Pentingnya Membuat agenda Harian dan Bulanan

Apakah anda termasuk individu yang selalu membuat agenda harian dan bulanan, ditengah-tengah kesibukan anda? Atau anda yang bahkan tidak memiliki perencanaan apapun?

Taukah kalian bahwa agenda harian dan bulanan sangatlah penting dalam mendorong aktivitas anda agar berjalan baik dan lancar?

Apa itu agenda harian dan bulanan?

Agenda harian dan bulanan adalah serangkaian rencana yang ingin kita lakukan setiap hari bahkan setiap bulan.

Lalu, Mengapa kita perlu membuat dan memiliki agenda tersebut?

Rekan-rekan pembaca sekalian, jika kalian termasuk orang yang sibuk, sangat penting untuk anda membuat agenda harian dan bulanan, mengapa demikian? Agenda harian dan bulanan yang kita buat akan sangat membantu kita dalam menteraturkan kegiatan yang akan kita lakukan.

Terkadang kita tidak ingat apa saja yang ingin kita lakukan, alhasil kegiatan kita menjadi berantakan dan tidak tersusun. Agenda harian dan bulanan ini dapat kita buat sedetail mungkin, contohnya  kapan kita akan mengerjakan tugas, pergi kesuatu tempat, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat catatan target anda disela-sela agenda kegiatan tersebut. Sehingga apa yang ingin anda capai terdaftar dan tersusun dengan baik, sehingga mudah bagi anda melihat seberapa jauh perkembangan anda.

Manfaat Agenda Harian

Berikut adalah beberapa keuntungan jika kita memiliki agenda kegiatan harian dan bulanan:

Kegiatan yang ingin dilakukan terlewati dengan baik

Dengan adanya agenda dan anda melaksanakannya dengan baik dan disiplin, semua kegiatan yang harus anda lakukan dapat terlaksana dengan baik  dan tidak akan terlewat karena telah tersusun dalam agenda. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi, bahwa anda melewatkan kegiatan  yang penting dalam hari-hari anda.

Tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia

Agenda membuat kegiatan tersusun secara rapi dan sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan, dengan begitu kita akan selalu melakukan hal-hal sesuai agenda. Dengan agenda juga, kita bisa mengisi waktu- waktu yang kosong dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat dan dapat mendatangkan keuntungan untuk diri anda sendiri. Sehingga, tidak ada lagi sedikitpun waktu yang terbuang dengan sia-sia, karena kegiatan yang kita lakukan sudah teragenda dengan baik.

Target harian tercapai

Dengan melaksanakan kegiatan  dan target yang telah anda agendakan dengan baik, anda akan dapat mencapai target harian anda dengan mudah. Mengapa demikian? Karena semua target anda telah tersusun rapi dan anda berusaha mendisiplinkan diri utuk mencapainya. Dengan demikian, agenda tersebut bisa mengantarkan anda untuk mencapai target-target harian yang ingin anda capai.

Menjadi pribadi yang teratur

Anda bisa membayangkan jika anda tidak memiliki agenda yang pasti dalam hidup anda. Sudah pasti anda akan melaksanakan kegiatan anda sesuai dengan apa yang anda inginkan tanpa melihat mana yang penting, penting mendesak, tidak penting , bahkan tidak penting dan tidak mendesak. Berbeda dengan , jika anda memiliki agenda untuk setiap kegiatan yang ingin anda lakukan, anda akan lebih teratur dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Jika anda mendisiplinkan diri untuk melakukan car-cara tersebut, secara tidak langsung anda akan berangsur-angsur berubah menjadi pribadi yang lebih teratur dan disiplin dalam mengatur waktu, dari hasil agenda yang telah anda buat sendiri.

Mengurangi stress

Dengan adanya agenda, semua kegiatan dan dateline anda akan terlaksana dengan baik, dan tepat pada waktu yang ditentukan. Secara otomatis, dengan melihat catatan yang telah anda buat, anda akan tahu kapan waktu anda harus menyelesaikan tugas yang anda punya sebelum waktunya. Hal ini akan membuat anda lebih ringan dalam mengerjakan tugas dibandingkan seseorang yang tidak tau kapan harus mengerjakan dan tiba-tiba sampai pada dateline yang ditentukan namun belum melakukan apa-apa.

