Skip to content

Mendapatkan Penghasilan Dari Blog Ternyata Tidak Semudah Yang Dibayangkan

Saya telah menjalankan blog saya ini selama beberapa tahun dan perjalanan ini telah membawa saya pada pengalaman luar biasa dan telah menghasilkan beberapa uang melalui blog walaupun jumlahnya tidak besar tapi lumayan untuk membantu menambah uang bulanan belanja istri saya.

Awalnya, saya hanya menulis karena kesukaan saya terhadap topik yang saya bahas, tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari potensi penghasilan dari blog yang lumayan menggiurkan.

Pentingnya penghasilan dari blog bagi blogger

Penghasilan dari blog memiliki banyak arti dan manfaat penting bagi para blogger. Meskipun tidak semua blogger memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan, bagi banyak orang, mendapatkan penghasilan dari blog bisa menjadi motivasi dan penghargaan atas usaha dan waktu yang telah mereka investasikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penghasilan dari blog penting bagi blogger:

  1. Penghargaan atas Usaha: Menulis blog membutuhkan waktu, penelitian, dan usaha. Mendapatkan penghasilan dari blog adalah cara menghargai dan mengakui usaha yang telah ditanamkan dalam membangun dan menjaga blog tersebut.
  2. Mengubah Hobi Menjadi Pendapatan: Banyak orang memiliki minat dan hobi tertentu yang bisa diubah menjadi sumber penghasilan. Dengan menjalankan blog tentang topik yang disukai, Anda dapat menghasilkan uang sambil menjalani apa yang Anda cintai.
  3. Pendapatan Pasif: Salah satu manfaat utama dari menghasilkan penghasilan dari blog adalah potensi pendapatan pasif. Setelah konten Anda terpublikasi dan mulai menarik trafik, Anda dapat terus menghasilkan pendapatan tanpa harus aktif menulis setiap saat.
  4. Membantu Meningkatkan Kualitas Konten: Fokus pada monetisasi dapat mendorong Anda untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas dan bernilai tinggi bagi pembaca. Konten yang baik lebih cenderung menarik trafik, yang pada akhirnya berdampak positif pada pendapatan Anda.
  5. Mendorong Pertumbuhan dan Pengembangan: Saat Anda berusaha untuk menghasilkan lebih banyak uang dari blog, Anda akan lebih cenderung belajar tentang berbagai strategi pemasaran, optimasi SEO, dan praktik terbaik dalam industri. Ini dapat membantu Anda tumbuh sebagai seorang profesional di bidang blogging.
  6. Meningkatkan Keterlibatan dengan Pembaca: Saat Anda memonetisasi blog Anda, Anda akan lebih berfokus pada kebutuhan dan preferensi pembaca Anda. Ini dapat mendorong interaksi yang lebih baik dengan pembaca, karena Anda akan mencari cara untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada mereka.
  7. Menghadirkan Peluang Baru: Kesuksesan dalam menghasilkan penghasilan dari blog dapat membuka pintu untuk peluang bisnis dan kolaborasi yang lebih besar. Anda mungkin mendapatkan undangan untuk menjadi pembicara, mengikuti acara, atau berkolaborasi dengan merek-merek terkait.
  8. Kemandirian Keuangan: Penghasilan dari blog dapat memberikan kemandirian keuangan. Meskipun mungkin tidak menggantikan pendapatan penuh waktu secara instan, itu bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang berarti.
  9. Inspirasi bagi Lainnya: Keberhasilan Anda dalam menghasilkan pendapatan dari blog bisa menjadi inspirasi bagi orang lain yang ingin mengikuti jejak serupa. Anda dapat berbagi pengalaman Anda dan memberikan panduan kepada mereka yang ingin memulai blog mereka sendiri.

