14 Desember 2016

Ini Alasan Kenapa Sering Gagal Saat Mencoba Memulai Usaha

alasan usaha sering gagal

Kegagalan adalah guru yang paling berharga, ya sebuah kalimat sederhana yang kerap dijadikan motivasi untuk membuat kita tidak lelah mencoba dan tidak berhenti berusaha. Dan saya rasa kalimat ini benar adanya.
Karena jarang sekali ada orang yang bisa meraih kesuksesan memulai sebuah usaha hanya pada percobaan pertama, sangat jarang.
selalu ada kegagalan yang kemudian menjadi sebuah pembelajaran untuk membuat seseorang itu lebih matang, dewasa dalam pemikiran dan siap secara mental.
Lalu kegagalan yang dialami itu dijadikan semacam cambukan penyemangat dan sebagai batu loncatan untuk maju ke depan dan mencoba kembali.

Faktor Penyebab Usaha Sering Gagal:

1. Mudah menyerah

Ingat kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, justru merupakan suatu tanda bahwa kita sedang memulai sebuah babak baru untuk menjadi yang lebih baik lagi, karena percaya tidak percaya dibalik kegagalan di sana juga akan selalu ada jalan.
Akhir dari perjuangan dan akhir segalanya adalah saat kita memutuskan untuk Menyerah/berhenti pada apa yang kita lakukan, padahal siapa tau saat kita memutuskan berhenti itu kesuksesan sudah ada sangat dekat dengan kita.
Saya sendiri pernah mengalami rasanya gagal, berkali kali, paham betul rasanya dagang sepi dan gak laku, terlilit hutang, meskipun tidaklah terlalu besar. Tapi yang namanya hutang ya tetaplah hutang, sebuah beban berat yang tidak hanya sulit dari segi fisik tapi juga memberatkan dari segi mental, karena harus menanggung malu, takut, dan kegelisahan dan kekhawatiran.
Tapi satu keyakinan saya, jika suatu masalah itu selalu ada jalan keluarnya sebesar apapun masalahnya. Jikapun tidak sekarang bersabarlah mungkin besok, atau lusa, mungkin minggu depan atau tahun depan.
Permasalahannya hanya seberapa besar usaha anda untuk menyelesaikannya dan seberapa sabar anda menghadapinya.

2. Kurang pengalaman

Apa pelajaran yang lebih berharga dari pengalaman? Pengalaman itu sangat berharga, saking berharganya tidak dapat dibandingkan dengan uang.
tidak percaya bisa dibuktikan, misal uang kita banyak/ratusan.
Tapi tidak bisa memanfaatkannya pasti ujung ujungnya abis juga terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, maka jalan satu satunya harus diputar kan dengan memulai usaha. Tapi tidak punya pengalaman, apa yang terjadi? Ya sama saja ujung ujungnya habis juga, iyakan?
Jadi selagi muda carilah pengalaman sebanyak banyaknya belajar bersikap, bersosial lah dengan lingkungan dan orang orang yang dewasa, temukan jati diri anda dimana, nantinya pengalaman anda akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Jangan Cuma habiskan waktu untuk bersenang senang.

Baca juga >>  5 film anime terbaik bergenre game terbaik

3. Tidak sabaran

Ketidak matangan pemikiran dan Terlalu terburu buru dalam mengambil keputusan adalah penyakit yang biasanya dialami oleh anak muda seperti saya ini.
Saya rasa ini adalah salah satu sikap yang banyak menyumbangkan kegagalan pada usaha yang kita lakukan. Dan saya sendiripun menyadarinya.
Saran terbaik saya cobalah di rem semangat yang terlalu menggebu gebu dalam memutuskan sesuatu, cobalah berfikir ulang, mulailah berhenti sebentar sebelum memutuskan sesuatu dan cobalah ajak berunding kerabat, saudara, terlebih orang tua.
Tanyakan pendapat mereka, Jangan hanya anggap orang tua itu sepele, karena justru sebenarnya mereka adalah guru yang sudah sangat berpengalaman.

4. Tidak berhati hati dengan mengelola keuangan

Faktor selanjutnya adalah Ceroboh dalam mengelola keuangan.
Saya sendiri paham jika hampir semua laki laki itu tidak pandai mengelola keuangan, alasannya sederhana karena tidak terlalu suka menghitung “njimet” boro boro teliti.
Jadi tidak jarang kadang pendapatan nggak seberapa tapi pengeluaran tidak terkontrol, jadinya usaha yang dijalankan cenderung tidak merasakan kemajuan ataupun mengalami pengembangan.
Terus bagaimana solusinya?
Mulailah belajar pembukuan sekecil apapun usahanya pembukuan akan membantu mengontrol dan mengetahui pengeluaran dan pemasukan yang akan anda terima.
Anda tidak sanggup melakukan sendiri? Mintalah bantuan istri, terlebih jika anda memiliki karyawan.
 

5. Kebosanan

Faktor terakhir kenapa kita selalu gagal memulai usaha adalah karena bosenan.
Kita tau jika usaha itu butuh ketelatenan, keuletan, dan kerja keras.
Sehingga jika anda memiliki sifat mudah bosen akan menyulitkan sekali untuk bisa sukses dalam usaha.
Cara mengatasinya bagimana mas?
Saya tidak tau, karena treatmen tiap orang itu berbeda beda, tapi saya rasa cara yang paling efektif ya Cuma satu “tekat”.
Kalau sudah nekat saya yakin bosan tidak akan menjadi penghalang yang menyulitkan.

Mungkin Cuma itu yang bisa saya tulis dan bagikan kali ini.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu buat anda.

SHARE:
artikel 0 Replies to “Ini Alasan Kenapa Sering Gagal Saat Mencoba Memulai Usaha”
Riski
Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer... Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan.. pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.