tanam jagung menghasilkan banyak keuntungan

0
116
peluang usaha tanaman jagung menghasilkan banyak keuntungan

Jagung merupakan salah satu komuditi pangan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini. jagung memegang peranan penting dalam berbagai lapisan masyarakat.
contohnya dalam industri pangan, jagung bisa dimanfaatkan sebagai pengganti beras dengan cara diolah menjadi nasi jagung, bubur jagung, dan aneka kuliner jagung lainnya.
menurut sebuah penelitian mengemukakan ternyata jagung memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan baik untuk di konsumsi. 
dan yang terpenting jagung sendiri adalah bahan pokok dalam industri pembuatan pakan ternak. Jika diperhatikan tidak kurang dari 50% dari komposisi pakan ternak yang ada di pasaran menggunakan bahan dasar terbuat dari jagung.
Inilah yang membuat usaha menanam jagung bisa sangat menguntungkan karena jagung memiliki nilai ekonomis cukup tinggi di mata masyarakat.

Potensi Pasar

Faktor utama pendorong yang menjadikan semakin banyaknya permintaan jagung dipasaran, serta Semakin maju dan berkembangnya industri peternakan diindonesia semakin banyak pula industri produksi  yang membutuhkan jagung. Dan ini merupakan pertanda baik bagi para petani jagung, karena kemungkinan hasil panennya akan laku dipasaran dengan harga tinggi.
Dan kemungkinan muncul nya produk produk baru di pasaran yang memanfaatkan jagung sebagai bahan dasarnya, contohnya seperti tepung jagung sebagai bahan pembuat kue atau produk olahan pangan lainnya.

Keuntungan bertani jagung

Meningkatnya permintaan pasar terhadap komoditi jagung akan meningkatkan potensi pasar dan harga yang baik untuk jagung. sehingga peluang usaha bercocok tanam jagung juga semakin terbuka lebar.

Kenapa harus memilih budidaya jagung ??Alasan kenapa usaha bercocok tanam jagung dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

1. teknik dan cara budidaya yang mudah

Teknik dan cara budidaya yang relatif mudah menjadi keuntungan tersendiri pada usaha bercocok tanam jagung. Dengan menerapkan teknik sederhana, budidaya jagung tidak memerlukan banyak penanganan, biaya pemeliharaan selama proses produksi juga tidak terlalu besar.

2 batang jagung bisa dibuat untuk menjadi pupuk organik

batang jagung tua atau yang telah di paken bisa di olah menjadi pupuk organik sehingga tidak akan menjadi sampah dan terbuang sia sia, selain itu membantu merawat lingkungan.

3. daun bisa di manfaatkan sebagai pakan ternak sapi

saat proses penanaman biasanya ada jagung yang tidak tumbuh dengan baik atau istilah awamnya jagung cebol/cacat biasanya akan di buang.  Tanaman jagung yang dipotong atau dibuang itu, bisa dijadikan sebagai pakan untuk ternak seperti sapi, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri.

4. sedangkan bagian dalam biji (tangkai buah) bisa di gunakan sebagai bahan bakar memasak pengganti kayu bakar

jika kita jeli dalam manfaatkan seluruh potensi yang ada pada tanaman jagung. hal ini akan menjadi potensi bisnis yang menjanjikan..

Tips memulai usaha bercocok tanam jagung

Persiapan Sebelum memulai usaha bercocok tanam jagung ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan diantaranya :

1. Persiapan lahan

Sama seperti usaha bercocok tanam lain nya, menanam jagung juga memerlukan persiapan khususnya pada lahan. Anda bisa membajak terlebih dahulu lahan yang hendak anda gunakan untuk menanam jagung untuk menggemburkan tanah dan membuat jagung anda bisa tumbuh secara maksmal.

2. Persiapan bibit

Pilihlah bibit sesuai dengan target pasar anda, jika target pasar anda adalah kuliner jagung manis, maka belilah bibit jagung manis, tapi jika jagung untuk pakan gunakan bibit jagung produksi.

3. Pupuk

Pupuk adalah tambahan agar membuat jagung anda lebih subur dan sehat. Pilihlah pupuk sesuai dengan jenis jagung anda. Jangan memberikan pupuk terlalu sedikit atau teralu berlebihan pada jagung karena akan berdampak kurang baik.

4. Obat anti hama

Hama adalah musuh utama para petani khususnya jagung, hama yang biasa menyerang tanaman jagung adalah ulat dan belalang yang memakan daun jagung sehingga pertumbuhan jagung menjadi tidak maksimal atau bahkan bisa membuat jagung mati.
Anda bisa memilih obat sesuai dengan hama yang menyerang tanaman jagung anda, berkonsultasilah dengan penjual obat hama karena mereka sudah paham obat hamamana yang cocok untuk digunakan.

5. panen

panen dapat dilakukan sesuai dengan keperluan jagung tersebut.
ada yang digunakan untu jagung bakar maka jagung dipanen saat masih muda dan segar, kulit masih hijau dan buah sudah terisi sempurna.
sedangkan untuk panen untuk jagung tua dilakukan jika umur jagung sudah tua, kulit(klobot) sudah berwarna kecoklatan tua, dan daun mulai kering.

6. penggilingan

jagung tua biasanya dijual dalam kondisi telah lepas dari tangkal nya (janggel).
jagung di giling dengan menggunakan bantuan mesin penggiling jagung, sebelum digiling biasanya jagung di jemur beberapa hari untuk mengurangi kandungan air yang ada didalamnya.

mungkin Cuma itu saja dulu yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa memotifasi anda, dan jangan lupa untuk segera membuka usaha sebelum kesempatan itu keburu didahului orang.
Sampai jumpa dan semoga sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.