Beragam Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Mendapatkan penghasilan dari blog adalah tujuan yang banyak dikejar oleh para blogger. Namun, penting untuk diingat bahwa membangun blog yang menghasilkan pendapatan memerlukan kerja keras, konsistensi, dan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog:

  1. Monetisasi dengan Iklan: Salah satu cara paling umum untuk menghasilkan pendapatan dari blog adalah melalui iklan. Anda bisa mendaftar ke program periklanan seperti Google AdSense dan menyematkan iklan pada halaman blog Anda. Namun, jangan terlalu banyak memasang iklan sehingga mengganggu pengalaman pembaca.
  2. Afiliasi Pemasaran: Program afiliasi memungkinkan Anda mengiklankan produk atau layanan dari perusahaan lain dan mendapatkan komisi setiap kali ada penjualan atau tindakan tertentu melalui tautan afiliasi Anda.
  3. Penjualan Produk atau Layanan: Jika Anda memiliki produk atau layanan sendiri yang relevan dengan niche Anda, Anda bisa menjualnya melalui blog Anda. Ini bisa berupa e-book, kursus online, barang fisik, atau layanan konsultasi.
  4. Sponsorship: Ketika blog Anda sudah memiliki basis pembaca yang cukup besar, Anda bisa menjalin kerja sama dengan merek-merek terkait dalam bentuk sponsorship. Ini bisa berupa penulisan ulasan produk, konten promosi, atau partisipasi dalam acara.
  5. Berlangganan Berbayar: Jika Anda menghasilkan konten yang sangat berkualitas dan diminati banyak orang, Anda bisa mempertimbangkan untuk menawarkan konten berlangganan berbayar. Ini bisa berupa artikel eksklusif, panduan mendalam, atau konten premium lainnya.
  6. Diversifikasi Pendapatan: Tergantung pada perkembangan blog Anda, pertimbangkan untuk menggabungkan beberapa metode di atas. Diversifikasi sumber pendapatan dapat membantu melindungi Anda dari fluktuasi yang mungkin terjadi dalam satu model monetisasi.

Memaksimalkan Penghasilan Blog

Untuk Memperoleh penghasilan yang maksimal dari blog kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Pilih Niche yang Tepat: Memilih niche atau topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan Anda sangat penting. Niche yang spesifik dan memiliki audiens yang berpotensi besar akan lebih mudah menarik perhatian pembaca dan iklan.
  • Buat Konten Berkualitas Tinggi: Konten adalah kunci utama untuk menjaga pembaca tetap tertarik. Buatlah konten yang bermanfaat, informatif, dan menarik. Gunakan berbagai format, seperti artikel, gambar, video, infografis, dan lainnya, untuk membuat konten yang beragam.
  • Optimasi SEO: Memahami dasar-dasar optimasi mesin pencari (SEO) akan membantu blog Anda mendapatkan peringkat lebih baik di hasil pencarian. Ini akan meningkatkan visibilitas blog Anda dan membantu menarik lebih banyak trafik organik.
  • Bina Komunitas: Interaksi dengan pembaca adalah kunci untuk membangun komunitas yang setia. Balas komentar, tanggapi pertanyaan, dan ajak diskusi di dalam komentar. Ini akan membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pembaca Anda.
blogger yang tidak sukses Mendapatkan Penghasilan

Hal Hal yang Berkaitan Dengan Mendirikan blog

berikut hal hal yang harus dipahami saat hendak mendirikan blog:

Motivasi Mendirikan Blog

Sering sekali setiap browsing di internet kita mencari dan membaca artikel tentang para blogger paling sukses dengan penghasilan yang mencapai ratusan atau ribuan dollar perbulan hanya dari kegiatan blogging. Jujur terkadang saya juga mencari dan membaca artikel seperti itu karena dengan membaca artikel seperti itu bisa menyemangati diri sendiri, dan terus mati matian melamar adsense meskipun sudah pernah berkali kali mengalami penolakan. blogger pemula termasuk saya memang selalu bermimpi jika suatu saat nanti akan bisa seperti mereka, para blogger yang sukses dan memperoleh keuntungan jutaan dari hobi blogging ini.

Ya memang tidak ada salahnya bermimpi, tapi setelah membaca sebuah riset di internet tentang berapa dan bagaimana mendapatkan penghasilan dari google adsense, hal ini merubah semua sudut pandangan saya 360 derajat seketika. Setidaknya sekarang saya mengerti bahwa mencari penghasilan dari dunia blogging ini tidak semudah yang kita bayangkan.

