Peluang Usaha Kursus Komputer Dan Cara Memulainya

0
102

Peluang Usaha Kursus Komputer

bisnis kursus komputer

Komputer merupakan salah satu benda elektronik paling serba guna yang sekarang ini dibutuhkan hampir oleh setiap orang, semua pekerjaan apapun itu pasti akan berhubungan dengan yang namanya komputer baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bicara tentang manfaat komputer memang banyak sekali dan hampir tidak ada habisnya. Banyak pekerjaan yang bisa di kerjakan menggunakan komputer, Mulai dari membuat surat resmi, mengirim email, sampai dengan menjual dan mempromosikan jasa atau produk yang kita miliki kepada khalayak ramai menggunakan bantuan media internet.

Melihat begitu besarnya peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang ingin mempelajari secara mendalam penggunaan komputer ini, salah stunya tentu dengan melakukan kursus komputer. Dan disinilah letak peluang usaha kursus komputer yang terbuka semakin lebar..

Apa Sih Usaha Kursus Komputer Itu?

Secara sederhana kita bisa menyimpulkan jika usaha kursus komputer itu merupakan sebuah ujasa jasa dimana yang ditawarkan berupa bimbingan atau pengajaran terkait komputer dan aplikasinya, dalam praktiknya materi yang di ajarkan adalah materi praktis yaitu penggunaan aplikasi yang sering sekali di butuhkan dalam dunia kerja nantinya.

Apa Saja Materi yang Ditawarkan oleh Jasa Kursus komputer?

Sebenarnya setiap lembaga kursus komputer tentu memiliki kurikulum pembelajaran tersendiri, tergantung dengan kebutuhan dan permintaan yang datang dari peserta didik itu sendiri.

Namun sebagai gambaran saja saya akan memberikan beberapa materi standard yang sering di tawarkan untuk diajarkan pada kursus komputer, yaitu:

1. Pengoperasian Komputer

Tidak sedikit orang yang datang ke tempat kursus tanpa mengetahui sama sekali terkait komputer, bahkan ada yang benar benar tidak tau cara menggunakan dan pengoperasiannya.

Karena umumnya peserta kursus memang merasa mengalami ketinggalan terhadap komputer makanya mereka(peserta didik) mau menempuh pendidikan tambahan berupa kursus. Nah untuk itu anda selaku pemilik kursus komputer harus mampu bersabar mengajarkan materi komputer dari awal, step by step dan bertahap.

Karena yang perlu anda ketahui perserta didik kursus komputer itu bukan hanya anak-anak dan siswa sekolah yang masih mudah mudahnya diberi pelajaran, tidak sedikit peserta kursus justru datang dari orang dewasa yang sudah berkerja dan kemampuan nya dalam memahami pelajaran jadi berkurang.

2. Ms Office

Seperti yang kita tau office merupakan perangkat lunak buatan microsoft yang sudah sangat familiar dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, office menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaan mulai dari pengolahan kata, pengolah data , media presentasi maupun aplikasi aplikasi pendukung lainnya.

Aplikasi MS office yang wajib di ajarkan oleh lembaga kursus diantaranya seperti : Ms Word, Ms Power point, Ms Excel, Visio, dan lain–lain.

3. Aplikasi Multimedia

Kalau anda bicara komputer tentu tidak lepas dari yang namanya multimedia, karena pada dasarnya komputer itu sendiri selain merupakan media kerja juga merupakan media hiburan. Nah materi yang biasa diajarkan oleh lembaga kursus komputer terkait materi multimedia diantaranya:

  1.  Aplikasi untuk membuat desain atau logo seperti Corel Draw.
  2.  Aplikasi editor foto seperti photoshop.
  3.  Serta aplikasi multimedia lain seperti Flash dan aplikasi sejenisnya. .

4. Aplikasi General lainnya

Selain belajar tentang materi materi berat secara umum kursus komputer juga dituntut untuk mampu memberikan materi umum yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kan tidak lucu jika siswa kursus bisa menjalankan aplikasi tenrtentu dengan baik tapi tidak bisa menggunakan internet misalnya, untuk itu penting juga memberikan materi umum seperti pengenalan internet, cara memanfaatkannya untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas, perlu juga untuk di ajarkan berbagai aplikasi hiburan seperti media pemutar film, pemutar musik, streaming, kalau memungkin kan juga anda bisa kenalkan peserta didik anda dengan media sharing seperti blog atau web.

