul agar lahan lebih gebur dan bentuklah barisan gundukan tanam memanjang.

2. Pemilihan Benih Semangka
Anda diharuskan memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil semangka yang memuaskan, anda bisa langsung membeli pada toko bibit atau bisajuga membelinya langsung dari petani lain.
Hal yang harus diperhatikan dalam memilih benih:

  1. Pastikan memiliki catatan  hasil panen yang baik.
  2. Tidak memiliki riwayat penyakit.
  3. Dan cocok dibudidaya pad daerah anda.

3. Proses Penanaman Semangka
Buatlah lubang pada gundukan tanah yang tadi disiapkan berikan pupuk secukupnya.
Kemudian taburkan langung benih kedaam lubang yang telah disediakan.
Tutup kembali lubang dengan tanah
Kemudian padatkan (tapi jangan terlalu padat benar) untuk memberikan kesempatan bakal tanaman merambat keluar.

4. Pemeliharaan
Semangka membutuhkan cukup asupan air untuk bisa tumbuh subur sehingga anda haru smenyirami tanaman ini pada pagi atau sore hari untuk memastikan semangka anda mendapatkan cukup air.
Tanamlah saat akan memasuki musim penghujan untuk memudahkan anda dalam proses menyiram.
Pemupukan dapat anda lakukan dengan langsung bertanya pada orang yang lebih ahli, untuk jenis pupuknya anda bisa langsung bertanya pada penjual pupuk untuk jenis pupuk yang sesuai dengan jenis semangka anda.
Apabila semangka anda terserang penyakit anda bisa memberkan perawatan dengan menyemprotkan obat hama yang sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang.

5. Panen

Panen dapat dilakukan jika ukuran semangka sudah maksila biasanya kulitnya akan mengeras dan berwarna cerah, serta memiliki bobot sesuai.
anen dapat dilakukan dengan memotong bagian pangkal buah semangka dan mengambilnya langusng dari batang nya.
Jangan menunda panen karena jika terlambat semangka anda bisa busuk.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa bwerwairausaha,net bagikan kali ini tentang peluang usaha budidaya semangka  buah yang menhasilkan semoga bermanfaat an sukses selalu dengan usaha anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.