Riset Pasar dan Perencanaan Konten

Saya memahami pentingnya memahami pembaca target saya. Jadi, saya meluangkan waktu untuk riset pasar dan memahami apa yang pembaca cari. Saya mencatat tren, kebutuhan, dan keinginan mereka. Hal ini membantu saya merencanakan konten yang relevan dan bermanfaat bagi mereka.

Tantangan Teknis dan Kreatif

Memilih platform, menyesuaikan tata letak, dan merancang logo adalah tantangan yang membutuhkan banyak pembelajaran. Saya tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat, tetapi berkat sumber daya online dan kesediaan untuk mencoba-coba, saya berhasil merancang blog saya sendiri. Ini adalah pencapaian yang memberi saya kepercayaan diri yang besar.

Konsistensi dan Kendala Waktu

Pada awalnya, saya sangat bersemangat dan menulis beberapa postingan dalam waktu singkat. Tapi, tantangan datang saat kesibukan sehari-hari mulai menyita waktu saya. Menemukan keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi, dan blogging bukanlah hal yang mudah. Tapi saya belajar untuk konsisten, meskipun hanya dengan satu postingan per minggu.

Mempromosikan dengan Keberanian

Meluncurkan blog saja tidak cukup. Saya harus belajar tentang promosi dan membagikan konten saya. Awalnya, mempromosikan diri saya sendiri terasa agak aneh dan membuat malu. Tetapi, saya menyadari bahwa untuk membangun audiens, saya harus tampil di hadapan mereka dengan keyakinan.

Tanggapan Positif dan Dorongan dari Pembaca

Saat komentar pertama muncul di blog saya, saya merasa begitu bersemangat. Ada orang yang benar-benar membaca apa yang saya tulis! Ini adalah momen berharga yang memberi saya dorongan untuk terus berkarya. Menerima tanggapan positif dan mendengar bahwa tulisan saya telah membantu atau menginspirasi seseorang adalah hadiah terindah dari perjalanan ini.

Menghadapi Rintangan dengan Ketabahan

Tidak semua hari adalah hari yang baik. Ada saat-saat di mana saya merasa kehabisan ide atau meragukan kemampuan saya. Namun, saya belajar untuk menghadapinya dengan ketabahan. Saya mencari inspirasi dari lingkungan sekitar, membaca, dan berbicara dengan orang-orang. Rintangan tidak boleh menghentikan langkah kita.

Perkembangan dan Pertumbuhan

Saat ini, melihat blog saya tumbuh adalah pencapaian yang tak ternilai. Saya telah belajar banyak tentang pemasaran, SEO, dan keterlibatan pembaca. Namun, yang lebih penting, saya telah melihat pertumbuhan pribadi saya dalam hal keberanian, kreativitas, dan ketekunan.

Perubahan Sudut Pandang

Saya yakin dari sudut pandang pemula google adsense adalah segalanya karena disana anda akan mendapatkan penghasilan. Hal ini yang akhirnya menyebabkan para blogger pemula melakukan segala cara agar di terima di google adsense menjadi publisher. Bahkan dengan cara apa saja, termasuk mengeluarkan uang untuk membeli akun adsense yang sudah di terima.

Bukankah setelah memiliki adsense akan lebih mudah mendapatkan penghasilan? Ya anggapan diatas mungkin benar, tapi tidak sepenuhnya tepat menurut saya.!! kenapa? Karena menurut beberapa blogger senior justru mendapatkan akun adsense itu lebih mudah, di bandingkan mendapatkan penghasilan dari adsense. kenapa Mendapatkan akun adsense lebih mudah dari pada mendapatkan penghasilan dari adsense itu sendiri.?? sekarang mari kita melakukan perhitungan kenapa saya mengatakan Mendapatkan akun adsense lebih mudah dari pada mendapatkan penghasilan dari adsense itu sendiri.

