Langkah Awal dalam Memulai Usaha

Usaha atau berbisnis adalah merupakan tujuan dari kebanyakan orang yang yag selain bertujuan untuk mendapatkan profit, juga dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup yang semakin lama semakin melonjak tinggi harganya.

Hal tersebutlah yang kerap kali mendorong para karyawan untuk mencoba peruntungan baru dengan harapan memiliki peruntungan baru yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Disamping itu, banyak mahasiswa atau lulusan- lulusan perguruan tinggi saat ini sudah mulai menyadari akan pentingnya arti berbisnis.

Lulusan pendidikan yang tinggi dan berkualitas akan sangat membantu mereka dalam menjalankan sisstem bisnisnya berdasarkan perkembangan dan kebutuhan masyarakat saat ini. Namun, tidak jarang juga banyak mahasiswa, fresh graduate, bahkan karyawan yang masih merasa bingung bagaiman cara memulai usaha- usha yang akan mereka bangun.

Nah, menanggapi hal tersebut, artikel ini akan membahas tentang langkah- langkah Awal dalam memulai usaha dalam ruang lingkup secara umum. Langkah-langkah penting yang harus anda lakukan sebagai modal utama sebelum memulai bisnis antara lain, mengubah mindset, mempersiapkan mental, cari peluang bisnis, dan take an action.

Mengubah Mindset

Mengubah pola pikir dalam hal ini dinilai sangat penting. Hal ini berkaitan dengan pembentukan karakter, yaitu antara anda ingin menjadi Pengusaha atau menjadi karyawan. Yang notabene karyawan berpendapatan tetap, sedangkan pengusaha adalah orang-orang yang selalu mengusahakan agar tetap berpendapatan. Sehingga, jika anda benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha anda harus siap dalam menghadapi tantangan atau resiko-resiko yang aan datang dimasa yang kan datang. pengusaha dapat merubah masalah menjadi kesempatan, kejujuran, ide, peluang, ketekunan, kedisiplinan, kefokusan dan lain sebagainya. Semuanya membutuhkan persiapan yag sangat matang dan baik sehingga cara pandang anda akan terdorong menjadi cara pandang yang membuat hidup anda menjadi lebih produktif dan tetap berpenghasilan. Cara yang dapat anda lakukan untuk melatih pola piker pengusaha yaitu dengan mengikuti seminar- semiara atau pelatihan kewirausahaan agar lebih menambah pengetahuan dan membuka pola piker anda agar semakin maju.

Persiapkan Mental

Mental atau mentalitas sangat penting untuk dipersiapkan dengan sangat baik dalam rangka menghadapi segala resiko yang mungkin akan dihadapi oleh seorang pengusaha, termasuk resiko terburuk sekalipun dalam sebuah bisnis. Hal ini diperlukan karena, bisnis seringkali mengalami pasang surut, naik turun, dan kemampuan dan mental anda sangatlah diperlukan untuk memperkuat diri anda dalam menjalankan bisnis. Jika mentalitas anda buruk atau lemah, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam usaha anda yanitu melemahkan usaha anda. Dengan demikian, seorang pengusaha harus memiliki jiwa pantang menyerah, agar dapat berhasil dan terus bersemangat dalam mengembangkan bisnis yang anda jalankan dimasa yang akan datang.

Bekali diri dengan kemampuan penjualan (selling skill) dan Marketing / pemasaran
Seorang Pengusaha dapat juga diibaratkan dengan seorang penjual. Oleh karena itu, diperlukan skill sebagai penjual yait selling skill. Kemampuan menjual adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siapapun yang hendak menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha tanpa dibekali dengan kemampuan menjual dapat dikatakan mustahil, karena bagaimana mungkin sebuah perusahaan dapat menghasilkan income jika, tidak mampu memberikan produk yang bernilai kepada konsumennya. Maka dari itu kemampuan inisangatlah penting dimiliki oleh para pengusaha. Anda bisa mulai mencoba menjualkan barang/ jasayang sederhana, atau anda dapat juga menjualkan barang dan jasa milik orang lain, sebagai langkah awal anda untuk melatih kemampuan ini. Dengan begitu anda juga akan mendapat tambahan modal untuk bisnis anda yang akan anda jalani. Jika anda sudah memiliki banyak modal, maka anda dapat mengembangkan dan membesarkan kembali usaha yang anda miliki.

Cari Peluang bisnis

Sembari melatih diri anda dalam menjual barang-barang atau produk anda. Anda juga harus terus mencari peluang-peluang usaha yang mungkin akan dijadikan focus usaha anda. Cari dan temukanlah usaha yang tepat dan cocok dengan kemampuan dan passion anda, sehingga akan lebih memudahkan anda dalam mengatur system usaha anda kedepannya. Dengan melihat kebutuhan dan perkembangan masyarakat saat ini, juga akan membantu anda dalam menentukan usaha apa yang akan anda tekuni. Tentunya harus yang benar- banar menarik minat masyatrakat dan berprioritas tingggi.

Action

Setelah anda menemukan usaha yang cocok dengan minat, passion, dan kebutuhan masyarakat saat ini. Maka, tibalah saatnya untuk anda untuk memulai suatu tindakan nyata atau action dalam rangka perwujudan rencana usaha yang telah anda bentuk. Tindakan nyata dilapangan, akan memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda sebagai pelaku usaha yang bukan hanya sekedar pengamat bisnis. Bisnis bukan hanya tentang banyaknya teori dan pengetahuan yang anda miliki. Tapi, usaha haruslah dibarengi dengan tindakan yang nyata dan kesungguhan dalam membangun dan mengembangkan usaha yang akan atau tengah dijalani. Sekalipun anda memiliki teori yang bagus, namun tindakan anda dilapangan tidak bagus, maka usaha anda juga tidak akan berkembang dengan baik. Maka, anda harus benar- benar menguasai medn bisnis anda, sehingga anda benar- benar tau bagaimana cara mengembangkan bisnis yang anda jalankan atau anda bangun.

Nah, bakal itulah yang sudah sepatutnya dimiliki oleh para pengusaha-pengusaha dimanapun berada. Dengan menguasai bekal- bekal yang telah disebutkan diatas, , maka anda akan tumbuh menjadi pengusaha yang tangguh dan siap kerja, dengan segala resiko yang akan muncul didepan mata. Jangan hanya beranya, tapi bertindaklah secara nyata. Selamat datang didunia baru anda, selamat berusaha. Dan salam para Pengusaha !

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.