Kerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan Sastra Inggris

Halo readers…..

Masih bingung mau kuliah dan ngambil jurusan atau konsentrasi apa? Atau sudah dijurusan Sastra Inggris, tapi kurang yakin? Jangan bingung… Nah, kali ini artikel ini akan membahas beberapa keuntungan kuliah dijurusan Sastra Inggris, supaya kamu tidak bimbang dan ragu lai untuk mengambil konsentrasi pendidikan Sastra Inggris.

Jika kita bicara tentang Sastra Inggris, sebagian orang akan memiliki banyak perspektif dan tanggapan masing-masing. Ada yang bilang “ Wah… hebat banget yaaa, berarti Jago Bahasa Inggris dooong….”, tentusaja saat mendengar kalimat ini, kita akan merasa terbang ke angkasa raya. Sedagkan’ disisi lain, aka nada yang bilang “ ngapain sih kuliah jurusan sastra inggris, kursus aja setahun pasti udah jago..” nyesek kan yaaa.. tapi stop! Jangan khawatir!

Advertisement

Buat kamu yang udah terlanjur masuk ke dunia Sastra Inggris, kamu udah tepat kok. Kamu perlu berbangga hati karena Jurusan Sastra Inggris, menawarkan banyak kesempatan, khususnya buat kamu yang pengen jalan-jalan, atau Study ke luar negeri. Jadi Tourguide juga bisa loo…

Apa Itu Jurusan Sastra Inggris?

Ssastra Inggris adalah jurusan dimana para mahasiswanya akan diperkenalkan dengan bahasa Inggris dari level yang sangat dasar hingga ke level mahir. Tidak hanya itu, Sastra Inggris juga menawarkan kepada kamu yang ingin berkembang di dunia kesusastraan tentunya.

Mata Pelajaran Yang Dibahas

Dijurusan Sastra Inggris ini, kalian akan menemukan dua konsentrasi yang berbeda. Jika di Universitas tempat saya kuliah, Konsentrasi Sastra Inggris dibedakan menjadi dua yaitu konsentrasi sastra atau Literature dan konsentrasi kebahasaan atau Linguistic. Kedua konsentrasi ini sama menariknya.

Bagi kamu yang suka membaca banyak karya sastra seperti novel, cerpen, puisi, atau menonton film, maka kamu sangat cocok untuk mengambil konsentrasi kesusatraan atau Literature. Sedangkan untuk kamu yang suka eksak dan suka mengamati perkembangan bahasa, maka kamu sangat cocok mengambil konsentrasi bidang Linguistic. Tapi jangan khawatir, kedua konsentrasi tetap diberikan gambaran umum yang sama, hanya saja mata kuliah pilihannya yang berbeda. So, jangan khawatir kalau ilmu yang akan didapatkan sedikit, karena Sastra dan Linguistik adalah bidang yang sangat luas dan menyatu dengan masyarakat.

Terus, kalo kuliah Jurusan sastra inggris kita nanti bakal jadi apa kak? Kita bisa kerja dimana aja?

Ini yang seringkali menjadi pertanyaan lanjutan bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa Sastra Inggris, sekaligus kecemasan para orangtua. Namun jangan khawatir! Sastra Inggris bukan hanya belajar bahasa atau karya sastra saja kok. Di jursan sastra Inggris, kamu bakalan diajarin basic teknologi, cara berbisnis dan management bisnis, diajarin presentasi yang baik, dan gimana caranya membuat business plan. Buat kamu yang pengen banget kerja diperusahaan atau pengen jadi sekretaris, di jurusan sastra inggris juga bakalan diajarin tata cara customer service dan kesekretarisan, bahkan cara menelpon dan meneria telephone juga. So, jangan khawatir kalau kamu lulus kuliah mau jadi apa atau kerja dimana.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusn Sastra Inggris

Berikut ini adalah pilihan pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk masa depan kamu :

Linguist/ Ahli Bahasa

Buat kamu yang hobi banget nganalisis bahasa, dan menyukai perkembangan bahasa. Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu. Eits tapi jangan salah, ahli bahasa disisni bukan hanya ahli bahasa yang biasa-biasa saja lo. Kalau kamu punya keterampilan dan bakal yang mumpuni dibidang bahasa baik bahasa Indonesia, Inggris, atau bahasa asing lainnya, kamu akan memiliki kesempatan menganalisis bahasa ditempat-tempat terkenal bahkan ekstrim, contohnya, menganalisis bahasa yang digunakan dalam pengadilan, dan penyelidikan didalam suatu kasus diinstitsi, atau di tempat keren lainnya. So, sudah pasti ini keren banget, dan kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab dengan hasil analisis bahasa yang kamu lakukan.