Kalau media general ini dipelejari tentu akan menjadi nilai tambah bagai wawasan peserta didik anda, karena seperti yang kita tahu didunia pekerjaan kelak justru hal-hal yang sepele seperti inilah yang di perlukan.

Hal Hal yang Perlu Di sediakan Untuk memulai Usaha Kursus Komputer

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuka usaha komputer, diantaranya:

1. Perizinan Pendirian Usaha Kursus.

Dalam mendirikan sebuah lembaga pendidikan anda diharuskan memiliki izin pendirian usaha, untuk apa?

Tujuannya untuk melindungi lembaga kursus yang anda bangun agar memiliki dasar hukum, dengan memiliki izin usaha anda akan dapat berjalan dengan lebih tenang dan lain saat usaha kursus anda terdaftar secara resmi anda bisa menerbitkan sertifikat keterangan yang tentu sangat dibutuhkan oleh peserta didik anda nantinya.

Untungnya untuk anda yang baru merintis usaha ini anda bisa melengkapi perizinan usaha anda sembari berjalan, jadi tidak perlu mengkhawatirkannya.

Kalau anda mersa bingun apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha kursus anda bisa membeli buku kalau tidak salah ada buku yang menjelaskan tentang syarat-sayarat mendirikan lembaga kursus, atau kalau ada kesempatan kapan-kapan akan saya terbitkan artikelnya.

2. Tenaga Pengajar Yang Kompeten

Untuk menghasilakan peserta didik yang berkwalitas tentu anda memerlukan tenaga pendidik yang memang memiki skil, pengetahuan dan berkompetensi di bidangnya, untuk memperkuat pengetahuan anda perlu mencari pendidik yang memang sudah berpengalaman, atau jika tidak anda harus mencari pengajar yang mau terus belajar dan rajin menambah pengetahuan.

Agar mampu menyesuaikan proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.

3. Buku Dan kurikulum

Terlait kurikulum sebenarnya sudah saya singgung di bagian awal tai, tapi untuk menambah kekuatan materi yang anda ajarkan serta menjamin proses belajar dan mengajar tempat kursus anda benar dan terarah buatlah carilah buku buku pembelajaran serta tentukan tingkatan tingkatan kursus anda, mulai dari yang basik, medium, sampai yang ekspert.

4. Media dan Peralatan Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Peluang Usaha Kursus Komputer

Karena Peluang Usaha Kursus Komputer yang anda dirikan adalah jenis kursus komputer sudah tentu anda harus memiliki peralatan pendukung kegiatan belajar komputer ini. Berikut peralatan yang biasa digunakan selama proses belajar kursus komputer:

  •  Perangkat Komputer merupakan hal wajib yang harus anda sediakan.
  •  Tempat Belajar yang nyaman dan mendukung.
  •  Ada baiknya juga jika anda melengkapi perangkat pendukung lainnya seperti printer dan koneks internet (wifi).
  •  Saat anda memiliki printer dan wifi anda juga bisa memadkan usaha kursus komputer anda dengan usaha lain seperti warnet pengetikan, usaha jilid dan print, serta warnet umum.

Tips Sukses Usaha Kursus Komputer

1. Sesuaikan Materi degan Target Peserta Didik/Kursus

Peserta didik bisa berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sekolah, remaja yang hendak mencari kerja, maupun para orang dewasa yang memerlukan keterampilan komputer ini, biaanya para guru yang hendak melakukan tes masuk PNS dan Sertifikasi atau naik peringkat.

Kalau perserta kursus nya berasal dari anak-anak tentu anda harus bedakan jenis pendidikannya dengan para orang dewasa hal ni untuk menjadikan proses belajar mengajar anda menjadi efektif.

2. Lokasi Kursus

Untuk tempat usaha yang paling cocok untuk jenis usaha kursus komputer sekarang ini adalah disekitar lingkungan pendidikan yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota, kenapa?

Karena mayoritas peserta didik yang berasal dari pusat kota umumnya sudah memiliki perangkat komputer sendiri sehingga mereka merasa tidaka perlu lagi kursus karena merasa sudah bisa.

3. Buat Promo Menarik

Banyak cara menarik minat peserta kursus misalkan dengan memberikan kesempatan uji coba gratis satukali kursus, memberikan jaminan sampai bisa atau uang kembali dan lain-lain.

Nah mungkin itu saja beberapa hal yang bisa berwirausaha bagikan kali ini mengenai tips dan strategi dalam menditikan usaha kursus komputer.

Kalau ada kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga tulisan ini bermnafaat dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.