Dengan demikian, tingkat stress yang akan anda rasakan  berangsur – angsur menurun dan hilang.

Tugas terselesaikan tepat waktu

Sudah pasti, jiaka anda disiplin, dan memiliki catatan penting setiap harinya. Maka anda akan tau kapan anda harus mengerjakan tugas anda secepat mungkin. Sehingga, tugas anda akan terselesaikan tepat pada waktunya tanpa lasan apapun seperti lupa, dan lain sebagainya.

Hati tenang dan bahagia.

Setelah anda mendisiplinkan diri dan mengikuti agenda yang telah anda buat secara teratur, anda akan merasakan berjuta manfaat dari agenda tersebut, menjadi pribadi yang teratur dan ontime. Dan anda akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan tersendiri dari hasil dan usaha yang telah anda lakukan.

Cara Membiasakan Diri Dengan Agenda

“Lalu bagaimana cara mendisiplinkan dan membiasakan diri dengan agenda yang telah anda buat?”Tak perlu khawatir , anda bisa mengikuti langkah- langkah dibawah ini :

  1. Pertama, patuhi agenda anda secara perlahan. Jika anda belum terbiasa melakukan hal – hal yang tersusun dan teragenda dengan baik, berusahalah untuk mematuhi agenda tersebut sedikit demi sedikit, sehingga lama- kelamaan anda akan terbiasa dan meningkatkan tingkat kebiasaan anda dalam melakukan kegiatan- kegiatan tersebut. Tidak perlu memaksakan diri, karena seperti pepatah “ bisa karena biasa”, jadi anda hanya perlu membuat agenda anda menjadi sebuah kebiasaan dalam hidup anda, maka hal tersebut akan mendekati keberhasilan
  2. Kedua, mulai mendisiplinkan waktu anda dalam mematuhi agenda tersebut. jika anda sudah mulai terbiasa dengan hal-hal tersebut, selanjutnya adalah anda harus mendisiplinkan waktu untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan yang telah teragenda tersebut dengan baik. Jangan lagi menunda- nunda kegiatan atau pekerjaan ada, karena hal tersebut akan membuat agenda atau kegiatan lain yang anda miliki menjadi berantakan. Jadi, berusahalah mendisiplinkan diri anda. 
  3. Ketiga, memperkuat komitmen dalam melaksanakan agenda tersebut secara berkelanjutan. Yang anda butuhkan disini adalah cara anda setia atau berkomitmen pada diri anda sendiri untu dapat terus mematuhi agenda anda serara terus menerus dan berkelanjutan, karena agenda serperti ini akan berhasil jika dilkukan secara berkala yang akan menimbulkan kebiasaan. Kita bisa mengambil contoh, seperti orang yang ingin pandai pencak silat dan menjadi pemenang dalam sebuah laga, maka yang harus dilakukannya adalah berlatih terus menerus dan mengasah kemampuannya. Begitupun dalam mematuhi agenda, untuk menjadi pribadi yang teratur anda juga harus berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan tersebut dengan baik dan disiplin.
  4. Dan terakhir, memikirkan dampak yang akan ditimbulkan apabila tidak melaksanakan agenda tersebut. Jika anda mulai merasa malas dan bosan, cobalah untuk merenungkannya kembali. Anda harus berfikir dua kali untuk mengabaikan agenda anda, karena jika anda mengabaikan kegiatan atau agenda yang telah anda susun sendiri dengan begitu rapi, anda akan lihat apa saja dampak yang akan ditimbulkan akibat ketidakdisiplinan tersebut. Misalnya saja, tugas terbengkalai, banyak waktu yang terbuag sia-sia, stress yang bertumpuk dan lain-lain. Untuk itu, fikirkan kembali untuk melakukan ketidakdisiplinan terhadap diri anda sendiri.

So, pembaca sekalian, sudah tau kan apa saja keuntungan dari agenda harian dan bualanan tersebut, dan bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mendisiplinkan diri dengan agenda tersebut. semoga artikel ini bermanfaat.. J selamat mencoba..!!!!

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.