Sastrawan

Nah, yang kedua adalah sastrawan. Sastrawan adalah pekerjaaan atau profesi yang cenderung lebih bebas dibandingkan linguist atau ahli bahasa. Karena, sastrawan lebih menyatu dengan masyarakat luas, dan karya seni seperti novel, sejarah budaya, lagu-lagu, dan seni lainnya, yang pasti menyenangkan. Buat kamu yang gak suka diatur atau lebih senang dengan kebebasan, maka pekerjaan ini akan cocok buat kamu, namun dengan catatatn pengetahuan tentang sastra yang kamu miliki juga harus luas yaaa.. so, yang rajin belajar dan menambah pengetahuan tentang sastra dan karya sastranya supaya bisa jadi sastrawan yang professional.

Perhotelan dan Pariwisata

Selanjutnya, kamu juga tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan punya kesempatan bekerja di bidang Perhotelan dan Pariwisata meskipun banyak diluar sana yang berasal dari jurusan pariwisata dan perhotelan. Namun dengan kemampuan dan pengetahuanmu dalam berbahasa inggris, custumer service, telephoning dan penampilan menarik, tidak akan menutup kemungkinan untuk kamu diterima dibidang ini. So, tetap semangat yaaa….!!

Perusahaan Nasional maupun Multinasional

Yang keempat, kamu juga punya kesempatan bekerja diperusaan Nasional atau multinasional lo, seperti BUMN, PGN, atau lain sebagainya, semua tergantung upaya yang telah kamu lakukan dan usahakan selama kuliah, dari mulai  keterampilan bahasa inggris, pengetahuan umum, skill, kemampuan presentasi dan management bisnis dengan baik, profesionalisme, kesehatan dan lain sebagainya. So, tidak ada yag tidak mungkin jika kita memiliki keyakinan dan keberanian.

Kapar pesiar

Buat kamu yang  bisa berenang, berpenampilan menarik, memiliki kemampuan bahasa asing, dan tahan berlama-lama diatas laut, ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjajikan. Pasalnya, gaji yang ditawarkan sangatlah menggiurkan bergantung pada masa kerja dan pekerjaan yang kamu tekuni didalamnya.cocok sekali untuk kamu yang suka berpetualang keliling dunia, lewat jalur laun. Tapi jangan rindu yaa…:-D

Penulis

Pekerjaan yang paling bebas dan dapat menuangkan segala emosi dalam jiwa adalah penulis. Namun bukan sembarang penulis ya… Di sastra Inggris juga kalian akan diajarkan bagaimana cara menulis yang baik, menulis cerpen, essay, dan basic menulis novel. Penulis juga harus memperhatikan kaidah-kaidah menulis, memikirkan bagaimana tulisannya bisa layak dikonsumsi masyarakat dan menentukan target marketnya siapa, sehingga nantinya buku tersebut dapat dipublikasikan dan pasarkan. Waw menarik sekali ya, dengan nama kamu yang terpampang sebagai salah satu tanda bahwa kamulah yang menulis buku itu di samping jajaran penulis terkenal lainnya… hm… keren sekali. So, buat kamu yang suka menulis, kamu bisa menuangkan pikiran kamu, dan mulai menjadi penulis yang profesional.

Translator/ Peerjemah

Nah, Selain ahli bahasa kamu juga bisa jadi translator atau penerjemah lo, tapi kamu harus memperhatikan ketetapan dan akurasi yang benar yaa… jangan sampai terjadi kesalahan dalam menerjemahkan. Dijurusan sastra inggris diajarkan beberapa cara menerjemahkan, Indonesia ke Inggris, atau sebaliknya. Selain itu, ada penerjemahan bebas dan juga terstruktur. Jadi, buat kamu yang ingin jadi penerjemah, kamu harus benar-benar belajar dan berlatih ya… karena, profesi penerjemah nantinya akan menggunakan janji profesi penerjemah, so, jangan main-main ya… harus serius.. Semangat!