Perhitungan bayaran dari adsense? 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan bayaran terendah untuk iklan, untuk itu mendapatkan penghasilan dari adsense kita harus memperoleh lebih banyak klik. Berikut adalah cara menghitung pendapatan dari adsense:

Ada 3 hal yang menentukan pendapatan dari adsense

  1. jumlah pengunjung
  2. berapa persen kira kira pengunjung yang mungkin mengklik iklan?
  3. total uang yang anda dapatkan dari klik pada iklan

Untuk mendapatkan uang berarti rumusnya adalah

$$ = pengunjung x klik x harga klik

Misalkan anda ingin mendapat penghasilan 100 dollar, coba hitung berapa lama waktu yang anda butuhkan jika satu klik iklan biasanya di hargai sekitar 0,2 – 0,8?

kita ambil angka tengahnya atau rata rata misalkan nilai perklik iklan adalah 0,5 untuk mendapatkan 1 dollar berarti anda harus mendapatkan 2x klik pada iklan anda setiap hari.

0,5 x 2 = 1 dollar berarti anda harus menunggu sekitar 100 hari untuk mendapatkan penghasilan 100 dolar alias lebih dari 3 bulan. itu jika anda mendapatkan setidaknya 2 klik perhari

sekarang anda hitung berapa banyak pengunjung yang anda dapatkan perhari??

jika dari seribu orang mungkin kemungkinan nya adalah 0,5 klik maka anda harus bisa mendatangkan pengunjung sekitar 2000 perhari untuk mendapat satu dollar atau 2x klik?

dan menunggu selama lebih dari 3 bulan sebelum bisa mendapatkan pembayaran.

jika ingin mendapat bayaran setiap bulan berarti anda harus menggandakan jumlah pengunjung anda 3 kali lipat perhari atau menggandakan jumlah klik iklan anda. Saya rasa itu bukan hal yang gampang untuk dilakukan.

Pengaruh Niche terhadap penghasilan

Kenapa niche menentukan penghasilan? Begini logikanya misalkan pada situs saya ini, saya membahas tentang blogging, sedangkan pembaca saya adalah orang orang yang bergelut di dunia blogging dan sudah terbiasa melihat iklan. Mereka akan cenderung mengabaikan iklan atau bahkan ada yang parah dengan sengaja menggunakan pemblokir iklan, padahal dari iklan itulah seorang blogger mendapat sedikit recehan dari apa yang telah susah payah mereka lakukan dan bagikan.

Lalu niche apa yang paling besar kemungkinan nya untuk bisa menghasilkan uang, menurut saya adalah selain blogging karena sangat jarang sekali blogger yang mau mengklik iklan. Menurut saya niche paling cocok adalah jual beli kenapa? Karena kemungkinan untuk pengunjung membeli dan mengklik iklan itu lebih besar, jelas saja mereka kan memang membuka internet untuk mencari iklan.

tapi semua kembali lagi kepada anda, jika anda hanya mengejar penghasilan saya rasa anda tidak akan berhasil, tapi sebaliknya bahkan dengan membahas niche blogging pun buktinya juga banyak blogger yang mampu meraih kesuksesan

Kesimpulan

Mendirikan blog adalah perjalanan yang luar biasa. Ini membutuhkan tekad, keterampilan baru, dan ketabahan, tetapi setiap langkah membawa kita lebih dekat pada impian kita. Saya ingin mengingatkan teman-teman blogger bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Jangan pernah ragu untuk berbagi suara Anda dengan dunia. Dengan dedikasi dan semangat, kita dapat mengubah hobi kita menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi.

Kunci dari kesuksesan dari segala bidang ilmu adalah dedikasi dan ketekunan. jadi apapun niche yang anda andalkan kesuksesan kembali lagi kepada seberapa keras usaha yang anda lakukan. Tapi jika saya sendiri lebih menjadikan blogging adalah hobi maka jika bisa menghasilkan akan saya syukuri dan jika tidak juga tidak apa apa karena saya bahagia sudah bisa berbagi. Itu adalah semangat paling kuat yang bisa membuat saya terus menulis meskipun sampai sekarang belum menghasilkan apa apa.

Komentar yuk!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tags: