Beberapa Peluang Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

Saya sendiri pernah 4,5 tahun menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi suasta dikota saya. Saya tau benar bagaimana rasanya menjadi mahasiswa yang hidup jauh dari orang tua dan hidup hanya mengandalkan dari kiriman orang tua.

Biasanya uang akan habis sebelum waktunya karena keperluan yang tidak terduga untuk itu saya mengerjakan berbagai pekerjaan sana sini untuk menyabung hidup sampai datang kiriman berikutnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan uang sampingan sembari kuliah. Tapi sebelumnya saya ingin tekankan untuk jangan malu bekerja, karena bisa meringankan orang tua selain bentuk dari syukur juga bisa melatih jiwa wirausaha kita, karena saya yakin dari 1000 lulusan perguruan tinggi pasti 40 sampai 50 persenya nenjadi pengusaha, pedagang, penjual dan pramuniaga. dan tidak semua bisa bekerja di kantor seperti yang di impikan.

tapi jangan kuatir karena usaha sendiri bahkan memiliki peluang memperoleh hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan bekerja pada orang lain.

1. berkerja Dirumah Makan

Walaupun capek tapi bekerja di rumah makan tapi lumayan menghasilkan, walaupun tidak seberapa tapi pasti bisa untuk meringankan beban orang tua, syaratnya jangan pernah malu. sadar bukan berasal dari keluarga berada saya tanpa malu bekerja di rumah makan pecel lele. kebetulan dari sma juga saya sudah membantu kakak saya jualan lele jadi nggak ada maslah untuk saya. Kalau beruntung dan bosnya baik bahkan kita bisa dapat jatah makan sekali, kan lumayan. Biasanya saya kerja minta sift malam atau cari rumah makan yang bukanya malam biar tidak mengganggu kuliah saya.

2. Jadi Ojek Pribadi

Beberapa teman saya menjadi ojek pribadi untuk menjemput anak sekolah. pekerjaan ini cocok karena tidak perlu bekerja seharian dan tidak mengurangi waktu untuk kegiatan perkuliahan.

3. Mengajar Kursus Mengaji

Teman saya yang lulusan pondok juga beberapa mengajar mengaji, selain menghasilkan juga perkerjaan ini mendapat pahala karena mengajarkan anak-anak mengaji.

4. jualan Online Shop

kalau jualan online shop biasanya dilakukan oleh teman saya yang perpempuan, umumnya perempuan lebih banyak mempunyai teman jadi cocok jualan. barang yang dijual juga biasanya merupakan keperluan perempuan seperti baju, jilbab, kosmetik dan lain-lain.

5. Jadi Penjaga Warnet

Menjadi operator warnet merupakan rejeki tersendiri bagi mahasiswa yang bekerja karena selain mendapatkan penghasilan tambahan penjaga warnet juga memiliki kesempatan untuk menggunakan komputer warnet untuk mengerjakan tugas dan menggunakan internet gratis untuk mencari materi kuliah.

6. Menjadi Penjaga konter

konter umum ditemui didaerah daerah sekitar kampus hal ini menjadi kesempatan tersendiri bagi mahasiswa yang ingin berkeja secara sampingan, karena biasanya konter membutuhkan penjaga khususnya saat malam hari.

7. Menawarkan jasa menulis konten

taukah kamu kalau tulisan bisa juga digunakan untuk mencari penghasilan, salah satunya adalah dengan menjadi konten writter alias penulis konten, banyak kok blog atau web yang mencari jasa ini bahkan blog saya juga mencari penulis konten, Bagi yang berminat untuk mencoba boleh kirimkan tulisan yang mau ditawarkan kesaya melalui link lowongan berikut ini https://www.berwirausaha.net/lowongan/

Biasanya sistem kerja yang diterapkan pada penulis konten adalah sistem kontrak biasanya kalau kontrak dalam satu bulan kita diharuskan menulis beberapa artikel sesuai kesepakatan atau bisa juga perkata misal satu artikel dengan judul peluang usaha, dengan jumlah berapa kalimaty dihargai dengan harga sesuai kesepakatan, umumnya sih untuk 500 kalimat bisa sampai 7 ribuan.

memang kalau difikir sedikit tapi coba bayangkan untuk satu artikel 1000 kalimat ditulis dalam waktu kurang dari 1 jam, kalau sehari bisa menulis 5 artikel berapa penghasilan yang bisa didapatkan dalam satu bulan, menulis artikel juga mengasah kemampuan untuk memudahkan nanti dalam proses pembuatan skripsi, dulu waktu saya tau menulis menghasilkan uang saya fokus menulis dan bisa menghasilkan penghasilan lumayan untuk beli makan, kota dan masih sisa untuk ditabung untuk keperluan kuliah.

8. Melamar Menjadi Ojek Onlien

Belakangan menjadi ojek online menjadi primadona dan pilihan yang banyak diambil oleh mahasiswa karena ojek online dapat dilakukan tanpa terikat waktu kerja dan bisa dilakukan kapan saja, dan cocok sebagai sampingan. sayangnya menjadi ojek online memiliki beberapa kekurangan seperti bahaya yang mungkin terjadi dijalan, atau bisa juga menghilangkan fokus kuliah sampai membuat molor. bahkan banyak teman seangkatan saya tahun 2013 yang akhirnya beum lulus sampai sekarang karena terlalu fokus pada pekerjaan sebagai ojol.

9. Cari Kerjaan di Situs Online

kalau kalian rajin mencari informasi sebenarnya sekarang banyak situs online yang menyediakan lowongan kerja sampingan untuk siapa saja, misalnya seperti https://www.freelancer.co.id/ disana kalian bisa menawarkan berbagai jasa dan keahlian yang kalian miliki seperti menulis artikel, membuat desain, pembuatan program dan masih banyak lagi.

nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan mengenai peluan usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, kalau ada kesalahan saya terbuka untuk koreksi kalau ada yang kurang silahkan ditaambahkan di kolol komentar dibawah. semoga bermanfaat.

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.