Manfaat Pemupukan untuk Tanah Sebagai Media Tanam

Manfaat Pemupukan untuk Tanah Sebagai Media Tanam - budidaya

Pemupukan merupakan hal yang biasa kita jumpai dalam kegiatan bercocok tanam baik tanaman konsumsi ataupun tanaman hias.

Memiliki tanaman cantik di pekarangan tentu menjadi kepuasan dan kebangaan sendiri bagi pemilik rumah. Sehingga tak heran jika banyak pemilik atau penggemar tanaman selalu mencari cara agar tanaman dapat tumbuh dengan cantik. Memanfaatkan pemupukan pada tanah adalah salah satu cara untuk menumbuhkan tanaman dengan cantik. Karena pada dasarnya pupuk mampu memberikan nutrisi sehat pada tanah sehingga mampu menumbuhkan tanaman menjadi sehat dan cantik.

Untuk Anda yang memiliki hobi merawat tanaman, mari kita simak artikel berikut yang akan membahas tentang manfaat pemupukan pada tanah, sehingga kita bisa memanfaatkannya secara optimal dalam merawat tanaman.

Manfaat Pupuk

Baik pupuk dalam bentuk padat maupun cair, manfaat pemupukan untuk tanah di antaranya adalah sebagai berikut:

Tanaman Tumbuh Cepat

Dari semua jenis pupuk yang digunakan pada tanah mampu memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman di pekarangan. Sehingga pupuk bisa dikatakan sebagai untuk pertumbuhan tanaman yang memiliki peranan penting yang mampu memberikan nutrisi pada tanah sebagai media tanam. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan pupuk saat menanam dan merawat tanaman, maka tanaman dapat tumbuh lebih subur dengan waktu yang relatif cepat. Kesimpulannya, salah satu manfaat pemupukan pada tanah adalah mempercepat pertumbuhan tanaman.

Meningkatkan Hasil Produksi Tanaman

Perlu diketahui bahwa melakukan kegiatan pengelolaan tanah yang dilakukan secara terus menerus dapat menghilangkan unsur hara pada tanah secara perlahan. Sehingga sangat diperlukan pemupukan pada tanah sebagai peningkat kadar hara. Karena unsur hara pada tanah sangat penting pada pertumbuhan tanaman, khususnya pada produksi tanaman.

Tak hanya tanaman hias, pemupukan dengan peningkatan unsur hara pada tanah juga mampu meningkatkan hasil produksi pada tumbuhan. Jika kita ingin sayuran atau buah yang cepat dihasilkan dari suatu tumbuhan, maka pemupukan pada tanah adalah salah satu solusinya.

Menjauhkan Hama Tanaman

Selain meningkatkan kadar unsur hara pada tanah, pupuk juga mampu menghilangkan dan menjauhkan hama dari tanaman. Beberapa zat yang dikandung dalam pupuk merupakan zat-zat yang tidak disukai oleh hama-hama tanaman. Dengan begitu, maka hama-hama akan menjauhi tanaman yang sudah diberi pupuk pada media tanamnya. Segala jenis hama, penyakit, dan pengganggu tanaman akan terusir karena adanya pupuk tersebut. Dengan begitu, tanaman dapat tumbuh dengan subur dan optimal.

Baca juga >>  Budidaya Ikan Lele Berikut Hal yang Perlu Diketahui

Namun, perlu diketahui bahwa melakukan pemupukan pada tanah juga perlu mengetahui kadar intensitasnya. Jika terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk secara berlebihan dapat merusak tanaman seperti mengeringkan hingga membuat tanaman menjadi layu. Selain itu, pemberian pupuk berlebihan pada tumbuhan pun juga tidak baik untuk kita konsumsi, ketika menghasilkan sayuran atau buah-buahan.

Membantu Pembelahan Sel

Pemupukan pada tanah juga mampu membantu pembelahan sel pada tanaman. Dengan begitu, pupuk juga mampu membantu tanaman melakukan respirasi. Respirasi adalah salah satu kegiatan tanaman yang berhubungan dengan fotosintesa tanaman atau sistem pernafasan tanaman.

Tentunya, sistem respirasi dan pembelahan sel secara optimal mampu menggemburkan tanah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Karena pada dasarnya, terdapat pupuk yang mengandung fosfor untuk membantu sistem pernafasan tanaman.

Manipulasi Area Tanah

Pupuk mampu memanipulasi area tanah di sekitar media tanam tumbuhan yang Anda rawat. Dengan begitu, Anda pun bebas membudidaya tanaman dengan pertumbuhan secara optimal.

Merangsang Sel Akar

manfaat Pemupukan
ilustrasi tanah

Ternyata sel akar juga terbantu karena adanya pemupukan pada tanah. Jadi, selain merangsang sistem respirasi pada tanaman, pemupukan juga mampu merangsang pertumbuhan sel akar. Dengan adanya pertumbuhan akar yang optimal, maka tanaman dapat tumbuh dengan cepat dan optimal. Karena pada dasarnya, akar adalah bagian penting pada tanaman. Di mana akar memiliki fungsi sebagai penyalur nutrisi dan air dari dalam tanah ke tubuh tanaman.

Akar yang tumbuh sehat dengan kandungan CaO dan Kalsium mampu menghasilkan tanaman yang sehat dan kokoh.

Kaya Akan Bahan Organik

Berdasarkan penelitian, tanaman yang layu dan rusak disebabkan karena kurangnya bahan organik pada tanah sebagai media tanam suatu tumbuhan. Padahal bahan organik tersebut mampu meningkatkan produktivitas suatu tanaman.

Dengan begitu perlu dilakukan pemupukan pada tanah untuk memberikan bahan organik pada tanah. Pupuk yang cocok untuk tanah tersebut adalah pupuk organik yang mampu memberikan kandungan zat organik dan mampu membantu pertumbuhan tanaman.

Perlu diketahui, pada umumnya tanah akan mengalami penyusutan pada bahan organik sekitar 2 persen setiap tahunnya. Tentu hal ini bisa membuat tanaman tidak bisa tumbuh secara optimal.

Itulah beberapa manfaat pemupukan untuk tanah. Dengan adanya kegiatan pemupukan pada tanah, maka tanah akan menjadi media tanam yang sehat dan mengandung berbagai zat. Di mana zat-zat tersebut memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tanaman. Mengingat bahwa tanah adalah media tanam terbaik dalam merawat tanaman, maka manfaatkan pupuk sebaik mungkin dengan kadar yang cocok.

Diposkan oleh Riski

Lulusan S1 informatika, bekerja sebagai fulltime blogger, content writter, dan android developer...
Berpengalaman bekerja dari sma, dan sekarang memilih menjalani usaha kecil kecilan..
pencinta musik folk, yang gemar membaca, menulis, dan membuat game...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.