Pengusaha

Pengusaha adalah salah satu pekerjaan yang bisa amu tekuni, apapun jurusan kamu. Nah, berbekal dengan pengetahuan kewirausaan, managemen bisnis, dan presentasi bisnis yang kamu miliki ditambah dengan kemampuansosial teknologi, menjadi pengusaha akan menjadi lebih ringan dari yang kamu bayangkan. Bagi kamu yang ingin menjadi bos dan mengatur pekerjaanmu sendiri, jam kerja dan karyawan, inilah saatnya kamu coba merintis usaha secara bertahap agar kamu bisa menjadi pegusaha yang baik, dan tau starting point yang ingin kamu mulai, siapa target marketnya dan lokasi mana yang ingin kamu dirikan usaha. So pastinya harus benar-benar matang yaa perencanaan , supaya kamu tidak merugi.

Dosen/ Guru

Nah ini yang seringkali menjadi buruan masa, selain kamu bisa meneuni pekerjaan diatas, lulusan Sastra Inggris juga bisa jadi guru dan Dosen lo,.. karena dijurusan sastra inggris juga diajarkan bagaimana cara menyusun mati ajar untuk siswa bahkan mahasiswa dan praktek mengajar dalam kelas. So, tidak menutup kemungkinan buat kamu yang ingin jadi guru tapi juga ingin kuliah dijurusan sastra inggris. Dengan syarat, jika kamu ingin mengajar taraf SD hingga SMA kamu harus mengambil Akta 4 atau kuliah profesi selama satu tahun. Sedangkan jika kamu ingin jadi dosen, tentunya kamu harus menambah pengalaman dan pengetahuan dengan melanjutkan kejenjang S2 supaya memenuhi kriteria dosen ya… semangat !!

Tour Guide

Selanjutanya adalah Tourguide, profesi ini cukup diminati dikalangan lulusan sastra Inggris, mengapa? Karena kamu bisa bekerja sambil jalan-jalan. Tourgide sama dengan mengantarkan dan mengarahkan para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang tentunya kita harus paham tempat wisata tersebut sebelumnya, dan pasrtinya bahasa yang kita gunakan harus mudah dimengerti so, wisataannya gak kebingungan nantinya. Seru kan…!! Jadi tunggu apalagi, tambah pengetahuan wisatamu dan kuatkan kemampuan bahasa Inggrismu yaaa…

Kementrian Luar Negeri

Nah ini ni, Kementrian luar negeri, siapa yang tidak ingin? Dari jurusan sastra Inggris, kamu juga bisa lo bekerja di kementrian luar negeri, selain amu harus pandai berbahasa Inggris, kamu juga harus tahu banyak hal tentang perkembangan politi, agama, budaya, ekonomi, dan pemerintahan luar negeri, so, kalau kamu mau bekerja dikementerian luar negeri, pastikan kamu sudah belajar banyak, setidaknya tau perkembangan beberapa Negara diluar sana. Akademik dan sikap juga penting ya… so, perbaiki semua.. dan kamu bisa melamar ke kementrian luar negeri.

Pegaiwai Negeri Sipil

Setiap orang dari jurusan manapun memiliki kesempatan untuk menjadi Pegawai negeri Sipil, termasuk lulusan Ssatra Inggris, so, jika kamuingin menjadi Pegawai Negeri Sipil, kamu harus mempersipkan banyak persayratan yang harus kamu penuhi, dan tentunya kemampuan akademik dan pengetahuan umum kamu juga harus mumpuni, karena terdapat beberapa tes penerimaan jika kamu benar-benar berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Sekretaris

Lulusan Sastra Inggris juga bisa jadi sekretaris lo, dengan basic kesekretarisan dan pengembangan kepribadian yang diajarkan selama kuliah, akan sangat membantu sekali dalam proses kerja seorang sekretaris, ditambah lagi pengetahuan tentang correspondence dan hanle filing, menjadi sekretaris akan ebih mudah ditekuni bagi kamu yang tertarik dibidang ini.

Copy Writer / Content writer

Profesi yang satu ini bisa ditekuni tanpa harus lulus kuliah dulu lo. Jika kamu memiliki minat dan hobi menulis artikel atau isu-isu yang lagi ngetren saat ini, jadi penulis konten juga lumayan menghasilkan lo, kamu bisa bekerja untuk blog orang lain, atau kamu juga bisa membuat blog sendiri, yang nantinya seikit demi sedikit akan membantu keuangan kamu. So, bebaslah dalam memilih yaa..

Waaah… ternyata banyak juga ya peluang pekerjaannya.. J

So, kamu gak perlu bingung dan ragu lagi dalam memilih jurusan Ssatra Inggris dan apa pekerjaan masa depannya. Karena banyak sekali kesempatan yang terbuka dan memungkinkan untuk anda tekuni. So, salam semangat!!!!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.